Selain Aktif Bergerak, Asupan Berikut Bisa Membuat Tulang Selalu Sehat

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat rentan mengalami degenerasi. Biasanya proses degenerasi ini akan terus berlangsung secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Jika hal ini tidak segera dicegah, maka sangat mungkin tulang akan mengalami keropos dan pada akhirnya akan menimbulkan penyakit yang bernama pengapuran tulang (osteoporosis).

bahaya pengapuran tulang

Meskipun setiap orang pada akhirnya akan mengalami degenerasi tulang di masa tua, namun bahaya pengapuran tulang sebaiknya tidak boleh dianggap sepele. Pengapuran ini dapat menimbulkan rasa nyeri yang teramat sangat. Bahkan untuk sekedar menggerakkan sendi-sendi sekalipun akan sangat menyulitkan karena harus menahan rasa sakit yang ditimbulkan. Nah, sebelum Anda mengalami hal yang tidak menyenangkan ini, ada baiknya sedari sekarang Anda membiasakan diri untuk terus aktif bergerak dan mengonsumsi asupan makanan-makanan berikut ini;

1. Susu dan dan aneka produk olahannya

Siapa pun pasti sudah mengetahui bahkan susu merupakan salah satu asupan yang berguna untuk menguatkan tulang. Hal ini dikarenakan, dalam susu terkandung vitamin D dan juga kalsium dalam jumlah yang sangat tinggi. Dimana kedua zat ini berfungsi untuk mencegah terjadi pengeroposan tulang. Bahkan produk-produk turunannya seperti yougurt, keju dan semacamnya, juga memiliki manfaat yang sama dengan ketika Anda meminum susu.

Kalsium merupakan salah satu mineral penyusun utama tulang. Sayangnya kalsium tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Sehingga Anda perlu mengonsumsi susu atau suplemen kesehatan yang mengandung kalsium, agar tubuh Anda tetap tercukupi kebutuhan kalsiumnya.

2. Ikan, daging, dan makanan protein tinggi

Selain susu, asupan makanan lain yang juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk mencegah/mengobati pengapuran tulang adalah aneka jenis ikan dan daging. Kedua jenis makanan ini mengandung protein yang tinggi.

Protein merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan tulang dan memperkuat masa otot. Dengan mengonsumsi protein sejak dini, dapat membuat pertumbuhan tulang menjadi lebih optimal, sehingga dapat mencegah osteoporosis di masa tua.

Adapun beberapa contoh makanan yang mengandung protein tinggi selain ikan adalah daging tanpa lemak, ayam tanpa lemak, telur, susu, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Telur

Telur merupakan salah satu asupan makanan yang paling gampang dijumpai dengan harga yang murah, namun memiliki manfaat yang luar biasa untuk mencegah osteoporosis. Dalam tiap butir telur, terkandung vitamin D dalam jumlah yang cukup tinggi. Bahkan untuk kuning telurnya saja, sudah mengandung 5% dari nilai kebutuhan harian vitamin D kita. Sehingga telur sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu, telur juga mengandung mineral lain seperti kalsium, magnesium dan zinc, yang juga memiliki peranan penting dalam pencegahan pengapuran tulang.

4. Buah-buahan

Aneka jenis buah-buahan juga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk hidup sehat tanpa lemak. Buah-buahan seperti mangga, jeruk dan pisang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk mencegah terjadinya pengapuran tulang. Apalagi vitamin K, vitamin A, dan vitamin C yang terdapat di buah-buahan, cukup ampuh untuk menjaga kepadatan tulang.

Nah, itulah beberapa asupan makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi sejak dini untuk menyelamatkan Anda dari resiko pengapuran tulang (osteoporosis). Lebih lengkapnya mengenai kesehatan tulang, bisa Anda simak berbagai ulasan menariknya di laman https://sendi-sehat.com.

Leave a reply "Selain Aktif Bergerak, Asupan Berikut Bisa Membuat Tulang Selalu Sehat"