Kebutuhan Bayi Baru Lahir Yang Perlu Dipersiapkan

No comment 22 views
Kebutuhan Bayi Baru Lahir

 

Mendekati masa-masa persalinan, berarti sudah waktunya bunda direpotkan dengan berbelanja kebutuhan bayi baru lahir. Hal ini penting ya bunda! Agar nanti ketika si kecil lahir, semua keperluannya sudah tersedia di rumah. Dan bunda pun bisa fokus untuk merawat si kecil dengan baik.

Berbicara tentang kebutuhan bayi yang baru lahir, sebenarnya bunda sudah bisa mempersiapkan segala sesuatunya sejak memasuki trimester ketiga kehamilan. Karena pada saat itu, tubuh bunda lebih bisa diandalkan untuk pergi berbelanja keperluan bayi di baby shop. Namun jika sudah memasuki trimester keempat, tubuh menjadi lebih lemah (mudah capek), sehingga akan sangat menyulitkan untuk bunda bergerak kesana kemari membeli aneka perlengkapan bayi.

Nah, sekarang sudah tahukah bunda apa saja perlengkapan bayi yang perlu dipersiapkan? Jika ini adalah kehamilan pertama bunda, berikut ini beberapa keperluan bayi yang baru lahir yang perlu bunda persiapkan.

1. Pakaian bayi

Hal pertama yang harus bunda persiapkan menjelang kelahiran si kecil adalah dengan membeli pakaian bayi dan printilan. Pakaian yang perlu dipersiapkan disini adalah pakaian tidur. Untuk pakaian tidur bayi, bunda membutuhkan setidaknya 2 lusin pakaian (baju dan celana) untuk si kecil. Atau untuk lebih praktisnya, bunda bisa juga membeli pakaian model jumpsuit, dimana baju dan celananya menyatu. Selain itu, jangan lupa juga untuk mempersiap selimut, baju tidur (sleepsuit), kaus dalam, kaus kaki bayi dan juga sarung tangan bayi.

2. Popok dan printilannya

Hal selanjutnya yang mesti bunda persiapan popok dan aneka printilannya. Disini bunda dapat memilih ingin menggunakan popok jenis apa untuk si kecil. Apakah bunda ingin memberikan popok kain? Atau yang lebih praktisnya cukup menggunakan popok sekali pakai (pospak) saja. Nah, jika bunda sudah memutuskan untuk memberikan popok kain, sangat disarankan untuk menggunakan cloth diapers. Sebab, selain lebih stylish, menggunakan clodi juga bisa menghemat pengeluaran karena dapat dicuci ulang, dan juga bisa digunakan hingga anak memiliki berat tubuh 15 kg.

Akan tetapi jika bunda lebih memilih menggunakan pospak, maka sebaiknya persiapkan dana yang ekstra ya, sebab seperti yang sudah bunda ketahui, bahwa harga pospak (newborn) juga tidak ramah dikantong.

3. Perlengkapan mandi

Jangan lupa juga untuk memasukkan perlengkapan mandi ke dalam daftar belanjaan bunda, Ya! Hal ini sangat penting agar tubuh bayi terjaga kesehatan dan kebersihannya. Adapun perlengkapan mandi bayi yang diperlukan antara lain, bak mandi bayi, handuk, perlak, waslap, sampo, sabun, dan sebagainya.

Untuk bayi yang baru lahir yang belum pupus tali pusarnya, biasanya memandikan bayi diserahkan kepada perawat bayi. Namun jika tali pusar sudah pupus, bunda dapat memandikan bayi bunda sendiri. Yang perlu bunda perhatikan adalah, pastikan air yang digunakan untuk memandikan si kecil sudah hangat (suam-suam) kuku, agar tidak menyakiti kulit bayi bunda.

4. Perlengkapan menyusui

Perlengkapan menyusui juga perlu bunda persiapkan sejak trimester ketiga kehamilan. Khusus bunda yang bekerja, pompa asi (breastpump) sudah semestinya dipersiapkan. Sebab, bila bunda sudah kembali bekerja, dan ingin tetap memberikan asi eksklusif untuk si kecil. Maka bunda harus menyiapkan banyak stok ASIP (Asi peras) di rumah. Sehingga bayi bunda tetap mendapatkan ASI meskipun bunda sedang sibuk bekerja.

Selain itu, hal lainnya yang perlu bunda persiapkan adalah bantal menyusui, botol/ kantong ASI, breastpad, pakaian menyusui untuk bunda, pencuci botol (food grade), dan sebagainya.

Leave a reply "Kebutuhan Bayi Baru Lahir Yang Perlu Dipersiapkan"