Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

No comment 32 views
Mandi Air Dingin

 

Tak sedikit orang yang mengatakan jika mandi air dingin terutama di pagi hari, dapat menyebabkan masuk angin hingga timbulnya masalah pada tulang. Sayangnya anggapan tersebut tidak terbukti benar. Malah justru sebaliknya, mandi dengan air dingin pada pagi hari memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Nah, bagi Kamu yang masih saja malas untuk mandi pagi, berikut ini beberapa manfaat mandi pagi dengan air dingin yang perlu Kamu ketahui.

1. Meningkatkan Kinerja Jantung

Mandi pagi dengan menggunakan air dingin ternyata memberikan manfaat yang besar pada tubuh Kita. Memang sih, membayangkan mandi pagi hari saja sudah bisa membuat kita merasa menggigil.

Padahal justru sebaliknya. Bila tubuh Kita tersentuh dengan air dingin di pagi hari, akan membuat tubuh memberikan reaksi positif. Meskipun tubuh merasakan dingin, namun secara alami tubuh akan mencari udara hangat dari luar. Hal ini akan justru akan meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh, sehingga akan memberikan kesegaran dan kebugaran. Dengan tubuh yang bugar, akan membuat kinerja jantung menjadi lebih sehat.

Berbeda halnya jika kita mandi malam, justru tubuh akan kehilangan udara hangat dan membuat Kita semakin menggigil. Dan lambat laun, dapat menimbulkan berbagai masalah pada tubuh.

2. Mempercantik Kulit dan Rambut

Kamu ingin mendapatkan perawatan kulit dan rambut secara alami? Nah, mandi pagi dengan air dingin bisa menjadi salah satu cara yang paling mudah dan aman untuk dilakukan. Kegiatan mandi pagi dipercaya dapat membuat kulit semakin kencang. Hal ini dikarenakan dingin yang dirasakan saat pagi akan membuat pori-pori kulit menutup. Dengan kondisi seperti itu, maka kotoran/debu tidak akan dapat masuk/menyumbat pori-pori kulit. Begitu juga dengan rambut Anda, membiasakan diri untuk mandi pagi dengan air dingin juga dapat membuat rambut menjadi dengan sehat, kuat dan terlihat kemilau.

3. Mengurangi Berat Badan

Ada kabar baik nih bagi Anda yang punya masalah dengan berat badan. Ternyata menurut study yang dilakukan oleh Medicaldaily.com, mandi pagi dengan menggunakan air dingin dapat mengurangi berat badan, loh! Jadi di dalam tubuh kita ini terdapat 2 jenis lemak, yakni lemak putih dan lemak coklat.

Lemak putih di dalam putih dihasilkan dari komsumsi kita yang berlebihan. Sedangkan lemak coklat adalah lemak baik yang memiliki peran penting untuk menciptakan panas secara alami pada tubuh kita. Dan lemak coklat inilah yang akan bereaksi pada saat tubuh merasakan kedinginan. Jadi, maka dari itulah agar mendapatkan manfaat tersebut, maka sangat dianjurkan untuk mandi pagi dengan air dingin.

4. Mengatasi Pegal-pegal

Mungkin tubuh Anda pernah mengalami pegal-pegal usai beraktifitas seharian. Nah, daripada Anda mengkonsumsi obat-obatan, mending lakukan cara yang paling mudah dan alami untuk mengatasi masalah pegal-pegal, yakni dengan cara mandi menggunakan air dingin di pagi harinya.

Mandi dengan air dingin, dipercaya sejak lama dapat membuat tubuh menjadi lebih cepat merasakan rileks. Jika sudah begini, maka tubuh akan memulihkan diri sendiri, dan membuat Anda merasa bugar kembali.

5. Mengurangi Stress

Orang yang selalu mandi pagi dengan air dingin biasanya lebih baik dalam mengelola stress-nya, dibanding orang tidak/jarang mandi pagi. Ini dikarenakan aktifitas ini dapat meningkatkan toleransi tubuh terhadap stress. Jadi air dingin, akan mengaktifkan zat antioksidan berupa gluthatione di dalam tubuh. Zat ini berperan penting untuk mengendalikan tubuh dari tekanan ‘stress’. Maka dari itu, Kita sangat dianjurkan untuk mandi pagi dengan menggunakan air dingin.

Leave a reply "Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari"