Tahap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini

No comment 79 views

Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Usia dini merupakan usia dimana si kecil mulai tumbuh dan kembang dengan cepat. Pada usia ini, si kecil akan belajar untuk menguasai keahlian tertentu serta mulai aktif dengan hal-hal baru yang ditemuinya. Ibu harus memperhatikannya betul terkait proses tumbuh kembangnya. Mulai dari perkembangan kognitif anak usia dini, motorik, sensorik hingga fisik dan juga emosionalnya.

Sejatinya perkembangan kognitif ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain lingkungan tempat tinggal, makan dan minuman yang di konsumsi juga sangat berpengaruh pada perkembangannya. Memberikan minuman sehat berupa susu atau merk susu soya juga dapat mempengaruhi kognitif yang sempurna. Maka dari itu, Ibu tidak perlu ragu untuk memberikan segala yang terbaik untuk si kecil.

Berikut ini adalah tahap-tahap perkembangan kognitif pada anak.

Tahap sensorimotor (0-24 bulan)

Tahap usia seperti ini merupakan tahap awal perkembangan kognitif si kecil. Ketika bayi lahir, ia sudah dibekali dengan refleks bawaan, untuk mengeksplorasi dunianya. Namun pada tahap usia ini, kemampuan tersebut hanya terbatas pada gerak refleks dan panca inderanya saja. Ia juga belum bisa mempertimbangan kebutuhan, keinginan dan kepentingan orang disekitarnya. Sering kali orang dewasa akan beranggapan kalau anak yang berada di tahap ini sangat egois.

Tahap praoperasional (2-7 tahun)

Di tahap ini, anak mulai bisa menerima rangsangan dengan sangat terbatas. Ia pun sudah mulai memasuki lingkungan sosial dan bersosialisasi dengan teman sebaya. Namun rasa egoisnya masih ada. Ia masih belum bisa mengalah pada sesuatu yang tidak ia senangi. Sehingga ia pun menjadi pribadi yang sulit untuk di atur (suka merajuk).

Tahap operasional konkret (7-11 tahun)

Di usianya yang memasuki 7-11 tahun, si kecil sudah mulai dapat melakukan pengurutan dan klasifikasi terhadap objek situasi tertentu. Kemampuan berfikir secara logisnya juga semakin meningkat. Ia mulai paham akan konsep sebab-akibat dengan rasional dan sistematis. Anak juga lebih mudah belajar matematika dan membaca. Dan perlahan rasa egois pada dirinya semakin menurun sehingga anak mau mendengarkan pendapat orang lain.

Tahap operasional formal (mulai umur 11 tahun)

Pada tahap usia ini, anak sudah bisa berfikir secara abstrak dan nalar yang lebih baik. Ia bahkan sudah bisa menarik kesimpulan dari sebuah informasi yang diterima. Konsep abstraksi yang paling sederhana yang bisa diterimanya adalah cinta.

Leave a reply "Tahap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini"