Ragam Makanan Ideal & Sehat untuk Ibu Hamil

No comment 19 views

Salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian ekstra bagi seorang ibu hamil adalah terkait dengan makanan. Makanan ideal untuk bumil haruslah mencukupi kebutuhan nutrisinya. Nutrisi yang bisa diperoleh dari makanan ini sangat dibutuhkan janin untuk tumbuh kembangnya. Jadi, makanan yang dimakan oleh bumil tidak hanya sekedar nikmat saja, namun juga harus sehat. Dengan begitu, nutrisi penting untuk masa kehamilan seperti asam folat, zat besi dan kalsium dapat terpenuhi.

Makanan ideal untuk bumil

Lantas apa saja, Sih! makanan yang ideal untuk dikonsumsi oleh bumil? Berikut adalah ulasan selengkapnya;

  1. Tinggi Asam Folat

Makanan yang mengandung asam folat tinggi sejatinya sangat diperlukan oleh bumil. Nutrisi ini diperlukan untuk pembentukan sel otak pada janin. Dengan kata lain, asam folat sangat erat kaitannya dengan kecerdasan si kecil, bahkan sejak ia masih dalam masa kandungan.

Sejumlah penelitian yang dilakukan oleh badan kesehatan dunia juga menyebutkan, jika seorang ibu hamil mengkonsumsi asam folat selama empat minggu sebelum dan setelah kehamilan. Maka dapat meminimalisir hingga 40% resiko bayi lahir dengan cacat otak (autis). Selain itu kecukupan asam folat juga dapat mencegah terjadinya keguguran, anemia hingga preeklamsia. Karena begitu pentingnya asam folat, maka ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi asam folat seperti sayur bayam, brokoli, kubis, dan aneka buah-buahan terutama alpukat, pepaya dan jeruk. Asupan asam folat juga banyak terdapat di kacang-kacangan, hati sapi, serta telur.

  1. Makanan yang Mengandung Protein

Bagi kaum laki-laki, protein merupakan salah satu nutrisi penting dalam pembentukan otot. Namun bukan hanya laki-laki saja yang membutuhkan protein ini. Ibu hamil juga sangat membutuhkan asupan protein bahkan setiap harinya.

Protein di masa kehamilan sangat berguna untuk pembentukan jaringan tubuh pada janin.  Selain itu protein yang dikonsumsi oleh bumil, juga memberikan manfaat untuk meningkatkan sistem imunitas. Dengan protein yang tercukupi, bumil tidak mudah terserang penyakit. Nah, beberapa diantara makanan yang mengandung protein tinggi adalah daging tanpa lemak, ikan telur serta unggas.

  1. Kaya Akan Zat Besi

Nutrisi selanjutnya yang dibutuhkan oleh bumil adalah zat besi. Zat besi merupakan mineral yang banyak dihasilkan dari daging sapi serta unggas. Selain itu, telur, aneka jenis makanan laut, tahu, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayur bayam juga kaya akan zat besi.

Saat hamil, tubuh ibu akan kehilangan banyak sel darah merah, sehingga beresiko terjadinya anemia. Sementara sel darah merah paling cepat di produksi dari makanan yang kaya akan zat besi. Oia, mengenai anemia, kondisi kesehatan ini ternyata bisa berdampak buruk bagi perkembangan janin, Loh! Menurut catatan medis, anemia bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kelahiran preumatur. Hal ini bisa terjadi lantaran anemia bisa meningkatkan volume plasma, sehingga terjadi kontraksi pada rahim. Dan tak hanya menjadi penyebab bayi lahir preumatur saja, anemia juga bisa memberikan dampak negatif terhadap IQ anak. Karena zat besi juga punya peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak sejak masa janin.

  1. Banyak mengandung serat

Serat juga sangat dibutuhkan sebagai nutrisi untuk bumil. Serat berguna untuk mengontrol kenaikan berat badan pada bumil. Serat juga dapat menurunkan resiko diabetes gestasional. Selain itu, asupan serat dari sayuran juga dapat mencegah bumil mengalami masalah sulit buang air besar.

Leave a reply "Ragam Makanan Ideal & Sehat untuk Ibu Hamil"