4 Tips Memilih Toko Berlian dengan Tepat

No comment 138 views

Tips Memilih Toko Berlian

Memilih toko untuk membeli berlian tidak boleh sembarangan. Jika sampai salah pilih, Anda bukan hanya berisiko mendapatkan berlian yang palsu, namun juga bisa kehilangan banyak uang karena kasus penipuan. Berikut ini ada beberapa tips memilih toko berlian yang tepat dan terpercaya untuk Anda lakukan. Lalu, apakah tips ini penting?

Seperti telah disebutkan sebelumnya, kasus penipuan di bidang perhiasan ini sudah marak terjadi. Tanpa pengetahuan dan kehati-hatian, Anda bisa tertipu atau mendapatkan perhiasan palsu. Banyaknya peminat berlian, baik untuk dipakai sehari-hari atau dijadikan sebagai cincin pernikahan, membuat para penjual berlian ingin mendapatkan untung lebih banyak dengan melakukan hal tersebut.

Tips Memilih Toko Berlian dengan Tepat

  1. Mencari toko yang profesional

Hal ini menjadi sesuatu yang mutlak untuk dilakukan. Profesional yang dimaksud di sini adalah bagaimana toko tersebut melayani pembelinya dan memberikan kualitas terbaik kepada calon konsumen. Biasanya toko berlian profesional sudah tergabung dengan berbagai komunitas dagang tentang logam mulia atau perhiasan. Dengan begitu, keanggotaan ini bisa menjadi salah satu bentuk jaminan bahwa toko tersebut sudah terpercaya.

  1. Mempunyai bekal patokan harga

Sebelum membeli berlian, cobalah untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai jenis-jenis berlian dan harga pasarannya. Ini akan menghindarkan Anda dari toko yang menjual berlian dengan harga yang asal-asalan. Ketika mereka menawarkan berlian yang sama dengan harga yang lebih tinggi, Anda akan sadar dan bisa mencari di toko lainnya.

Saat ini harga berlian sudah mempunyai patokan standar Internasional yang bernama Rapaport Diamond. Ini bisa menjadi alat bantu Anda dalam mengetahui harga pasaran berlian. Lembaga ini sudah berdiri sejak tahun 1976 dan memberikan patokan harga berdasarkan beberapa faktor seperti karat, warna, dan kejernihannya.

Rapaport ini bisa dilihat di berbagai toko berlain. Biasanya harga terbaru akan diperbaharui setiap hari Jumat. Anda dapat menanyakan ini kepada pelayan toko untuk mencari tahu Rapaport terbaru. Akan tetapi, harga berlian yang dijual di toko mungkin akan berbeda dengan Rapaport karena faktor tertentu.

  1. Memilih toko yang memahami berlian dengan baik

Toko berlian yang sudah profesional pasti akan melayani dengan maksimal walaupun pembelinya belum tahu seluk beluk tentang berlian. Di sinilah Anda bisa menilai bagaimana kualitas dari sebuah toko. Anda dapat menanyakan beberapa hal berkaitan dengan berlian seperti apa saja jenis-jenisnya, bagaimana perawatannya, dan sebagainya. Semakin tinggi pemahamannya tentang berlian, semakin baik pula toko tersebut.

  1. Memberikan sertifikat

Sertifikat memiliki peran yang penting dalam hal transaksi berlian. Benda ini berfungsi sebagai jaminan bahwa berlian tersebut adalah asli. Toko perhiasan yang memang berkualitas pasti akan memberikan sertifikat setelah Anda melakukan pembelian. Jika mereka tidak memberikannya, Anda perlu sedikit waspada karena bukan tidak mungkin berlian yang Anda beli tidak asli.

Sertifikat ini biasanya dikeluarkan oleh GIA atau Gemological Institute of America, yakni badan sertifikasi yang memberi penilaian secara objektif berkaitan dengan keaslian sebuah berlian. Saat hendak membeli berlian, jangan takut untuk menanyakan apakah toko akan memberikan sertifikat atau tidak. Sebagai customer, Anda memiliki hak untuk itu.

Itulah beberapa tips untuk menemukan toko berlian yang tepat. Salah satu toko yang sudah teruji kualitasnya adalah Diamond & Co. Ada berbagai macam berlian yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Untuk melihat produk secara detail, Anda bisa mengunjungi Diamond & Co.

Leave a reply "4 Tips Memilih Toko Berlian dengan Tepat"