Tarif Transportasi Mempengaruhi Operasi Perusahaan Logistik Indonesia

Perusahaan Logistik Indonesia SERA

 

Perusahaan logistik sangat bergantung pada kelancaran transportasi supaya dapat beroperasi. Hal tersebut karena memang berkaitan dengan tujuan utama sebuah operasi logistik, yaitu untuk mendistribusikan barang dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Terlebih di negara seperti Indonesia, yang tidak hanya memerlukan operasi darat, tetapi juga laut dan udara untuk mengantar barang antar pulau. Bisa dibilang, ketika transportasi mengalami kemacetan, hal tersebut akan berakibat fatal pada perusahaan logistik dan keadaan ekonomi suatu wilayah.

Tarif Transportasi yang Mahal Memengaruhi Mahalnya Biaya Logistik

Ada efek domino yang terjadi ketika tarif transportasi mengalami kenaikan maupun penurunan. Efek tersebut dapat dirasakan mulai dari perusahaan logistik yang bersangkutan, klien, hingga orang-orang yang memiliki hubungan atau kepentingan dengan klien, beserta kesejahteraan ekonomi di suatu wilayah. Namun, bagaimana hal itu bisa terjadi?

Hal tersebut karena perusahaan logistik sangat bergantung pada kelancaran transportasi yang dijalankan. Contoh mudahnya, transportasi seperti truck melewati jalan tol yang sudah pasti dikenakan tarif untuk melewatinya. Tarif tol tersebut menjadi salah satu biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan logistik. Sehingga, ketika tarif tol naik dengan drastis, perusahaan juga mau tidak mau harus menaikkan biaya operasional untuk menambal lubang tersebut.

Ketika biaya logistik menjadi mahal, barang yang harganya murah di tempat asal, menjadi jauh lebih mahal jika dijual kembali di sebuah wilayah. Apabila masyarakat sangat membutuhkan barang tersebut, mereka pun akan terpaksa membelinya dengan harga mahal tersebut, dan uang yang seharusnya bisa digunakan untuk hal lain akan habis dalam sekali pembelian.

Anda bisa melihat contohnya dari beberapa kasus yang akhir-akhir ini terjadi. Ketika sejumlah maskapai mengalami kenaikan tarif, banyak perusahaan logistik yang mengalami penurunan performa. Beberapa mengurangi karyawan yang dimiliki, tetapi yang tidak sanggup dengan mahalnya biaya kargo penerbangan, sampai harus gulung tikar karena mengalami kerugian yang tinggi.

Padahal, perusahaan-perusahaan logistik sangat dibutuhkan untuk pemerataan ekonomi masyarakat. Sehingga ketika banyak yang gulung tikar, banyak pula pelaku bisnis yang dirugikan. Bahkan kondisi krusial seperti suplay pangan pun bisa saja terputus, mengakibatkan kurangnya sumber daya pangan, dan menimbulkan isu sosial yang serius.

Masih Ada Perusahaan Logistik yang Menawarkan Pelayanan Profesional untuk Masyarakat

Namun, masalah tarif transportasi tersebut bisa diatasi apabila sebuah perusahaan memiliki manajemen yang baik dan perencanaan ke depan yang matang. Hal tersebut memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa dijalani. Inilah mengapa, sejumlah perusahaan logistik dengan pembiayaan baik dan memiliki klien cukup tinggi, mampu bertahan dalam persaingan yang ketat dan terpaan masalah yang berkaitan dengan pembiayaan transportasi ini.

Hal tersebut juga menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk selalu mengontrol jalannya transportasi. Misalnya, seperti menetapkan tarif jalan bebas hambatan yang tidak mahal, mengontrol pungli-pungli yang biasanya selalu menjadi masalah bagi driver logistik, dan lain sebagainya.

Salah satu perusahaan logistik yang cukup bertahan lama dari berbagai masalah transportasi di Indonesia adalah SERA di bawah naungan ASTREA. SERA merupakan perusahaan transportasi dan logistik di Indonesia yang sudah cukup lama bergerak dalam bidang ini. SERA memiliki brand SELOG yang dikhususkan untuk keperluan logistik. Beberapa layanan SELOG yang akan membantu Anda dalam melakukan aktivitas logistik adalah adanya contract logistics bagi pelanggan supaya dapat fokus dalam kompetensi berbisnis. Tidak hanya contract logistic dalam negeri, tetapi juga melayani ekspor dan import dengan kendaraan roda empat. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin melebarkan sayap hingga ke pasar internasional.

Leave a reply "Tarif Transportasi Mempengaruhi Operasi Perusahaan Logistik Indonesia"