Perawatan yang Harus Kamu Tahu untuk Universal Joint!

Universal Joint

 

Suspensi kendaraan menyebabkan posisi deferensial yang berubah-ubah terhadap transmisi,  propeller pun harus menyesuaikan baik perubahan sudut maupun perubahan jarak, sehingga mampu meneruskan putaran dengan lancar. Mekanisme yang bekerja atau komponen yang terlibat ialah universal joint atau sering disebut pula U-joint.

Apabila kamu memiliki kendaraan dengan letak pada bagian belakang terdapat rear axle serta rear wheel yang didukung oleh suspensi maka dalam memindahkan tenaga mesin ini ke penggerak roda belakang yaitu menggunakan propeller shaft antara bagian transmisi dengan bagian diferensial. Ukuran panjang pendek propeller shaft bergantung pula dari panjang kendaraan. Kendaraan dengan struktur yang lebih panjang, maka keberadaan propeler dibagi atas beberapa bagian yang berfungsi dalam mematikan sistem dapat bekerja dengan baik. Adanya 2 hingga 3 joint dimaksudkan mencegah timbulnya getaran yang cukup besar.

Dalam perawatan universal joint maka memerlukan pemeriksaan pencegahan atau perawatan dilaksanakan secara berkala sehingga kondisi komponen terjaga dan  optimal kerjanya. Sehingga dari hal tersebut, analisa kasus dan penyelesaian permasalahan dapat dilakukan dengan urutan yang cepat, tepat dan benar.

Kamu sepertinya harus tahu apa saja yang harus dilakukan dalam merawat universal joint pada kendaraanmu nih!

  1. Pelumasan dengan grease pada universal joint.

Bagi kamu yang sering aktif dalam berkendara maka merupakan suatu keharusan dalam seringnya intensitas melakukan pelumasan universal joint berdasarkan sistem lubrikasi pada akibat fungsi sebagai transmitter yang vital. Sistem lubrikasi dengan berbagai macam pilihan pelumas yang tepat dan sangat beragam dapat dilihat pada logam-makmur.com. Pelumasan menyebabkan putaran yang terjadi tetap lancar dan lembut karena pergerakan terutama saat terjadi perubahan sudut atau jarak tidak keras dan sulit.

  1. Pembersihan kotoran

Apabila terdapat kotoran yang muncul di sekeliling universal joint maka dapat dilakukan pembesihan kotoran maka kamu perlu membesihkannya. Kotoran yang muncul dapat berupa tanah maupun  bekas vet. Adanya kotoran baik tanah maupun bekas vet dapat menyebabkan mekanisme kerja terhadap perubahan sudut dan jarak menjadi terhambat dan tidak dapat bekerja secara optimal.

  1. Perawatan pada Vet

Perawatan universal joint lainnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan melakukan perawatan pada vet berdasarkan suatu jangka waktu tertentu. Caranya yaitu memasukkan vet menggunakan pompa vet yang melalui nipel pelumasan. Perawatan pada vet penting untuk melengkapi fungsi lubrikasi atau pelumasan.

  1. Melakukan pemeriksaan kebengkokan

Kegiatan pemeriksaan kebengkokan dapat dilakukan dengan beberapa langkah diantaranya peletakkan poros propeller pada v-blok, lalu mengatur dial indicator dalam pengukuran dengan cara bagian tengah dari poros propeller ditekan. Langkah lanjutannya yaitu dengan memutar poros propeller secara perlahan dalam satu putaran serentak dengan pembacaan jarum pada dial indicator. Hasil yang memperlihatkan angka lebih dari 0,8 mm mengartikan komponen propeller harus diganti

  1. Pemeriksaan Universal Joint

Pemeriksaan dapat dilakukan dengan maju mundur, hal ini dapat dilakukan dengan tetap mempertahankan poros propeller. Langkah berikutnya yaitu melihat gerakan yang terjadi pada universal joint yang mengartikan sambungan kendor. Hal lain juga dapat ditandai mengenai kerusakan yaitu adanya gerakan antara universal joint dengan poros propeller. Dari hal tersebut maka perbaikan yang dapat dilakukan ialah melakukan pembongkaran dengan alat khusus yang disebut tracker serta mengganti bearing. Tracker berfungsi agar pembongkaran tidak membuat lecet atau rusak komponen ini.

Sekarang kamu sudah banyak mengetahui tentang bagaimana perawatan  untuk universal joint. Jangan lupa tetap dijaga dan dirawat agar motor tetap mampu aman dalam berkendara serta tidak membahayakan nyawa. Universal joint dengan pilihan-pilihan terbaik dan beragam dapat kamu temui di logam-makmur.com.

Leave a reply "Perawatan yang Harus Kamu Tahu untuk Universal Joint!"