Samsung A11: Spesifikasi dan Review Lengkap 2020

No comment 168 views

Samsung A11

Pertengahan 2020, lebih tepatnya pada bulan Juni, Samsung merilis kembali salah satu ponsel di kelas entry level. Ponsel tersebut diberi nama Samsung Galaxy A11 atau biasa disebut sebagai Samsung A11.

Meskipun ditargetkan untuk pasaran kelas bawah, spesifikasi yang dibawa oleh A11 sangat jauh dari kata ‘seadanya’. Kameranya sendiri sudah ada 3 buah. Selain itu juga masih ada keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh ponsel ini.

Spesifikasi Lengkap Samsung  A11

Sebelum membaca hasil review, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu spesifikasi lengkap yang dimiliki oleh A11 pada tabel berikut ini:

Dimensi
Panjang 16,14 cm
Lebar 7,63 cm
Ketebalan 0,8 cm
Bobot 177 gram
Warna Red, blue, white, dan black
Layar
Jenis TFT
Ukuran 6,4 inci
Resolusi 720 x 1520 px
Rasio 19,5:9
SOC
Chipset Qualcomm Snapdragon 450
CPU Octacore
Sistem
RAM 2 GB atau 3 GB
ROM 32 GB
Sistem operasi Android 10
Eksternal microSD hingga 512 GB
Kamera
Utama 13 MP wide, 5 MP ultrawide, dan 2 MP depth
Depan 8 MP
Baterai 4000 mAh
Konektivitas
Kartu SIM Dual
Internet 2G, 3G, dan 4G (LTE A)
Koneksi Wireless Wi-Fi, dual band, Wi-Fi direct, dan hotspot
Bluetooth 5.0
Port USB Type-C
Navigasi A-GPS, GLONASS, GALILEO, dan BDS
Sensor Sidik jari, accelerometer, compass, proximity, dan gyro

 

Review Samsung A11

Review sebuah ponsel atau smartphone tidak hanya dapat dilihat dari satu aspek saja. Ada banyak hal yang perlu untuk dicoba dan dinilai, mulai dari desain, sistem, konektivitas, baterai, kamera, dan semua aspek lainnya wajib dikulik untuk mengetahui kualitas dari sebuah smartphone. Berikut ini merupakan review dari Samsung tipe A11, ponsel murah Samsung yang punya banyak keunggulan:

1. Desain

Hal pertama yang diperhatikan ketika akan mereview sebuah gadget adalah desainnya. Di bagian depan, ponsel ini sudah tidak memiliki poni seperti Samsung seri A sebelumnya. Samsung menggunakan desain Infinity O Screen.

Kamera diletakkan di sudut kiri atas layar sehingga bentuknya seperti titik kecil. Hal ini membuat pengguna merasa lebih leluasa dalam memandang layar.

Beralih ke bagian belakang, penutupnya terbuat dari plastik dengan finishing mengkilap. Samsung memang tidak mencoba untuk menyamarkan kesan plastik tersebut dari A11 ini. Di sisi ini terdapat 3 buah kamera belakang serta sensor sidik jari. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri karena tidak banyak ponsel entry level yang mempunyai sensor tersebut.

Samsung A11 juga dibuat sangat tipis, yaitu 0,8 cm. Karena bodynya yang sangat tipis, modul kamera belakang menjadi lebih menonjol. Penggunanya disarankan untuk memasang case tambahan guna melindungi modul kamera dari goresan.

2. Layar

Beralih di bagian layar, A11 dibekali dengan panel TFT. Di sektor ini, Samsung memang sengaja tidak menyematkan teknologi layar AMOLED andalannya untuk menghemat biaya produksi. Meskipun begitu, layar berukuran 6,4 inci yang dimiliki oleh Samsung tipe A11 mampu menampilkan gambar dengan warna yang tajam.

Resolusi layar sudah HD+ (720×1520 px), sehingga semua gambar dan teks pada ponsel ini dapat ditampilkan dengan jelas. Apalagi dengan kerapatan pixel mencapai 268 ppi. Pengguna tak perlu khawatir dengan ketahanan layar A11 karena telah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass.

3. Kamera

Keunggulan utama dari Samsung Galaxy A11 terletak pada bagian kameranya. Samsung sengaja menyematkan tiga unit kamera sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Ketiga lensa kamera tersebut masing-masing adalah kamera utama sebesar 13 MP, kamera ultrawide 5 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Kombinasi ketika kamera tersebut tentu saja mampu menghasilkan foto yang bagus dan tajam. Tidak hanya itu, Samsung Galaxy A11 ini juga sudah mampu menghasilkan video hingga resolusi Full HD 1080p.

Sayangnya, kamera depan yang dimiliki oleh Galaxy A11 ini bukan yang terbaik di kelasnya. Sensor sebesar 8 MP ini tidak begitu istimewa. Tenang, Anda masih bisa menghasilkan foto selfie yang tajam dan baik menggunakan kamera ini.

4. Performa

Di dapur pacu, Samsung Galaxy A11 menggunakan chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon 450. Chipset tersebut memang banyak dipakai oleh ponsel-ponsel lain di kelas entry level. Untuk seri A yang satu ini, Samsung memang tidak menyematkan chipset Exynos. Alasannya tidak disebutkan oleh pihak Samsung secara langsung.

CPU yang memiliki kecepatan mencapai 1,8 Ghz ini dapat menunjang aktivitas sehari-hari seperti akses media sosial dan bermain game ringan. Untuk bermain game yang berat seperti PUBG Mobile, ponsel ini masih bisa digunakan. Namun, grafis yang ditampilkan tentunya tidak terlalu smooth mengingat jenis chipset yang disematkan di ponsel ini.

Untuk mendukung performanya, ponsel ini mempunyai RAM sebesar 3 GB. Sedangkan untuk penyimpanan tersedia memori internal berkapasitas 32 GB. Kalau Anda merasa kapasitas tersebut masih kurang, Samsung tipe A11 memiliki slot microSD yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 512 GB atau 1/2 TB.

Saat pertama kali dirilis, Samsung Galaxy A11 telah dilengkapi dengan OneUI 2.0 yang basisnya adalah Android 10. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ponsel ini akan mendapatkan update OS di waktu mendatang.

5. Baterai

Smartphone tentu membutuhkan baterai sebagai pemasok daya guna menjalankan semua fungsinya. Samsung A11 sendiri disokong oleh baterai jenis Li-Po dengan kapasitas 4000 mAh. Kapasitas baterai tersebut sudah tergolong besar untuk ponsel kelas entry level. Daya dari baterai tersebut dapat bertahan hingga seharian penuh dengan pemakaian normal.

Uniknya, smartphone murah Samsung yang satu ini sudah memiliki fitur fast charging. Fitur tersebut sangat jarang dijumpai pada ponsel kelas bawah seperti ini. Adanya fast charging ini sangat membantu pengguna ketika mengisi daya, sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama.

6. Konektivitas

Dilihat dari segi konektivitas, ponsel murah ini memang tidak mungkin mempunyai NFC. Namun untuk ukuran ponsel seharga satu jutaan, Samsung tipe A11 ini memiliki konektivitas yang cukup lengkap, antara lain:

  • Wi-Fi
  • Bluetooth
  • GPS
  • USB Type C

Keberanian Samsung menyematkan port USB type C di ponsel murahnya ini patut diacungi jempol. Ponsel entry level mana yang berani menggunakan port jenis ini? Samsung sudah selangkah lebih maju sementara brand lain masih menggunakan USB type B.

Harga Samsung A11

Harga resmi dari perangkat Galaxy A11 yang diumumkan oleh Samsung adalah Rp2.099.000,-. Berselang beberapa waktu setelah peluncuran, harga ponsel ini turun hingga sekitar 1.8 juta.

Bhinneka.com juga menjadi tempat yang tepat untuk berbelanja berbagai keperluan bisnis. Marketplace ini akan memberikan harga khusus apabila Anda berbelanja dalam jumlah besar. Kualitas produk yang dijual di sini juga sudah terbukti 100% asli dan resmi.

Leave a reply "Samsung A11: Spesifikasi dan Review Lengkap 2020"