Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

No comment 11 views
Anak Susah Makan Sayur

 

Masalah anak susah makan sayur memang bukan suatu perkara yang serius. Namun seringkali orang tua menjadi sangat kesal apabila hal tersebut terjadi pada anaknya. Tak jarang, orang tua pun akan melakukan cara-cara pintas agar si kecil mau kembali makan sayur. Yah, meskipun cara yang dilakukan terkadang cenderung tidak tepat, seperti dengan mengancam anak tidak boleh menonton film kesukaannya atau tidak boleh bermain dengan mainan kesayangannya hingga dengan cara memarahi si kecil agar ia mau memakan sayuran.

Akan tetapi, tahukah Anda jika cara-cara kekerasan seperti itu sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Memaksakan anak untuk memakan sayur, apalagi sampai memarahinya, justru hanya akan membuat si kecil semakin benci dengan yang namanya sayuran. Otaknya akan menstimulasi bahwa sebenarnya sayuran itu tidak enak, sehingga orang tuanya harus memaksa ia untuk memakannya. Maka dari itu, perlu trik-trik cerdas dari orang tua agar anak mau makan sayuran tanpa perlu dipaksa. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.

  1. Sajikan sayuran sejak kecil

Jika Anda ingin anak Anda untuk menyukai sayuran, maka hal utama yang perlu Anda lakukan adalah menyajikan sayuran sehat kepadanya sejak ia masih kecil. Pemberian sayuran sejak dini bisa dilakukan pada masa MPASI, hingga ia beranjak besar. Untuk mencegah anak agar tidak bosan dengan sayuran yang diberikan, berikan variasi dari beberapa jenis sayur dan menu makannya setiap hari.

  1. Tawarkan semua jenis sayuran

Memberikan berbagai jenis sayuran sangat bermanfaat untuk mengenali sayuran mana yang paling si kecil sukai. Awal pemberikan sayuran memang sedikit sulit karena biasanya anak akan memuntahkan sayuran yang dimakannya. Namun Anda tidak perlu kesal dengan kondisi seperti ini, karena si anak mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengenal rasa sayuran yang disajikan pada menu makannya.

  1. Jangan menyembunyikan sayuran

Cara ini memang paling sering dilakukan oleh orang tua untuk mensiasati anak agar mau makan sayur. Namun sayangnya cara tersebut tidak selamanya berhasil. Pada dasarnya, memperkenalkan anak pada sayuran harus dalam bentuk dan rasa yang asli, bukan malah menyembunyikannya atau mengolahnya menjadi masakan yang lain. Sehingga saat ia dihadapi dengan bentuk dan rasa sayuran yang asli, si kecil dengan suka rela untuk memakannya.

Leave a reply "Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur"