Tips Perawatan Untuk Rambut Kering

No comment 40 views

perawatan rambut kering

Bagi Anda yang mengalami masalah rambut kering, sudah sepatutnya Anda melakukan perawatan rambut kering untuk menjaga agar rambut tetap indah dan sehat. Dan jangan anggap sepele akan hal ini, Ya! Sebab, jika hal tersebut terlambat Anda lakukan, sesuatu hal yang buruk mungkin dapat saja terjadi pada rambut indah Anda. Misalnya rambut akan menjadi mudah patah, bercabang dan sulit untuk ditata.

Rambut yang kering dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun kebanyakan terjadi disebabkan oleh kelembapan rambut yang berkurang. Ada dua hal yang menyebabkan mengapa rambut bisa kehilangan kelembapannya, pertama bagian kulit kepala tidak dapat memproduksi minyak alami. Yang kedua adalah karena faktor bertambahnya usia. Semakin tua seseorang, maka produksi minyak alami rambut akan semakin sedikit, bahkan ada yang sampai tidak lagi keluar. Maka dari itu, baiknya segera dilakukan upaya untuk menyelamatkan rambut dari kekeringan.

Nah, bagi Anda yang tengah mengalami masalah rambut kering. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjaga rambut agar tetap lembab dan sehat.

  1. Mencuci rambut 2 hari sekali.

Mencuci rambut sebenarnya tidak perlu sesering mungkin. Sebab, mencuci rambut terlalu sering justru dapat menyebabkan rambut menjadi cepat kering. Disarankan, apabila rambut Anda normal, mencuci rambut cukup dilakukan sebanyak 2 hari sekali saja. Dengan begitu rambut Anda akan terjaga kelembapan dan kesehatannya. Saat mencuci rambut, baiknya gunakan sampo dan kondisioner secara selang-seling setiap 2 hari sekali.

  1. Produk perawatan rambut yang tepat.

Tidak semua produk perawatan rambut dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut. Untuk kasus rambut kering, produk sampo/ kondisioner yang dipilih sebaiknya yang mengandung pH rendah, seperti pada sampo bayi. Selain itu, untuk produk sampo ataupun kondisioner juga yang harus mengandung minyak alami yang berguna untuk menjaga kelembapan rambut, seperti minyak kelapa, minyak kemiri, zaitun, avokad dan juga minyak argan.

  1. Gunakan masker rambut dari bahan alami.

Selain produk-produk sampo dan kondisioner, perawatan rambut rontok juga dapat dilakukan dengan menggunakan masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami. Masker dapat dibuat, dari campuran telur dan minyak zaitun. Cara mengaplikasikannya, oleskan masker secara merata pada permukaan rambut, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Tak hanya itu saja, mengoleskan minyak kelapa pada malam hari sebelum tidur juga bermanfaat untuk mencegah rambut kering. Caranya, ambil setengah sendok teh minyak kelapa lalu usapkan merata ke mulai dari pertengahan rambut hingga keujung. Lalu selanjutnya disisir, dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu tinggal dibilas dan keringkan dengan handuk.

  1. Potong ujung-ujung rambut secara berkala.

Jangan biarkan bila ada ujung-ujung rambut yang kering dan rusak (bercabang). Sebaiknya langsung di potong saja agar tidak menjalar dan mengurangi keindahan rambut. Anda bisa menggunting sendiri atau datang ke salon, baiknya memotong ujung-ujung rambut dilakukan secara berkala setiap 2 hingga 3 bulan sekali.

  1. Kurangi penggunaan pewarna rambut.

Memang, mewarnai rambut dapat membuat rambut menjadi tampak cantik dan stylist. Namun, kegiatan ini juga ternyata bisa berdampak kurang bagus untuk rambut, jika penggunaannya terlalu sering. Pewarna rambut pada dasarnya mengandung bahan kimia yang cukup keras. Penggunaan yang terlalu sering dapat membuat rambut kehilangan minyak alaminya, dan pada akhirnya membuat rambut menjadi kering dan pecah. Maka dari itu, sebaiknya kurangi penggunaan pewarna rambut bila memang tidak begitu diperlukan.

Leave a reply "Tips Perawatan Untuk Rambut Kering"