Berita Perbankan Terlengkap Tentang Perbedaan BPR dan Bank Umum

Banyak berita perbankan terlengkapnamun apakah Anda mengetahui perbedaan antar BPR serta bank umum? BPR sudah sering kita temukan di kota kecil, bahkan hingga di pelosok kecamatan, sedangkan untuk di kota besar, popularitas dari BPR ini masih kalah jauh dibandingkan dengan bank umum. Di tengah gempuran berbagai layanan transaksi secara digital, peran bank masih signifikan untuk kehidupan masyarakat. Walaupun data menunjukkan baru 40% masyarakat yang memiliki rekening bank. hadirnya BPR memang sejak awal lebih difokuskan untuk masyarakat daerah terpencil karena belum terjangkau bank umum.

berita perbankan terlengkap

Ada beberapa perbedaan antara BPR dan bank umum. Contohnya seperti syarat permodalan BPR yang jauh lebih kecil. Di sisi permodalan, terdapat perbedaan mencolok antara BPR dan bank umum. Untuk bank umum konvensional, ketika pertama kali didirikan harus memiliki modal paling tidak Rp 3 trilyun, sedangkan untuk syariah minimal Rp 1 trilyun. Pada BPR, modal dibagi menjadi beberapa zona, minimal Rp 4 miliar.

Kedua, BPR memiliki layanan yang terbatas. Fokus hadirnya BPR ini ialah untuk melayani nasabah dengan layanan perbankan sederhana, sehingga terbatas tidak lengkap seperti bank umum. Contohnya ketika buka tabungan, ada juga kredit dengan pembatasan plafon dan yang lainnya. sedangkan untuk bank umum sudah sangat kompleks seperti valas, giro hingga asuransi. BPR juga biasanya melayani kebutuhan nasabah dalam hal simpanan deposito berjangka, tabungan hingga bentuk yang lainnya, BPR juga melayani kredit pembiayaan serta penempatan dana.

Memang, di beberapa sisi, BPR serta bank umum memiliki banyak perbedaan, tetapi dibalik perbedaan tersebut dua jenis bank ini mempunyai beberapa persamaan seperti kesamaan larangan, larangan dua jenis bank ini adalah melakukan penyertaan bank, selain itu BPR dan bank umum juga memiliki tujuan yang sama yakni menghimpun dana masyarakat dengan bentuk simpanan. Simpanan ini akan memberi imbal balik berupa bunga yang diberi oleh bank, bank juga mengelola simpanan dengan menyalurkan pada masyarakat dan memberi bunga kredit. Jadi, jelas bukan perbedaannya? Bila Anda ingin mencari tahu berita perbankan terlengkap, Anda bisa mengunjungi Infobank.

  1. author

    lia djabir11 months ago

    aku belum pernah transaksi di bpr. thanks infonya.

    Reply
  2. author

    Beautyasti111 months ago

    Aku masih ga mudenk sih mba, jadi BPR ini bukan bank, tapi juga bukan koperasi gitu ya mba? Tapi bisa menabung dan mengambil uang seperti bank bca gitu kah? Bisa simpan pinjam? Hehehe

    Reply

Leave a reply "Berita Perbankan Terlengkap Tentang Perbedaan BPR dan Bank Umum"