Cara Penanganan Anak yang Mengalami Gejala Tipes

No comment 119 views

gejala tipes pada anak

Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya selalu dalam keadaan sehat. Untuk itu, berbagai cara pun akan dilakukan untuk menjaga kesehatan anaknya, misal dengan memberikan makanan & minuman yang bergizi, multivitamin dan selalu menjaga kebersihan diri. Namun terkadang, meskipun sudah banyak hal yang dilakukan untuk menjaga kesehatan anak, adakalanya anak tetap terserang penyakit juga. Diantara penyakit yang paling sering dialami oleh anak-anak yakni, flu dan demam. Namun orang tua juga perlu mewaspadai jika anak mengalami flu dan demam dalam jangka waktu yang panjang. Bisa saja flu dan demam tersebut menunjukkan adanya gejala tipes pada anak.

Tipes disebut juga dengan demam tifoid. Tipes pada orang dewasa sebenarnya hampir mirip dengan tipes yang terjadi pada anak-anak. Hanya saja jika menyerang anak-anak, biasanya anak akan menjadi lebih rewel dan akan cenderung membuat orang tua menjadi gelisah. Hal ini dikarenakan anak akan mengalami sakit kepala hebat, demam tinggi, tubuh menjadi lemah hingga kehilangan nafsu makan. Nah, jika gejala ini mulai terlihat pada anak Anda, sebelum dibawa ke dokter, ada baiknya orang tua melakukan hal-hal berikut ini;

  1. Kompres kepalanya dengan handuk hangat

Sebagai penanganan pertama bila anak menunjukkan gejala tipes adalah dengan mengompres kepala si anak. Hal ini harus dilakukan untuk menurunkan suhu tubuhnya menjadi normal. Jika tidak dilakukan, maka dikhawatirkan akan menyebabkan terjadi step akibat demam yang terlalu tinggi. Namun hindari mengompres kepala dengan menggunakan air dingin (es). Baiknya kompres kepala si anak dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.

  1. Jaga asupan cairannya

Ketika anak mengalami tipes biasanya akan dibarengi dengan diare dan hilangnya nafsu makan. Jika sudah begini, maka akan rawan terjadi dehidrasi. Untuk penanganannya, orang tua bisa memberikan air putih yang cukup untuk menjaga tubuhnya agar tidak dehidrasi. Selain itu, bisa juga diberikan air kelapa muda tanpa campuran apapun untuk menggantikan cairan elektrolit tubuh yang hilang akibat diare.

  1. Jus buah

Jika anak mulai kehilangan nafsu makannya, maka orang tua bisa mengganti asupan gizinya dengan memberikan jus buah. Jus buah kaya akan kandungan nutrisi dan gula alami yang diperlukan oleh tubuhnya. Dengan memberikan jus buah, nutrisi yang hilang akan tergantikan dan dapat mencegah anak menjadi lemas. Selain itu kandungan vitamin yang ada pada buah-buahan juga dapat membantu mempercepat penyembuhan dari gejala tipes.

  1. Hindari makanan yang berserat tinggi

Saat timbul gejala tipes pada anak biasanya akan dibarengi dengan masalah pencernaan. Dalam kondisi seperti ini perut anak akan lebih sulit untuk mencerna makanannya. Maka dari itu, hindari memberi makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran hijau, daging dan menggantinya dengan makanan yang mudah di cerna seperti bubur, roti atau pisang.

  1. Madu

Hal lain yang bisa diberikan agar asupan energinya tercukupi adalah dengan memberikan minum madu murni. Dosis  yang diberikan yakni satu sendok makan madu setiap beberapa jam sekali. Madu mengandung gula murni yang baik untuk memenuhi kebutuhan kalorinya dan dapat membantu mengembalikan nafsu makan.

Leave a reply "Cara Penanganan Anak yang Mengalami Gejala Tipes"