Tips Meraih Untung dari Pasar Valuta Asing

No comment 47 views

Menabung merupakan cara yang sejak lama diajarkan oleh orang tua kita agar kelak kita tidak mengalami kesulitan dalam keuangan. Menabung juga berguna bagi Anda yang memiliki impian dan cita yang tinggi, sehingga dapat dengan mudah meraihnya. Oia.. jika saat ini kamu memiliki impian untuk dapat pergi melancong ke luar negeri, maka kamu bisa memulai menyisihkan uang Anda. Anda dapat memilih untuk menabung uang di bank atau bisa juga menginvestasikan uang di pasar valuta asing (valas).

pasar valuta asing

Tidak dapat dipungkiri jika investasi merupakan cara yang paling cepat untuk mewujudkan impian kamu untuk segera melancong ke luar negeri. Uang yang kamu investasikan di pasar valas, akan lebih cepat berkembang dibanding jika hanya di tabung di bank saja. Sebab keuntungan yang diperoleh dari valas jauh lebih besar, karena keuntungan berdasarkan nilai tukar uang saat ini. Berbeda halnya dengan tabungan, dimana keuntungan yang diperoleh hanya dari bunga bank saja yang nilainya tidak seberapa. Nah, buat kamu yang berencana ingin berinvestasi di valas, berikut tips yang bisa kamu lakukan agar investasimu melambung tinggi;

1. Pilih Layanan Investasi yang Mudah

Saat kamu memilih untuk berinvestasi, pastikan kamu telah memilih bank yang dapat memberikan layanan investasi dengan mudah dan dapat diakses lewat aplikasi mobile banking. Ini bertujuan agar waktu kamu tidak terbuang banyak hanya sekedar untuk melakukan otorisasi transaksi keuangan saja. Saat ini, memang rata-rata bank sudah memasukkan fitur investasi valas dalam aplikasi mobile banking mereka. Namun tidak semua bank juga memiliki fitur otorisasi otomatis, sehingga Anda wajib untuk datang langsung ke cabang bank terdekat di kota Anda. Namun ada sebagian bank yang menerapkan sistem otorisasi otomatis, sehingga memindahkan aset tabungan ke bentuk investasi bisa lebih mudah lewat satu aplikasi saja.

2. Memilih Mata Uang yang Tepat

Untuk bisa meraup untung dari valas, kamu harus jeli dalam memilih mata uang yang akan kamu investasikan. Kamu harus bisa memperkirakan pergerakan mata uang di waktu mendatang. Sebenarnya kamu bisa saja memilih mata uang yang sesuai dengan tujuan kamu untuk melancong, namun kamu juga bisa investasi valas di mata uang populer seperti USD (Dolar Amerika) dan sebagainya. Kelebihan jika kamu memilih mata uang Dolar Amerika, nilainya cenderung lebih tinggi bila di konversikan dengan mata uang Rupiah. Tak hanya itu saja, nilai Dolar Amerika juga lebih stabil di pasar valas.

3. Beli Valas di Tempat Terpercaya

Untuk membeli valas, kamu bisa mendatangi langsung bank-bank konvensional dan membuka tabungan di sana. Namun jika kamu sudah memiliki tabungan, kamu bisa membeli valas melalui aplikasi mobile banking bank tersebut. Sebaiknya hindari membeli valas pada lembaga-lembaga keuangan di luar bank, ini bertujuan untuk menjaga investasi kamu tetap aman.

Membeli valas juga harus mempertimbangkan margin. Margin yang tinggi tentu akan memberikan keuntungan yang lebih besar untuk investasi Anda. Selain itu, pastikan bank-bank tersebut tersedia dibanyak negara, sehingga akan lebih mudah jika sewaktu-waktu kamu ingin mencairkannya.

Berinvestasi di valas sebenarnya sangat mudah, bahkan bila dilakukan oleh seorang pemula sekalipun. Karena pada prinsipnya, kamu hanya perlu membeli disaat mata uang (tertentu) sedang mengalamai pelemahan, dan menjualnya saat mata uang (tertentu) mengalami penguatan. Namun meskipun terlihat mudah, kamu sangat membutuhkan kehati-hatian agar keuntungan investasi kamu bisa melambung tinggi.

Leave a reply "Tips Meraih Untung dari Pasar Valuta Asing"