Pentingnya Belajar Parenting Sebelum Menikah

No comment 14 views

parenting indonesia

Menikah merupakan sebuah impian terbesar bagi kebanyakan orang. Dengan menikah, berarti kita telah melewati sebuah tahap dalam roda kehidupan, hingga pada akhirnya kita nanti akan memiliki anak dan menjadi orang tua. Nah, bagi mereka yang berencana untuk membangun rumah tangga, sebenarnya ada banyak hal dasar yang harus dipelajari terlebih dahulu, salah satunya adalah ilmu parenting. Memang, ilmu parenting Indonesia bisa diperoleh dari orang tua kita, namun ada hal-hal yang sebaiknya perlu dipelajari lewat pakarnya agar tidak menjadi salah kaprah tatkala kita telah benar-benar menjadi orang tua.

Baik wanita maupun pria yang berencana akan segera menikah, menguasai ilmu parenting memang sangat dianjurkan. Sebab, ini berkaitan erat dengan cara mendidik anak yang baik setelah menikah ataupun menjalin hubungan yang romantis bersama pasangan. Dan jangan se-sekali berfikir jika hanya wanita saja yang perlu belajar ilmu parenting, sebab kedua pasangan memiliki tanggungjawab yang sama dalam mendidik dan membesarkan anak. So, bagi kamu yang berencana ingin menikah tahun ini, berikut beberapa alasan mengapa kamu harus belajar ilmu parenting.

  1. Mempersiapkan Diri Lebih Awal

Menjadi suami dan istri bukanlah perkara yang mudah. Selama menjalani pernikahan, tentu akan ada banyak hal-hal seru yang pasti terjadi, terlebih saat menghadapi anak-anak nanti. Ilmu parenting akan membantu kamu beserta pasangan untuk mempersiapkan diri lebih awal terhadap perubahan yang pasti terjadi. Mulai dari masa-masa kehamilan hingga melahirkan,  kamu sudah mengetahui apa-apa sayang perlu dilakukan.

Dan tak hanya soal ayah dan ibu saja, dengan mempelajari ilmu parenting, kamu dapar mengatasi emosi anak dengan benar. Sehingga pada saat si kecil ‘berulah’, orang tua tau langkah apa yang harus dilakukan untuk menenangkan si kecil. Dengan begitu, kekerasan dalam rumah tangga bisa dicegah.

  1. Mempersiapkan Mental

Mengikuti kelas-kelas parenting juga bermanfaat dalam mempersiapkan mental setelah menikah nanti. Kita tidak pungkiri  jika dalam menjalani kehidupan rumah tangga, tidak serta merta berjalan mulus. Sesekali mungkin akan terjadi ‘cek cok’ antara suami dan istri, orang tua dan anak dan sebagainya. Dengan belajar ilmu parenting, mental kamu akan lebih siap untuk menghadapi itu semua. Serta mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul dengan baik.

  1. Menjadi Pendidik Pertama

Semua pasti setuju jika rumah merupakan sekolah pertama bagi anak-anak, serta figur seorang Ibu dan Ayah adalah pendidik pertamanya. Maka dari itu, belajar ilmu parenting sangat penting bagi se-siapa saja yang ingin menjadi orang tua. Dengan bekal ilmu parenting yang miliki, kita bisa tau bagaimana cara mengasuh anak dengan baik dan benar. Cara berkomunikasi atau berkata-kata yang tepat pada anak-anak, hingga bagaimana cara mengatasi anak yang tantrum, yang sering membuat orang tua jengkel dan marah. Semua itu, akan dipelajari dengan mendalam di kelas-kelas parenting. Jadi sebisanya, persiapkan diri kamu untuk mengikuti kelas parenting sebelum kamu menikah.

  1. Sebagai Pengatur Keuangan

Ilmu parenting tidak melulu soal keluarga dan anak. Dalam kelas-kelas parenting, kamu juga akan belajar bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan tepat. Ketika kamu memutuskan untuk menikah, maka kamu dituntut untuk mampu mengelola keuangan keluarga dengan baik.

Leave a reply "Pentingnya Belajar Parenting Sebelum Menikah"