Mengenal Macam Penyakit di Masa Kanak-Kanak (Salah Satunya adalah Batuk)

Anak-anak memang sangat rentan terhadap berbagai serangan virus/bakteri penyebab sakit. Bahkan penularannya bisa sangat cepat. Apabila, salah satu anggota keluarga saja mengalami sakit yang diakibatkan oleh virus, seperti flu atau batuk. Dalam rentang waktu yang sangat singkat, anak-anak dapat terjangkiti oleh virus yang sama, sehingga ia pun mengalami flu/batuk. Apabila serangan batuk terjadi pada anak Anda, maka perlu dilakukan upaya tepat dengan mencari cara mengobati batuk pada anak, sehingga tidak semakin meluas dan menyerang anggota keluarga yang lainnya.

cara mengobati batuk pada anak

 

Nah, bicara soal penyakit pada masa kanak-kanak, sebenarnya batuk bukan salah satu penyakit yang sering menyerang anak-anak. Banyak penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi virus/bakteri, dan mungkin Anda sendiri pernah mengalaminya di masa kanak-kanak. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa macam penyakit yang sering terjadi pada masa kanak-kanak:

  1. Infeksi Radang Tenggorokan

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Steptococcus b. ini memang biasanya menyerang anak-anak. Radang tenggorokan dapat menjadi tanda awal terjadinya flu pada anak. Namun terkadang bisa juga menjadi penyakit tersendiri yang disebut radang tenggorokan (amandel membengkak). Sebagai tanda awal biasanya tenggorokan anak membengkak (mulut terasa penuh) disertai dengan rasa nyeri saat menelan makanan. Jika kondisinya berlangsung lebih dari 4 hari, biasanya akan disertai dengan demam dan timbul bintik-bintik merah (bernanah) di belakang langit-langit mulut.

  1. Batuk

Meskipun bukan termasuk penyakit yang berbahaya, namun batuk pada anak-anak memang sangat mengganggu kenyamanan tidur dan aktifitasnya sehari-hari. Nah, jika penyakit batuk ini terjadi pada anak Anda, cara mengobati batuk pada anak cukup mudah. Disamping memberikan obat sesuai anjuran dokter, berikan anak Anda makanan yang sehat dan buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C nya seperti jeruk. Serta perbanyak minum air putih dan cukup istirahat, dengan begitu dapat mempercepat proses penyembuhannya.

  1. Rhinitis alergi

Penyakit berikutnya yang sering menyerang di masa kanak-kanak adalah alergi (peradangan hidung). Pemicunya bisa banyak hal seperti serbuk sari, bulu-bulu hewan peliharaan, jamur serta debu. Anak yang mengalami penyakit Rhinitis, biasanya akan mengalami hidung meler yang disertai dengan bersin-bersin. Tak hanya itu, hidungnya tersumbat, sakit tenggorakan, mata berair serta gatal. Jika kondisi alergi berlangsung lama, akan menimbulkan sakit kepada dan nyeri disekitaran wajah.

  1. Cacar Air

Hampir setiap anak pernah mengalami cacar air sekali seumur hidupnya, dan kalau pun di masa kanak-kanak tidak pernah mengalami cacar air, maka cacar juga bisa terjadi saat ia berusia dewasa. Penyakit cacar disebabkan oleh virus herpes. Tanda-tandanya, muncul bintik merah pada tubuh yang akan berubah menjadi benjolan-benjolan bening berisi air, serta terasa gatal hampir seluruh bagian tubuh. Untuk penanganannya, biasanya diberikan vaksin cacar, dan pemberian krim topikal untuk mengurangi rasa gatal air cacar. Dan karena penyakit ini menular, sebaiknya Anda mengkarantina sementara waktu anak Anda dirumah sampai ia benar-benar sembuh, agar tidak menular ke teman-temannya.

Leave a reply "Mengenal Macam Penyakit di Masa Kanak-Kanak (Salah Satunya adalah Batuk)"