Peluang Investasi yang Akan Booming di Tahun 2021

No comment 212 views

investasi indonesia

Tahun 2020 dapat dikatakan merupakan tahun paling sulit untuk meraup untung di hampir segala bidang bisnis. Bertepatan pada tahun ini pula, dunia dilanda virus yang mematikan sehingga memberikan dampak yang besar pada dunia usaha. Bahkan tak sedikit pula perusahaan-perusahaan ternama yang akhirnya harus menutup bisnisnya lantaran tidak dapat beroperasi sepanjang masa darurat penyebaran virus yang entah sampai kapan akan berakhir. Dan Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak virus, yang telah menyebabkan penurunan investasi Indonesia yang seharusnya meroket di tahun 2020 ini.

Yah, meskipun keadaan sulit ini hampir terjadi di semua bidang, namun bukan berarti kita terus berpangku pada keadaan. Sebenarnya masih ada peluang investasi yang bisa direbut untuk tetap bertahan di dunia bisnis. Dan Anda harus mempersiapkannya mulai dari sekarang, sebab beberapa investasi ini dipercaya akan boomign di tahun 2021. Penasaran apa saja investasi yang cocok dalam menghadapi situasi new normal tahun depan? Berikut adalah beberapa referensinya;

  1. Deposito

Salah satu investasi yang sangat menjanjikan di tahun 2021 nanti adalah investasi dalam bentuk deposito. Investasi jenis ini masuk ke dalam salah satu investasi yang tidak berdampak besar meski dalam masa darurat virus. Deposito merupakan investasi yang sangat minim resiko, karena memang dikelola secara jelas dan transparan serta diawasi oleh OJK. Memang, keuntungan yang di dapat relatif lebih kecil dibandingkan jenis investasi lainnya, hanya berkisar 5%-7% per tahun, namun keuntungan itu sebanding dengan resikonya.

Akan tetapi satu yang mesti Anda perhatikan adalah, saat Anda memilih berinvestasi di deposito. Anda sudah merencakannya dengan matang. Jangan sampai ketika investasi sudah berjalan, Anda malah sibuk ingin menarik dana Anda, karena satu dan lain kebutuhan. Sebab, ketika Anda menarik dana Anda sebelum jatuh tempo habis (tenor), maka Anda akan dikenakan biaya penalti yang akan merugikan Anda. Sehingga investasi yang seharusnya menguntungkan, justru mendatangkan kerugian. Maka dari itu, persiapkan dana awal dan pisahkan dengan dana untuk kebutuhan harian/bulanan Anda. Sehingga investasi Anda dapat memberikan keuntungan.

  1. Reksa Dana

Selanjutnya investasi yang bisa Anda masuki di tahun depan adalah investasi reksa dana. Pada dasarnya investasi reksa dana hampir mirip dengan deposito, hanya saja, pada reksa dana, dana yang disetorkan akan dikumpulkan secara kolektif (konsorsium). Setelah dana terkumpul, maka selanjutnya akan diberikan pada manajer investasi untuk digunakan pada berbagai bidang bisnis. Keuntungan dari investasi yang dijalankan oleh manajer investasi inilah yang selanjutnya akan dibagikan merata kepada seluruh peserta konsorsium. Investasi model ini memang lebih aman dibanding deposito. Hanya saja pembagian keuntungannya menjadi lebih rendah karena harus dibagi kepada beberapa orang investor dan ditambah lagi dengan adanya biaya pengelolaan yang dilakukan oleh manajer investasi.

  1. Properti

Properti merupakan salah satu jenis investasi yang tak tergerus oleh berbagai keadaan, termasuk saat masa darurat virus seperti di tahun 2020 ini. Investasi ini akan terus tumbuh, karena kebutuhan orang akan tempat tinggal sangat tinggi. Anda juga bisa melirik investasi ini di tahun depan. Nilai investasi di bidang properti akan terus meningkat setiap tahunnya. Dan saat Anda membutuhkan dana darurat, Anda bisa mencairkannya sewaktu-waktu. Namun butuh modal yang cukup besar untuk memulainya. Apalagi jika Anda ingin melirik properti di kawasan perkotaan.

Leave a reply "Peluang Investasi yang Akan Booming di Tahun 2021"