Cara Memilih Mukena yang Nyaman dan Awet

No comment 120 views

Ibadah Sholat bagi umat Islam adalah sebuah kewajiban dan bentuk syukur kita kepada Tuhan. Dalam beribadah ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, dimana salah satunya adalah pakaian yang digunakan haruslah menutupi aurat. Tanpa menurup aurat, maka ibadah yang dilakukan pun menjadi tidak sah.

Mukena Siti Khadijah

Di Indonesia, kita sudah mengenal mukena sejak dahulu kala. Pakaian Sholat wanita ini memang sudah sangat tepat digunakan karena modelnya yang lurus memanjang dan menutup seluruh bagian aurat wanita. Model dan pilihan coraknya juga beragam, mengikuti perkembangan zaman namun tetap mengikuti unsur syar’i -nya. Nah, salah satu brand mukena yang sedang banyak digandrungi adalah Siti Khadijah. Brand mukena ini unggul dalam segala hal. Mulai dari modelnya yang trendi, dan bahan yang digunakan adalah jenis katun poplin signature yang berkualitas premium. Sebagian tipe mukena-nya juga ada yang di desain chic terutama pada bagian dekat dengan pergelangan tangan, sehingga sangat nyaman digunakan untuk Sholat dan berdoa.

Oia, untuk kamu yang sedang mencari mukena yang nyaman dan awet untuk digunakan Sholat, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu ketahui;

1. Pilih Model yang Sesuai

Model mukena yang ciamik dipercaya akan mempengaruhi kenyamanan saat beribadah. Maka dari itu, mukena zaman sekarang selalu mengikuti keinginan konsumen yang terus berubah. Dan model yang paling banyak digunakan adalah model muka konvensional, dimana mukena terdiri dari atasan dan bawahan. Mukena ini sangat cocok digunakan saat kamu beribadah di dalam rumah. Namun buat kamu yang menginginkan model lain boleh deh mencoba model mukena terusan. Soalnya remaja sekarang sangat menyukai model mukena yang seperti ini. Selain simple, mukena ini juga mirip dengan gamis sehingga sangat cocok digunakan untuk aktifitas ibadah di luar rumah.

Model lainnya yang juga banyak dicari oleh muslimah adalah model mukena tanpa penutup kepala (mukena Abaya). Model ini yang paling simple untuk digunakan dan dibawa bepergian. Saat menggunakan mukena abaya kamu tidak perlu lagi melepas dan menata ulang hijab kamu, karena memang bentuknya sangat mirip dengan gamis panjang. Jadi lebih praktis.

2. Pilih Bahan yang Nyaman

Sebenarnya ada banyak bahan yang nyaman digunakan saat menggunakan mukena. Diantaranya ada bahan katun, rayon, katun paris, katun poplin dan sebagainya. Mukena dengan bahan-bahan tersebut sangat dingin, karena udara bebas keluar masuk mukena. Sehingga saat digunakan Sholat, kamu tidak akan merasakan kepanasan. Selain itu, ketiga bahan ini juga memiliki bobot yang lebih ringan, sehingga sangat nyaman dan praktis dibawa dalam perjalanan.

3. Pilih Ukuran yang Sesuai

Ukuran juga mempengaruhi kenyaman saat menggunakan mukena. Biasanya ukuran mukena itu adalah all size. Sehingga dapat digunakan untuk oleh semua remaja/ dewasa. Namun bila ingin mendapatkan kenyamanan yang lebih, mungkin kamu perlu menyesuaikan ukuran mukena dengan postur tubuh kamu, agar mukena yang kamu gunakan tidak kebesaran ataupun kekecilan. Jadi sebelum membeli, kenali panjang mukenanya terlebih dahulu. Atau jika memungkinkan, sebaiknya kenakan mukena tersebut dan ukur panjangnya secara langsung. Lihat apakah sudah mencapai ujung jari kaki kamu atau belum, jangan sampai kependekan atau terlalu panjang sehingga merepotkan saat digunakan.

4. Bedakan Mukena untuk Dirumah dan Diluar Rumah

Kamu juga perlu membedakan mukena yang dipakai di rumah dengan di luar rumah. Untuk mukena rumah, sebaiknya pilih yang berwarna terang netral seperti putih dan hitam. Hal ini dikarenakan penggunaan mukena di rumah lebih sering sehingga membutuhkan mukena  yang tidak mudah putar warnanya. Sedangkan untuk mukena di luar rumah, kamu bisa memilih mukena dengan warna yang lebih soft. Sehingga tidak mencolok dan mengundang perhatian orang untuk melihat.

Leave a reply "Cara Memilih Mukena yang Nyaman dan Awet"