Waspadai Gejala Demam berdarah Parah!

No comment 40 views

Demam berdarah dengue

Demam berdarah dengue atau dbd merupakan masalah kesehatan global saat ini. Infeksi ini ditularkan melalui gigitan vektoratau perantara sepert nyamuk aedes aegypty dan aedes albopictus. Penyakit ini tergolong berbahaya karena dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani. Terdapat hampir 1 persen kematian akibat dbd ini.

Demam berdarah bisa berkembang menjadi parah sekitar 3 sampai 7 hari setelah munculnya gejala-gejala DBD awal. Masa ini disebut sebagai fase kritis. Pada saat ini suhu tubuh akan menurun, tapi ingat bahwa ini bukan berarti pasien sudah pulih. Sebaliknya, pasien membutuhkan perhatian khusus jika timbul gejala-gejala demam berdarah parah misalnya Sakit perut parah,Terus-menerus muntah, Gusi berdarah, Muntah berdarah, Bernapas cepat, dan Kelelahan/gelisah

Cara Mengatasi Demam berdarah hingga saat ini belum ditemukan vaksin atau pengobatan yang khusus untuk mengobati demam berdarah. Penderita demam berdarah harus segera mencari bantuan dokter, juga istirahat dan minum banyak air.Biasanya dokter akan meresepkan obat parasetamol untuk membantu menurunkan demam serta mengurangi rasa nyeri di persendian. Tapi pasien tidak boleh minum obat aspirin atau ibuprofen karena obat-obat tersebut malah bisa memperbesar risiko pendarahan.

Pasien yang telah terinfeksi virus dengue bisa saja menularkan virus tersebut melalui perantara nyamuk Aedes setelah gejala-gejala DBD awal muncul (jangka waktu 4 – 5 hari; maksimum 12 hari). Sebagai antisipasi, pasien dianjurkan melakukan langkah-langkah pencegahan dengan cara tidur di tempat tidur yang sudah dipasang kelambu, terutama di masa-masa demam. Jika muncul gejala-gejala demam berdarah parah (seperti disebutkan di bagian atas), maka sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter dan mencari perawatan inap untuk memantau perkembangan dari penyakit ini.

Lakukan deteksi dini gejala-gejala Demam berdarah serta perawatan medis yang tepat, karena dapat menekan tingkat fatalitas (kematian) hingga di bawah 1 persen. Meskipun begitu, tahap-tahap penyakit demam berdarah yang dialami hingga pemulihannya tetap saja akan terasa tidak nyaman, bahkan cukup menyakitkan.

Jika  kamu menduga diri Anda terkena infeksi virus dengue, sebaiknya segera datang ke dokter atau rumah sakit. Untuk mendiagnosis demam berdarah, dokter mungkin akan melakukan beberapa langkah seperti Meninjau tanda dan gejala yang akan rasakan, Mengetes darah kamu  untuk memeriksa apakah terdapat virus dengue, Meninjau riwayat medis dan perjalanan kamu . Orang-orang yang pernah berpegian ke wilayah yang sedang terdapat kasus demam berdarah selama 2 minggu terakhir harus memberitahu dokter tentang ini.

Tinggal di rumah ber-AC atau yang sudah dipasangi kawat nyamuk. Nyamuk yang membawa virus dengue paling aktif mulai saat pagi fajar hingga sore senja, tapi kadang-kadang mereka juga menggigit di malam hari. Lakukan pencegahan dengan mengenakan pakaian yang melindungi. Jika Anda pergi ke daerah yang ada banyak nyamuk, pakailah baju berlengan panjang, celana panjang, kaus kaki, dan sepatu.

Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan menekan perkembangbiakan nyamuk di sekitar rumah serta sebisa mungkin menghindari gigitan nyamuk dan bersihkanlah lingkungan sekitar rumah kalian. Bila seseorang di anggota rumah kamu terkena demam berdarah,  jangan panik dahulu tetapi kamu dan keluarga harus tetap tenang dan harus ekstra hati-hati untuk melindungi diri agar tidak ikut tertular terkena Demam berdarah. Jika kamu ikut merasakan gejala demam berdarah seperti yang dialami anggota keluarga itu, maka sebaiknya periksa juga ke dokter untuk penanganan segera.

Leave a reply "Waspadai Gejala Demam berdarah Parah!"