Resep Cara Membuat Nasi Goreng Kampung

No comment 98 views
Cara Membuat Nasi Goreng

 

Sarapan nasi goreng sudah menjadi ciri khas orang Indonesia sejak lama. Selain enak dan lezat, cara membuat nasi goreng juga terbilang sangat praktis. Tak membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya, apalagi bahan-bahan untuk membuat nasi goreng juga tidak sulit dan tidak mahal harganya. Jadi wajar saja jika panganan berbahan dasar nasi ini, kerap hadir menemani waktu sarapan dirumah masing-masing.

Saat ini nasi goreng banyak mengalami modifikasi dari penampilan dan juga rasanya. Penambahan rempah yang terlalu berlebihan sehingga memberikan sensasi rasa yang sangat pedas terkadang sulit untuk diterima oleh semua orang. Karena pada dasarnya tidak semua orang menyukai nasi goreng yang terlalu pedas, selain tidak bisa dinikmati cita rasa asli nasi gorengnya, nasi goreng yang terlalu pedas juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan terutama sakit pagi bagian perut. Nah, jika anda tidak terlalu menyukai nasi goreng pedas, mungkin nasi goreng kampung cocok dengan lidah anda.

Mungkin anda sudah sangat akrab dengan istilah nasi goreng kampung. Nasi goreng yang dibuat dengan bumbu yang sederhana ini memang sering disajikan pada saat sarapan. Kalau diingat-ingat, orang-orang tua zaman dulu paling suka membuat menu nasi goreng kampung saat anak-anaknya akan berangkat sekolah. Selain dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga, nasi goreng kampung juga sangat cepat untuk disajikan.

Sesuai dengan namanya, nasi goreng kampung ini menggunakan rempah-rempah yang sederhana dan mudah di dapat. Pada dasarnya, membuat nasi goreng kampung itu tidak seribet membuat nasi goreng seperti yang dijual di resto-resto itu, apalagi nasi goreng yang super pedas yang sedang digemari anak-anak muda masa kini. Kunci utamanya adalah bahan dasar berupa nasi putih yang harus benar-benar pulen saat dimasak. Ini merupakan dasar dari membuat nasi goreng kampung yang enak dan lezat. Untuk menandai apakah bahan nasi yang digunakan benar-benar pulen, dengan cara mengambil sejumput nasi yang sudah disiapkan, lalu cerai-beraikan dengan jemari anda. Jika nasi dapat terpisah dengan sempurna atau tidak menempel satu sama lain, berarti bahan nasi putih yang akan digunakan sudah cukup pulen dan dapat digunakan untuk membuat nasi goreng kampung.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba resep nasi goreng kampung ala rumahan. Berikut kami berikan resep selengkapnya. Silahkan ikuti step by step-nya ya!

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 500 gram nasi yang sudah dimasak pulen
  • 1 bagian paha ayam yang sudah digoreng dan disuwir.
  • Sedikit kol yang sudah diiris kasar (optional)
  • 1 btg daun bawang dan juga seledriĀ  yang diiris tipis
  • 2 btr telur ayam yang sudah dikocok lepas
  • Kecap manis merek apa saja, secukupnya
  • 1 sendok teh garam
  • Bawang goreng untuk taburan diatasnya
  • Margarine untuk menumis.

Bahan Bumbu untuk di tumis:

  • 5 buah cabai merah kriting
  • 3 buah cabai rawit
  • 2 siung bawah putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1 buah terasi yang sudah dibakar
  • Semua bumbu dihaluskan.

Cara Membuat Nasi Goreng Kampung :

  1. Sebagai langkah awal, pastikan semua bumbu sudah dipersiapkan terlebih dahulu.
  2. Panaskan wajan dan ambil 3 sendok makan margarine, lalu tumis semua bumbu halus hingga tercium aroma harum.
  3. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok lepas hingga matang, lalu tuangkan nasi putih, kecap manis, dan garam sesuai dengan takaran. Lalu aduk merata, agar kecap dan bumbu tercampur rata pada nasi.
  4. Selanjutnya, masukkan kol, ayam yang sudah di suwir, daun bawang dan daun seledri, lalu aduk merata hingga nasi goreng matang.
  5. Matikan api, lalu angkat dan sajikan. Sebagai pelengkapnya dapat disajikan dengan telor ceplok, bawang goreng, timun dan juga tomat yang diiris.

Leave a reply "Resep Cara Membuat Nasi Goreng Kampung"