Ini Daftar Penyakit yang Disebabkan oleh Infeksi Virus

No comment 107 views

Bakteri bukanlah satu-satunya penyebab munculnya sebuah penyakit. Ada satu lagi penyebab penyakit yang sangat mengkhawatirkan karena mampu menular dengan sangat cepat, apalagi jika bukan infeksi virus.

Fluvir

Saat ini dunia sedang dipusingkan dengan kemunculan sebuah virus baru yang bernama covid-19. Virus ini belum sepenuhnya bisa di brantas, akan tetapi resiko kematian yang ditimbulkannya sudah bisa sedikit diatasi. Namun tidak hanya covid-19 saja, sebelum itu ada banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh virus. Sayangnya, pemberian antibiotik tidak cukup efektif untuk menyumbahkan penyakit yang disebabkan oleh virus. Anda membutuhkan obat khusus yang mampu mengatasi infeksi virus, seperti Fluvir. Fluvir merupakan obat antiviral neuraminidase inhibitor yang kandungan utamanya adalah Oseltamivir. Obat ini biasa digunakan untuk mengobati infeksi virus influenza baik itu tipe A ataupun tipe B. Cara kerjanya yakni dengan menghambat aktivitas enzim neuraminidase virus, sehingga mencegah sel inang dan replikasi virus saling berikatan. Untuk harga obat fluvir 75 -nya, bisa kamu cek sendiri di situs Blibli.com.

Nah, selain covid-19, berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus;

1. Flu

Flu merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus, dan yang paling sering menyerang manusia. Penyakit ini termasuk penyakit yang cepat menularnya, terlebih jika kondisi iklim sangat lembab (di musim hujan). Droplet adalah salah satu media penyebaran virus ini. Jadi, saat seseorang mengalami flu, maka akan timbul gejala seperti pilek, demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, meriang, mual hingga muntah. Namun untuk dapat mengetahui jenis flu-nya, apakah termasuk tipe A atau tipe B, dibutuhkan pemeriksaan secara medis.

2. Demam Berdarah Dengue

Penyakit selanjutnya yang disebabkan oleh virus adalah demam berdarah dengue. Nyamuk ades aegypti adalah inang dari virus ini. Dan sangat sering dijumpai ketika masuk musim penghujan. Gejala awal yang dirasakan saat seseorang terserang DBD adalah demam tinggi, sakit kepala, timbul ruam (bintik merah) dibagian kulit, nyeri otot dan sendi, hingga muntah-muntah. Untuk penderita DBD yang cukup parah, harus segera dilakukan donor darah dan trombosit, jika terlambat maka dapat berakibat fatal.

3. Chikungunya

Hampir sama dengan penyakit demam berdarah, penyakit chikungunya juga dibawa oleh nyamuk. Bahkan virus yang menjadi penyebab chikungunya bisa menyebar melalai darah. Gejala yang dirasakan saat seseorang terkena chikungunya juga hampir mirip dengan yang dirasakan oleh penderita DBD. Hanya saja pada chikungunya, Anda akan merasakan nyeri yang sangat hebat di bagian persendian. Bahkan semakin nyerinya, sendi-sendi Anda akan sulit untuk digerakkan.

4. Cacar Air

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster. Virus ini umum menyerang anak-anak dengan usia kurang dari 15 tahun. Namun tetap bisa dialami oleh mereka yang berada di atas usia tersebut. Untuk pengobatannya, harus dengan menggunakan vaksin anti cacar, dan ini biasanya diberikan 1x untuk seumur hidup.

5. Hepatitis

Hepatitis juga merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan patut untuk diwaspadai. Bagaimana tidak, penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B dan C ini menyerang organ hati dan beresiko besar pada kematian. Penularan virus ini sangat cepat, yakni melalui darah dan melalui ‘lendir’ khas pria. Karena penyakit ini tidak bergejala, maka untuk mengetahui keberadaan virus ini, harus dilakukan tes darah.

Leave a reply "Ini Daftar Penyakit yang Disebabkan oleh Infeksi Virus"