Perkembangan Janin Saat Hamil 5 Bulan

No comment 2741 views
Hamil 5 Bulan

 

Saat usia hamil 5 bulan, janin yang  berada didalam perut ibu hamil mengalami perkembangan yang sangat signifikan dibandingkan dengan usia kehamilan sebelum-sebelumnya. Pada tahap ini janin sudah berkembang dengan pesat sehingga memungkinkan janin untuk lebih mengenali lingkungan yang ada disekitarnya dari sebelumnya tidak mengetahui sama sekali yang mana hal ini dikarenakan adanya sistem organ tubuh yang sudah mulai berkembang, terbentuk dan juga berfungsi.

Pada tahap ini janin sudah bisa merasakan beberapa rangsangan yang berada disekitarnya. Selain itu, janin juga sudah bisa merasakan berbagai sensasi-sensasi yang ada disekitarnya sehingga pada tahap ini mungkin beberapa gejala-gejala kehamilan tetap masih muncul namun tentunya semakin jarang beda halnya dengan tahap kehamilan sebelumnya untuk meminimalisirnya ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi dan vitamin yang tercukupi.

Pada usia kehamilan 5 bulan terdapat beberapa perkembangan lain yang akan terjadi pada janin didalam rahim yang sebernarnya perkembangan disini hanyalah sebagai pematangan menuju sempurna namun bukan berarti juga sudah sempurna. Ibu hamil bisa mengetahui perkembangan janin melalui USG atau bisa juga dengan menyimak ulasan berikut ini.

Inilah Beberapa Perkembangan Janin Saat Kehamilan 5 Bulan

Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan janin yang ada didalam rahim merupakan saah satu hal yang sangat penting untuk diketahui maka dari itu sebagai calon orang tua yang bijak, anda perlu memantau terus perkembangan janin yag ada didalam dari tahap ke tahap karena tentunya setiap tahap kehamilan perkembanganya akan berbeda seperti halnya dengan tahap perkembangan janin saat kehamilan 5 bulan berikut ini :

  1. Saat kehamilan 5 bulan sistem jaringan kulit halus yang akan menutupi organ dalam janin sudah mulai terbentuk yang mana jaringan kulit yang terbentuk ini terbagi menjadi 2 lapisan yaitu kulit bagian luar dan bagian dalam.
  2. Janin sudah mulai lebih banyak meminum air ketuban dibandingkan dengan tahap perkembangan sebelumnya.
  3. Wajah dari janin sudah mulai terbentuk sehingga pada saat melakukan USG anda bisa mengetahui apakah wajahnya mirip anda atau ayahnya.
  4. Janin sudah lebih sering merengggangkan ototnya dibandingkan dengan usia kehamilan sebelumnya.
  5. Semua sistem indera sudah mulai berfungsi dengan sempurna terutama untuk sistem indera penglihatan yang sudah semakin berkembang dan berfungsi dibandingkan sebelumnya.
  6. Kulit janin bagian luar sudah mulai bisa merasakan sentuhan atau rangsangan hal ini dikarenakan kulitnya masih terlihat tipis.
  7. Pada tahap ini janin sudah memiliki perlindungan tubuh berupa vernix caseoda yang mana perlindungan ini merupakan sebuah cairan yang dikeluarkan oleh janin guna melindungi kulit bagian luarnya yag tips dan halus dan juga sebagai menjaga temperatur tubuhnya agar selalu sama dengan sang ibu.
  8. Sistem imunitas tubuh sudah mulai terbentuk dan berfungsi untuk melindungi dirinya untuk menghadang segala bentuk infeksi dan virus.
  9. Lemak sudah mulai terbentuk yang mana lemak ini berguna untuk menyeimbangkan suhu tubuhnya di dalam rahim. Kelenjar lemak pada tahap ini sebenarnya belum terlalu terbentuk sempurna namun sering berkembangnya usia kehamilan tentunya akan semakin berkembang.
  10. Janin sudah mulai aktif bergerak dibandingkan dengan usia kehamilan sebelumnya.
  11. Kebutuhan akan darah semakin meningkat sehingga tidak heran pada tahap ini ibu hamil sering mengalami anemia.
  12. Organ ginjal sudah terbentuk dan berfungsi sehingga janin bisa menghasilkan air seni.

Nah, itulah beberapa perkembangan janin saat usia kehamilan 5 bulan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan untuk anda para ibu hamil yang sekarang kehamilan sudah memasuki usia 5 bulan.

Leave a reply "Perkembangan Janin Saat Hamil 5 Bulan"