Tips Mengajukan Pinjaman Modal Tanpa Jaminan

No comment 32 views

Pinjaman Modal

Saat ini perkembangan teknologi khususnya fintech memang sangat memudahkan sekali. Selain persyaratannya yang sangat ringan, pinjaman modal juga bisa diberikan tanpa perlu adanya jaminan. Ini jelas sangat membantu terutama bagi mereka yang sangat membutuhkan modal dengan cepat namun tanpa perlu ribet.

Namun di balik semua kemudahan yang ditawarkan, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih perusahaan tempat Anda akan meminjam modal. Anda harus teliti betul membaca persyaratan atau ketentuan-ketentuan terkait peminjaman pada bank atau lembaga-lembaga keuangan yang akan memberikan Anda pinjaman. Jangan sampai ada poin-poin yang terlewatkan untuk Anda ketahui, sebab bisa-bisa akan timbul masalah dikemudian harinya, yang akan mendatangkan kerugian bagi Anda. Nah, bila Anda melakukan pinjaman secara online, segala ketentuan peminjaman bisa Anda lihat melalui halaman disclaimer situs pinjaman online dan sejenisnya.

Saat ini banyak sekali perusahaan P2P Lenders yang siap memberikan Anda pinjaman tanpa jaminan. Namun dari sekian banyaknya perusahaan tersebut, Anda harus cermat dalam memilih perusahaan yang tepat. Ada hal-hal yang sebaiknya Anda perhatikan ketika Anda ingin melakukan peminjaman modal. Nah, bagi Anda yang belum berpengalaman mengenai hal ini, berikut adalah beberapa hal yang mesti Anda perhatikan;

  1. Transparansi

Segala bentuk peminjaman online sebaiknya dijabarkan dengan jelas agar tidak timbul masalah di kemudian hari. Perusahaan pemberi pinjaman pun haruslah memberikan transparansi informasi kepada debitur. Jangan sampai ada yang ditutup-tutupi sehingga akan memberikan kerugian pada debiturnya. Sedangkan Anda selaku debitur juga harus cermat dalam membaca dan menelaah informasi yang ada di halaman situs pemberi pinjaman. Anda harus tahu betul segala persyaratan, proses, bunga dan hal-hal lain dengan sangat jelas.

Ketahui juga berapa besaran bunga yang dibebankan atas pinjaman Anda, jatuh tempo dan biaya-biaya yang ditimbulkan selama proses peminjaman berlangsung. Jika Anda tidak menemukan transparansi dari informasi tersebut, maka sebaiknya tinggalkan pinjaman tersebut dan cara tempat peminjaman lainnya yang mau memberikan informasi dengan sangat transparan.

  1. Persyaratan

Situs-situs pemberi pinjaman online (fintech) biasanya akan memberikan persyaratan yang lebih mudah ketimbang model peminjaman konvensional. Bahkan beberapa nama perusahaan fintech, memperbolehkan klaim hanya dengan modal KTP doang. Kalau Anda menemukan model yang seperti ini, biasanya ada persyaratan dan ketentuan-ketentuan yang disembunyikan dari Anda. Untuk yang seperti ini, sebaiknya Anda fikir ulang untuk meminjam di perusahaan tersebut. Sebab, tidak sedikit orang yang justru mendapatkan masalah setelah melakukan peminjaman di sana. Sebaiknya pilihlah tempat peminjaman online yang sudah mendapat verifikasi dari OJK. Agar transaksi Anda lebih aman dan nyaman.

  1. Kecepatan

Salah satu kelebihan dari perusahaan peminjaman online, adalah kecepatan proses pencairan dananya. Saat ini rata-rata peminjaman online memakan waktu 1 hari sampai dengan 1 minggu, tergantung apakah Anda lolos verifikasi perusahaan. Namun tidak sedikit pula perusahaan yang berani memberikan klaim pinjaman dalam tempo waktu 1 jam. Nah, untuk yang satu ini Anda perlu lebih waspada dan baca ulang persyaratan serta ketentuannya. Jangan sampai ada hal-hal yang disembuyikan yang kemudian menjadi masalah. Jika Anda menemukan sesuatu yang merugikan, sebaiknya jangan dilanjutkan dan carilah lembaga keuangan lainnya.

Leave a reply "Tips Mengajukan Pinjaman Modal Tanpa Jaminan"