Peran Bakteri Lactobacillus Terhadap Pencernaan

No comment 46 views
Probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktose

 

Lactobacillus banyak digaungkan pada jenis minuman atau suplemen yang mengusung kandungan probiotik. Bakteri yang satu ini menjadi probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktose karena sifatnya yang baik untuk pencernaan. Selain untuk dewasa, dalam jumlah tertentu Lactobacillus bersifat aman untuk anak-anak yang mengidap masalah pencernaan seperti diare.

Peran Lactobacillus untuk Pencernaan

1. Memelihara Saluran Pencernaan

Di mulai pada usia balita, anak-anak mulai dikenalkan dengan berbagai jenis makanan. Bukan tidak mungkin, anak memiliki alergi karena adanya jenis patogen tertentu yang membuatnya menjadi sensitif. Patogen biasanya masuk ke saluran pencernaan dan menempel pada dinding usus. Jika ini berlangsung terus menerus, saluran pencernaan akan terganggu.

Bakteri ini akan berperan sebagai pengancur patogen yang menempel pada usus yang kemudian akan dikeluarkan melalui feses. Tidak hanya patogen yang terdapat pada usus, Lactobacillus juga akan menjaga organ pentin seperti hati agar tidak mengalami kerusakan. Makanan atau minuman yang mengandung probiotik ini akan membantunya dalam pemeliharaan kesehatan saluran cerna.

2. Mencegah diare

Diare merupakan penyakit yang berbahaya jika dialami oleh anak-anak. Penyakit ini tidak hanya mengganggu saluran pencernaan yang ditandai meningkatkanya frekuensi dan lama BAB, tapi juga dehidrasi. Saat penderitanya sudah mengalami dehidrasi, maka kinerja organ lain dalam tubuh akan terganggu sehingga bisa mengancam kesehatan sang anak.

Di usia anak-anak, pencegahan atau pengobatan diare bisa dilakukan dengan pemberian makanan atau minuman yang mengandung Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus rhamnosus. Biasanya, bakteri ini terdapat pada susu dan yoghurt. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa penderita yang sudah mengonsumsi jenis makanan ini lebih cepat sembuh daripada yang tidak.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Ancaman sakit seperti demam dan influenza sering mengintai anak-anak karena sistem imunnya yang belum stabil. Pemberian makanan yang mengandung probiotik mampu menjaga mereka dari ancaman serangan berbagai penyakit. Bakteri ini akan memproduksi asam laktat untuk menjaga pH rendah pada saluran pencernaan. Dengan begitu, bakteri dan patogen merugikan bisa dikendalikan.

Anak-anak yang mengonsumsi makanan atau minuman seperti susu dan yoghurt akan lebih terlindungi daripaa yang tidak. Namun, jika anak Anda mengalami intoleran laktose, maka sebaiknya kandungan gizi pada makanan lainnya dijaga agar tetap seimbang.

Leave a reply "Peran Bakteri Lactobacillus Terhadap Pencernaan"