Cara Membasmi Rayap yang Suka Menggerogoti Buku

No comment 25 views

Cara Membasmi Rayap

Salah satu masalah yang paling umum terjadi bagi pemilik rumah adalah serangan rayap yang tak  terkendali. Rayap termasuk serangga pengerat yang dapat merusak kayu, asbes, hingga buku-buku.

Benda-benda yang telah dimakani oleh rayap biasanya akan rapuh, bolong dan menimbulkan aroma yang tidak sedap pada buku-buku. Maka dari itu, perlu di cari cara membasmi rayap sebelum buku-buku Anda dirumah habis di rusak oleh serangga mungil ini.

Nah bila Anda punya masalah dengan rayap yang merusak buku-buku Anda. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Membuat Jebakan Kardus

Cara yang cukup aman dilakukan dan bebas dari pengaruh kimia adalah dengan membuat jebakan kardus. Seperti yang sudah diketahui, rayap sangat suka menggerogoti buku-buku yang benda-benda lain yang berbahan kertas. Anda bisa memanfaatkan kardus bekas untuk membuat perangkap. Caranya ambil beberapa tumpukan kardus bekas, kemudian dibasahkan dengan air sehingga menjadi sedikit lembab. Lalu tempatkan kardus yang basah tadi ke tempat-tempat yang disinyalir menjadi sarang rayap.

Dalam tempo beberapa hari, rayap-rayap tersebut akan berpindah dari sarangnya ke jebakan kardus bekas yang sudah dipersiapkan. Ini dikarenakan kardus basah mengandung selulosa yang merupakan makanan kesukaan rayap. Setelah rayap-rayap berpindah dan menempati kardus, selanjutnya tinggal diangkat dan dibakar agar rayap-rayap musnah. Cara ini dapat dilakukan berulang-ulang hingga semua rayap musnah dari tempat rumah Anda.

  1. Sinari Buku dengan Matahari

Hal yang mungkin terabaikan oleh Anda adalah kurang perhatiannya terhadap buku-buku yang Anda miliki sehingga terkadang menjadi lembab. Buku-buku yang lembab, akan mengundang datangnya rayap-rayap dan bersarang pada buku-buku yang Anda miliki.

Agar hal ini tidak terjadi pada buku-buku kesayangan Anda. Pastikan untuk menjemur buku-buku yang Anda miliki di bawah sinar matahari sekitar 1 jam, untuk menjaga buku tetap dalam kondisi kering. Hal ini bisa Anda lakukan secara rutin setiap 3 atau 6 bulan sekali. Dan jangan lupa untuk menjemur juga lemarinya, agar terjaga juga kelembapannya.

  1. Gunakan Pendingin Ruangan (AC)

Selain panas, rayap juga tidak tahan dengan suhu dingin. Nah, jika biasanya buku-buku penting Anda letakkan pada suhu ruangan. Anda bisa menempatkan buku-bubu tersebut pada ruangan ber-AC seperti kamar tidur.

Jika buku-buku kesayangan Anda sudah terlanjur terkena serangan rayap. Anda bisa meletakkan buku-buku Anda di freezer. Tentunya sudah dilapisi dahulu dengan plastik agar buku tidak basah. Cara ini dilakukan agar rayap beserta telur-telurnya mati karena kedinginan. Baru setelah itu tinggal dibersihkan saja dan selanjutnya di jemur biar tidak lembab.

  1. Menjauhkan Lemari dari Dinding

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjauhkan lemari dari dinding. Lemari yang menempel pada dinding, dapat menyebabkan dinding menjadi lembab. Nah jika kondisi seperti ini berlangsung lama, maka dapat membuat lemari dihinggapi oleh rayap. Kemudian rayap akan dengan mudah berpindah ke buku-buku kesayangan Anda yang akhirnya akan merusaknya.

  1. Cara Membasi Rayap dengan Bahan Kimia & Alami

Jika semua cara diatas tidak cukup ampuh untuk membasmi rayap. Anda bisa menggunakan bahan kimia atau alami untuk membasminya. Untuk bahan kimia, Anda bisa menggunakan cairan insektisida pembasmi rayap yang banyak beredar luas dipasaran. Atau bila ingin menggunakan bahan alami, bisa menggunakan Asam Borat yang berfungsi untuk mematikan sistem syaraf rayap dan membuatnya kehilangan cairan. Dengan begitu rayap akan mati secara perlahan.

Leave a reply "Cara Membasmi Rayap yang Suka Menggerogoti Buku"