7 Cara Sederhana Antisipasi Wabah Demam Berdarah

No comment 41 views
Pencegahan Demam Berdarah

 

Langkah pencegahan demam berdarah sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bahkan dapat memulainya dari rumah sendiri.

Demam berdarah tidak boleh dianggap sepele. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid., dari KlikDokter, bila kondisi penderita sudah parah, akan terjadi kebocoran dinding pembuluh darah. Kondisi ini menyebabkan salah satu komponen darah (plasma) keluar dari pembuluh darah.

“Kebocoran ini yang menyebabkan pasien menjadi lemah dan mengalami sesak napas karena rongga paru terisi cairan dan perut terasa semakin begah karena cairan tersebut,” kata dr. Resthie.

Cara sederhana pencegah demam berdarah

Agar terhindar dari bahaya demam berdarah, langkah pencegahan harus dilakukan. Langkah pencegahan ini tidak terlalu sulit dan dapat Anda mulai di rumah sendiri, yaitu:

  • Bersihkan perabotan yang menampung air
    Periksa secara berkala vas bunga, ember, atau wadah yang dapat menampung air. Bersihkanlah secara rutin setidaknya dua kali seminggu agar nyamuk tidak berkembang biak di dalamnya.
  • Rutin membersihkan bak mandi
    Nyamuk Aedes aegypti berkembang biak di air bersih. Biasanya, nyamuk betina bertelur pada dinding bak yang terisi air. Untuk mencegah nyamuk-nyamuk baru lahir, bersihkan bak mandi Anda setidaknya seminggu sekali.
  • Hindari menggantung baju terlalu lama
    Ingat, baju kotor adalah tempat favorit nyamuk. Jadi, jangan simpan baju kotor atau menggantung pakaian yang sudah terpakai terlalu lama di kamar.
  • Hindari berada di luar ruangan pada waktu tertentu
    Subuh, sore, dan senja adalah waktu nyamuk berkeliaran dan mencari ‘mangsa’. Karena itu, atur kembali agenda Anda. Hindari berada di luar ruangan pada waktu tersebut.
  • Gunakan pakaian yang melindungi kulit
    Pilih kemeja atau pakaian lengan panjang dan celana panjang untuk menutupi kulit. Bila Anda ingin mengenakan rok, cobalah untuk melapisinya dengan stocking.
  • Oleskan losion anti-nyamuk saat beraktivitas di luar
    Jika harus beraktivitas di luar, gunakan losion penolak nyamuk untuk melindungi diri Anda. Untuk berjaga-jaga, oleskan juga setiap sebelum tidur.
  • Pasang kelambu
    Cara ini efektif menjaga nyamuk untuk tidak masuk ke dalam ruangan. Kelambu juga dapat Anda pasang di atas tempat tidur. Anak Anda pun dapat tidur lebih nyaman tanpa ancaman nyamuk.

Tujuh cara di atas baik untuk mencegah Anda dan keluarga terkena demam berdarah. Akan tetapi, imbangi juga dengan menjaga kondisi kesehatan tetap bugar. Konsumsi makanan bergizi seimbang dan berolahraga secara rutin adalah kunci. Dengan tubuh yang fit, bukan hanya demam berdarah, beragam penyakit lain pun enggan datang.

Leave a reply "7 Cara Sederhana Antisipasi Wabah Demam Berdarah"