Apa Saja Perkembangan Bayi Baru Lahir 2 Minggu?

No comment 201 views
Perkembangan Bayi Baru Lahir 2 Minggu

 

Mengamati perkembangan bayi baru lahir 2 minggu memang sungguh mengasikkan. Meskipun tubuhnya belum bisa berbuat banyak hal, namun ada saja hal-hal baru yang dipelajarinya secara alamiah. Bagi orang tua, tentu melihat perkembangan bayinya yang baru menginjak usia 2 minggu ini memiliki kesan yang sangat luar biasa, bahkan sering kali orang tua akan senyum-senyum sendiri melihat perilaku si kecil.

Lantas apa sajakah yang bisa dilakukan saat bayi berusia 2 minggu? Berikut ulasan selengkapnya.

  1. Gerakan Refleks

Bayi yang sudah berusia 2 minggu sudah mampu melakukan gerakan secara refleks. Gerakan tersebut dinamakan refleks Moro. Moro adalah gerakan refleks yang berupa kejutan yang dapat membuat bayi secara otomatis meringkukkan badannya atau meregangkan tangan serta kakinya. Bahkan Akibat refleks Moro ini, terkadang bayi akan menangis secara tiba-tiba dengan suara yang keras. Hal ini biasa terjadi saat bayi sedang tertidur.

Selain itu, refleks lain yang biasa dialami saat bayi beranjak usia 2 minggu adalah refleks Babinski. Refleks ini akan membuat jari-jari kaki bayi khususnya bagian jempol mengarah kebelakang sedangkan jari-jari lainnya meregang. Hal ini bisa dilihat saat bayi sedang bersentuhan dengan dengan permukaan yang padat atau keras (bak mandi bayi, dan sebagainya).

  1. Mengecap dan mencium

Pada dasarnya, sejak lahir bayi sudah memiliki rasa peka terhadap indra perasanya. Bahkan, kepekaannya terhadap rasa jauh lebih baik dibandingkan dengan orang dewasa. Namun kepekaan ini masih terbatas untuk mengecap rasa manis saja, sedangkan untuk rasa asin baru akan dirasanya dengan sempurna saat ia berusia 5 tahun.

Sedangkan untuk indra penciumannya, sebenarnya bayi sudah mampu mendeteksi bau dengan baik sejak ia dilahirkan ke dunia. Dan hal pertama yang diingatnya adalah bau tubuh orang tuanya sendiri. Sehingga terkadang ada bayi yang tidak mau digendong (menangis) saat orang lain menggendongnya.

Hal lain yang dapat dilakukannya dengan indra penciumannya adalah ia secara sponstan akan memalingkan kepala saat mencium sesuatu yang tidak sedap, misalnya bau popoknya sendiri. Dan yang lebih menakjubkannya lagi, bayi yang baru lahir usia 2 minggu mampu mengenali Ibunya dengan baik lewat bau ASI. Sehingga saat bayi haus/lapar ia akan mendekatkan diri ke Payudara Ibunya berkat kemampuan mengenali bau ASI yang dimilikinya itu.

Nah, namun hal yang perlu Bunda perhatikan adalah pada dasarnya semua bayi itu adalah unik. Kemampuan yang dimiliki oleh setiap bayi itu berbeda-beda, walaupun pada tahap usia yang sama. Jika bayi anak tidak mampu melakukan semuanya sekarang, mungkin ‘Nanti’ ia dapat melakukannya. Yang terpenting orang tua harus peka terhadap perkembangan anaknya. Dan jangan segan-segan untuk berkonsultasi ke dokter ahli jika memang diperlukan.

Leave a reply "Apa Saja Perkembangan Bayi Baru Lahir 2 Minggu?"