Peluang Karir untuk yang Memilih Jurusan Bimbingan Konselor

Jurusan Bimbingan Konselor

Tidak dapat dipungkiri jika jurusan bimbingan konselor (BK) ini memang kurang diminati dikalangan anak yang ingin melanjutkan kuliah di jenjang perguruan tinggi. Ini mungkin dikarenakan banyaknya anggapan yang beredar di masyarakat kita jika, lulusan dari jurusan bimbingan konselor itu tidak memiliki peluang karir yang luas (masa depan yang baik), sehingga minat anak untuk kuliah di jurusan ini juga tidak begitu banyak dibanding jurusan lainnya seperti ekonomi, psikologi, ataupun jurusan perbankan Syariah.

Belum lagi ditambah dari doktrin-doktrin yang mengatakan bahwa lulusan ini kedepannya hanya akan mengurusi persoalan anak-anak nakal saja, anak-anak yang bersalah di sekolah-sekolah atau sering dianggap sebagai polisi sekolah. Sehingga menambah minim ketertarikan anak untuk melanjutkan studinya pada jurusan BK.

Nah, jika Anda berfikiran seperti itu, berarti Anda juga telah salah menilai akan masa depan lulusan jurusan BK ini. Di era globalisasi dan perkembangan di dunia pendidikan seperti sekarang ini, justru bimbingan konselor memiliki peluar karir yang cukup bagus kedepannya. Nah, biar Kamu tidak menduga-menduga dan termakan doktrin yang cenderung menyesatkan, berikut beberapa peluang karir yang bisa Kamu masukin.

  1. Bisa Tetap Kerja Walau Masih Berstatus Kuliah

Sekarang coba kita pikirkan, berapa banyak guru BK yang ada di sekolah-sekolah saat ini? Ketersedian guru BK dengan kebutuhan sekolah jelas berbanding terbalik. Banyaknya permintaan guru BK di sekolah-sekolah seperti di SMP dan SMA, sangat tidak sebanding dengan lulusan BK yang ada. Sehingga sering kali, mahasiswa tingkat akhir jurusan BK di rekrut untuk bekerja sebagai Guru BK di sekolah. Nah, artinya apa? Belum lulus saja, lulusan BK sudah sangat dicari, konon jika sudah lulus!

  1. Peluang Lulus PNS Sangat Besar

Ada untungnya bagi mereka yang memilih jurusan BK, sebab menurut data dari ketua umum ABKIN, Prof. Mungin Eddy Wibowo; saat ini Indonesia membutuhkan 129.000 lebih konselor, namun yang tersedia dilapangan justru hanya sekitar 33.000 konselor saja. Dari sini dapat dinilai, jika kebutuhan guru BK masih belum terjangkau. Apalagi di tingkat SMP dan SMA, paling tidak dibutuhkan 2 – 3 guru BK untuk mengampu setiap 150-250 siswa. Jadi peluangnya masih sangat dibutuhkan, bukan!

Dalam hal penerimaan CPNS, saat ini Indonesia membutuhkan sekitar 100.00 guru konselor untuk mendampingi 19 juta jumlah siswa sekolah di SMP dan SMA. Setiap tahunnya ada kuota 2,5% atau sekitar 2500 PNS baru yang diangkat dari jurusan BK ini. Sedangkan fakta dilapangan, jumlah tersebut belum memenuhi jumlah lulusan BK yang mendaftar CPNS. Tentu ini menjadi peluang yang sangat bagus bagi Kamu, mengingat dengan kuota penerimaan yang besar seperti itu sementara lulusan guru BK yang sedikit, maka peluang lulus CPNS juga akan semakin besar. Jadi, apa masih tidak tertarik untuk mengambil jurusan BK ini?

Namun untuk mencapai itu semua, Kamu juga tidak boleh sembarangan memilih kampus Ya! Sebab pemilihan kampus yang tepat, juga turut menentukan karir kamu di masa depan, loh! Nah, kalau Kamu ingin kuliah di jurusan bimbingan konselor, Ma’soem University merupakan kampus yang tepat untuk kamu menimba ilmu konselor. Di kampus ini Kamu akan dipersiapkan betul untuk menjadi lulusan terbaik sehingga mampu bersaing di dunia kerja.

Jurusan Bimbingan Konselor

Sekedar informasi saja, berikut biaya kuliah Jurusan Bimbingan Konselor yang dikutip dari laman resmi Ma’soem University:

Kelas Reguler S1 BK 

  • Semester 1: Rp. 4.300.000
  • Semester 2: Rp. 3.900.000

Kelas Reguler Sore/ Karyawan S1 BK 

  • Semester 1: Rp. 4.650.000
  • Semester 2: Rp. 4.250.000

Mau dapat diskon biaya kuliah hingga 30% ? Silahkan langsung saja mendaftar pada waktu-waktu berikut ini:

  • Gel 1 : 30% (Maksimal Mendaftar sampai 26 Mei 2019)
  • Gel 2 : 10% (Maksimal Mendaftar sampai 4 Agustus 2019)

Untuk lebih jelasnya silahkan langsung saja datang ke Ma’soem University yang beralamat di Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat, atau telepon di nomor (022) 7798340.

Leave a reply "Peluang Karir untuk yang Memilih Jurusan Bimbingan Konselor"