Waspadai 7 Hal Ini Ketika Memasuki Kehamilan 7 Bulan

No comment 1516 views

Tak dapat dipungkiri, saat memasuki usia kehamilan 7 bulan, rasa was-was atau deg-degan kerap menghampiri Ibu hamil. Bagaimana tidak, menurut kepercayaan orang tua ‘zaman dulu’ ketika kehamilan sudah di trimester ketiga, biasanya mulai berlaku mitos-mitos soal kehamilan. Dari yang paling aneh, hingga hal-hal menyeramkan terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Sejak saat itulah, tradisi 7 bulanan (nujuh bulanan) biasa digelar, tujuannya untuk mendoakan agar Ibu dan bayi dapat sehat sampai hari H -nya tiba.

Lantas, apakah mitos-mitos kehamilan 7 bulan seperti itu bisa dipercayai atau tidak? Nah, terlepas dari benar atau tidaknya, alangkah baiknya Bunda mengetahui beberapa hal yang harus diwaspadai tatkala kehamilan sudah memasuki usia 7 bulan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hati-hati berjalan

Di usia kehamilan 7 bulan (trimester ketiga), seharusnya berat janin sudah semakin bertambah. Pertambahan ini, juga berpengaruh pada berat badan Ibu. Sehingga saat badan semakin bertambah berat, maka keseimbangan badan pun bisa turut terganggung tatkala Bunda melakukan aktifitas. Misalnya, saat berjalan kaki atau saat mengerjakan pekerjaan rumah. Maka dari itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Bunda mulai berhati-hati ketika melangkah agar tidak terjatuh dan mencederai kandungan.

  1. Pre-eklampsia

Ini merupakan salah satu sindrom yang biasa terjadi pada saat kehamilan memasuki usia 7 bulan, walaupun terkadang di usia kehamilan 20 minggu sindrom ini bisa terjadi. Sindrom Pre-eklampsia ditandai dengan peningkatan tekanan darah dan pembengkakan pada tungkai kaki akibat kadar protein yang meningkat. Gejala awalnya sering ditandai dengan sakit kepada pada bagian dahi, nyeri dibagian perut dan dada, penurunan kemampuan penglihatan, mual, hingga kesulitan bernafas (sesak).

  1. Kadar gula darah meningkat

Peningkatan kadar gula darah saat kehamilan memasuki usia 7 bulan memang jarang terjadi. Namun meskipun begitu, ada baiknya Bunda tetap waspada terhadap serangan penyakit yang cukup mengkhawatirkan ini. Untuk itu, Bunda dapat mencegahnya sedari dini dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Dan jangan lupa untuk selalu rutin berolahraga, agar gula darah tidak menumpuk di tubuh sehingga Bunda dapat terbebas dari resiko diabetes.

  1. Kelahiran prematur

Tidak sedikit dari Bunda yang khawatir akan melahirkan secara prematur. Kondisi seperti ini memang perlu diwaspadai, mengingat kelahiran prematur dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Hal ini bisa didorong oleh berbagai sebab, diantaranya karena kondisi janin yang kurang sehata atau bisa jadi karena faktor lingkungan. Maka dari itu, sebisanya untuk meminimalisirkan kemungkinan terjadi kelahiran prematur. Yakni dengan secara rutin berkonsultasi pada dokter kandungan Anda. Sehingga perkembangan janin dapat terkontrol dengan baik.

  1. Kelebihan berat badan

Hampir semua wanita masih memperhatikan bentuk dan berat badannya meskipun sedang hamil. Nah, biasanya saat memasuki usia kehamilan 7 bulan, tubuh akan semakin bertambah berat mengikuti berat kandungan. Ini merupakan suatu hal yang wajar, mengingat pada saat hamil, badan memang membutuhkan banyak asupan makanan yang bergizi. Sehingga gizi yang dimasukkan sepenuhnya diserap oleh tubuh dan juga janin. Maka dari itu, untuk mengontrol berat badan saat memasuki usia kehamilan 7 bulan, sebaiknya kurangi mengkonsumsi karbohidrat. Perbanyaklah makan sayur dan buah yang gizinya dapat dengan mudah diserap oleh tubuh.

Leave a reply "Waspadai 7 Hal Ini Ketika Memasuki Kehamilan 7 Bulan"