Langkah-Langkah dan Cara Membuat Website Gratis untuk Pebisnis Kecil

Cara Membuat Website Gratis

Kehadiran internet telah mengubah gaya hidup masyarakat. Kini semakin banyak orang yang melakukan transaksi perbelanjaan melalui toko online. Kabarnya, berbelanja online lebih disukai karena menawarkan kemudahan dan efisiensi waktu. Cukup dengan gerakan jari pada ponsel pintar, konsumen sudah bisa membeli barang yang mereka inginkan tanpa harus meluangkan waktu dan tenaga untuk mengunjungi ke toko fisik.

Berbelanja online kini menjadi semacam revolusi baru di dunia belanja. Menanggapi hal tersebut, sejumlah pebisnis berbondong-bondong meramaikan pasar online dan membuat perubahan yang signifikan ke arah digitalisasi.

Membangun dan mengelola aset-aset digital seperti website, toko online, media sosial dan sebagainya bisa saja mengeluarkan biaya yang besar. Lantas bagaimana caranya agar pebisnis dengan kekuatan modal kecil bisa ikut bersaing di era digital? Salah satu solusinya adalah dengan membuat website gratis. Berikut ini adalah langkah-langkah dan cara membuat website gratis yang bisa diikuti oleh para pebisnis kecil.

  1. Tentukan nama domain

Sebuah nama menjadi identitas yang sangat penting bagi sebuah website. Untuk membuat website, pilihlah nama yang sesuai dengan nama perusahaan Anda. Atau Anda bisa menggunakan nama baru yang lebih menarik khusus untuk kebutuhan website.

Sebagai contoh, jika Anda adalah perusahaan penyedia material bangunan dengan nama perusahaan Maju Jaya Abadi. Untuk nama domain, Anda tidak harus menggunakan nama tersebut. Anda dapat menggunakan nama domain yang lebih menarik seperti “materialbangunanmurah” atau “materialbangunan”

Setelah menentukan nama domain, Anda bisa mendaftarkannya melalui situs Sitebeat.com. Sitebeat akan membantu Anda untuk mengecek apakah nama itu masih tersedia atau tidak. Jika sudah tidak tersedia, jangan kuatir sebabSitebeat akan menyediakan beberapa pilihan variasi nama domain yang bisa Anda gunakan. Selanjutnya, pihak Sitebeat akan membantu Anda untuk mendaftarkannya.

  1. Kenali target audiens

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah mengenali target audiens dengan baik. Karakteristiktarget audiens akan menjadi patokan Anda untuk mendesain website. Mulai dari pemilihan template hingga tampilan menu-menu yang Anda sediakan pada website Anda. Pelajari range usia yang menjadi target audiens Anda, profesi, hingga hobi mereka. Hal itu akan sangat membantu Anda untuk menentukan desain website seperti apa yang mungkin disukai oleh mereka. Anda juga dapat mempelajari desain website dari kompetitor Anda sebagai perbandingan.

Jika Anda menggunakan jasa Tim Sitebeat, mereka akan dengan senang hati untuk membantu Anda menentukan desain website yang tepat untuk target audiens Anda.

  1. Lakukan riset kata kunci

Riset kata kunci adalah hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan. Riset ini bertujuan untuk mengetahui keyword atau kata kunci apa yang memiliki jumlah pencarian tertinggi di mesin pencari. Kumpulkan sejumlah keyword yang relevan dengan jenis jasa atau produk yang Anda tawarkan.

Bayangkan diri Anda sebagai calon konsumen dan perkirakan kata kunci apa yang kira-kira calon konsumen Anda cari agar bisa tergiring pada website Anda. Selain itu, perkirakan juga apa saja yang mungkin dicari oleh target audiens ketika mereka mengunjungi website Anda. Jika Anda mampu menjawab kebutuhan mereka, maka tentu saja website Anda akan disukai.

  1. Pilih desain dan template yang menarik

Desain dan template yang menarik adalah hal yang berpengaruh pada user experience. Jika pengunjung terpuaskan dengan desain dan template yang menarik, maka mereka akan menjadi pengunjung setia di website Anda.

Memilih dan merancang template adalah tantangan selanjutnya. Untuk menjawab tantangan tersebut, Sitebeat menyediakan ribuan pilihan template yang gratis untuk Anda gunakan dengan berbagai tema yang tersedia. Cara mengkostumisasinya pun sangat mudah. Dengan teknologi grip intuitif dan bahasa pengantar Bahasa Indonesia, Anda dapat dengan mudah merancang sendiri template Anda, cukup dengan menyeret dan menggeser.Namun jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mendesain sendiri, desainer grafis profesional dari Sitebeat siap membantu Anda.

Itulah beberapa cara membuat website gratis yang bisa Anda lakukan. Kini dengan budget terbatas, Anda sudah bisa memiliki website untuk bisnis Anda.

Leave a reply "Langkah-Langkah dan Cara Membuat Website Gratis untuk Pebisnis Kecil"