Karakteristik Rayon dan Cara Merawat Kain Rayon

No comment 26 views

Kain rayon merupakan salah satu bahan kain yang populer digunakan pada berbagai produk industri tekstil seperti kaos, hijab dan busana muslim. Yah, meskipun popularitasnya masih di bawah kain katun, namun rayon kerap di pilih lantaran memiliki karakter kain yang tipis, sehingga sangat adem saat digunakan. Kemudian cara merawat kain rayon pun tidak sama seperti bahan kain pada umumnya. Bahan kain ini cenderung lebih rapuh, sehingga butuh kehati-hatian terutama saat akan di cuci.

Cara Merawat Kain Rayon

Sebagian besar, rayon dihasilkan dari regenerasi selulosa atau dinding sel tumbuhan. Namun sebagian lagi ada yang merupakan hasil dari pulp kayu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan bahan sintesis. Maka dari itu, rayon dapat digolongkan sebagai produk tekstil berbahan semisintetis. Sebab bahan dasar yang digunakan pada rayon tidak murni berasal dari alam. Bagi orang awam, tentu tidak akan mudah untuk mengenali bahan yang satu ini. Nah, jika Anda ingin mengetahui apa itu kain rayon, berikut karakteristik kain rayon yang perlu Anda ketahui;

  • Kain rayon tidak mudah kusut, serta memiliki kilau yang terlihat alami;
  • Jika diraba, tekstur kain akan terasa halus, licin dan lembut yang menyerupai kain sutra;
  • Memiliki daya serap yang tinggi layaknya katun;
  • Karena bahannya yang mudah untuk diwarnai, rayon tersedia banyak pilihan warna;
  • Daya tahan bentuk serat rayon juga sangat rendah, sehingga kain rayon menjadi kurang elastis;
  • Kain rayon juga lebih mudah terbakar, maka dari itu Anda perlu hati-hati dalam menggunakannya;
  • Rayon juga kurang memiliki ketahanan terhadap sinar matahari, jamur, asam dan juga temperatur udara yang terlalu panas.

Tips Merawat Kain Rayon

Setelah mengenal karakteristik kain rayon dengan jelas, Anda seharusnya lebih berhati-hati dalam melakukan perawatan. Jika sampai salah dalam merawat kain rayon, maka akan sangat beresiko mengalami kerusakan. Berikut ini adalah cara tepat dalam merawat kain rayon;

1. Hindari mencuci kain rayon dengan mesin

Saat akan mencuci pakaian berbahan kain rayon, sebaiknya hindari mencuci dengan menggunakan mesin. Karekteristiknya yang licin dan rapuh, akan sangat beresiko juga Anda mencucinya dengan mesin cuci. Putaran mesin cuci yang kencang, dapat merusak struktur serat-serat kain yang rapuh. Sehingga jika Anda paksakan, maka kain bisa mengalami robek pada bagian-bagian tertentu. Maka dari itu, saat akan mencuci kain rayon, Anda hanya perlu merendam dan mengucek pakaian dengan tangan. Dengan begitu, bentuk dan tekstur kain tetap terjaga.

2. Jangan terlalu lama merendam pakaian berbahan rayon

Saat pakaian terlalu kotor ataupun bau, Anda dapat merendam terlebih dahulu kain rayon sebelum mencucinya. Namun yang perlu diperhatikan adalah, proses perendaman sebaiknya dilakukan selama 20 menit saja. Sebab, jika merendam lebih lama itu, maka di khawatirkan akan merusak struktur kain yang rapuh. Saat merendam, Anda tetap bisa menggunakan deterjen. Hanya saja jangan mencampurkanya dengan air panas, karena dapat membuat warna kain menjadi luntur. Setelah 20 menit, lanjutkan dengan mencuci kain seperti biasa.

3. Jangan menggunakan pengering mesin cuci

Terakhir jangan menggunakan pengering mesin cuci saat akan mengeringkan kain rayon. Hal ini penting diperhatikan karena bahan rayon rentan menyusut jika dikeringkan di mesin cuci. Sebaiknya proses pengeringan dilakukan secara manual, dengan memerasnya menggunakan tangan. Sehingga tekstur kain yang licin dan lembut tetap terjaga.

Begitu pula saat akan menjemur. Kain rayon tidak membutuhkan cahaya matahari langsung untuk mengeringkannya. Anda hanya perlu menempatkannya pada area teduh dan tidak butuh waktu yang lama pakaian akan kering dengan sendirinya. Oia, proses penjemuran ini juga dapat mencegah warna kain rayon menjadi cepat pudar.

Leave a reply "Karakteristik Rayon dan Cara Merawat Kain Rayon"