Mengintip 3 Tahap Perkembangan Bayi Sejak 2 Bulan Hingga 5 Bulan

pertumbuhan dan perkembangan bayi

 

Memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi kegiatan yang seru bagi para orangtua karena bisa setiap hari mendapatkan kejutan. Pada masa tumbuh kembangnya bayi akan melakukan berbagai gerak refleks yang menunjukan jika sistem syarafnya berkembang dengan baik. Rata-rata bayi mulai menunjukan kemampuan geraknya setelah menginjak usia 2 bulan, beberapa bisa lebih cepat ataupun sebaliknya. Jadi, tidak perlu gusar manakala buah hati Anda terkesan lambat dalam berkembang dibandingkan dengan teman sebayanya yang kebetulan berada di satu kompleks tempat tinggal.

Melirik Tahap Perkembangan Gerak Bayi

Sejak menginjak usia 2 bulan si kecil akan menunjukan berbagai perkembangan dari gerak tubuhnya, berikut perkembangan dari usia 2 hingga sekitar 5 bulan yang umum terjadi:

1. Tengkurap di usia 3 bulanan,

Setiap bayi memiliki tahapan perkembangan bayi yang berbeda-beda hanya saja secara umum ketika masuk ke usia 3 bulan. Maka bayi biasanya sudah mulai belajar tengkurap diawali dengan kemampuan tubuhnya untuk dimiringkan ke kanan ataupun ke kiri. Pada awal belajar tengkurap kadang bayi akan demam.

2. Mulai mengangkat kepala sejak usia 4 bulan,

Sejak usia 2 bulan biasanya bayi sudah mulai memiliki kemampuan untuk mengontrol gerakan di leher. Setelah memasuki usia 3-4 bulan maka bayi kemudian bisa menegakkan kepalanya dengan baik dan akan berusaha ditegakkan sepanjang hari. Ibu sudah bisa mencoba membiarkan si kecil yang sudah mampu tengkurap sendiri tetap pada posisinya. Maka akan terlihat kepala si kecil mulai mendongak tegak, biasanya akan ikut melatih indra penglihatannya.

3. Sudah memekik gembira di usia 5 bulan,

Memasuki usia 5 bulan biasanya si kecil sudah mulai aktif menggapai benda di sekitarnya, maka musti teliti menaruh apapun di dekatnya. Kemampuan ini ikut mengembangkan kemampuan si kecil untuk mengekspresikan kegembiraan yang dirasakan. Biasanya anak akan memekik gembira dan mengeluarkan suara tanda senang yang cukup tinggi, dan hal ini lumrah. Sebab ketika sanggup menggapai benda yang menarik perhatiannya maka memberi pengalaman baru pada si kecil juga.

Leave a reply "Mengintip 3 Tahap Perkembangan Bayi Sejak 2 Bulan Hingga 5 Bulan"