Pentingnya Persiapan Sebelum Berangkat Umroh

No comment 290 views

Pentingnya Persiapan Umroh
Umroh merupakan sebuah pelaksanaan Ibadah sunnah yang sangat penting bagi umat Islam sebelum berhaji. Berbeda dengan haji yang hanya boleh dilakukan pada awal bulan Syawal hingga 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, Umroh dapat dilakukan kapan saja kecuali pada hari Arafah yakni tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah dan hari-hari Tasyrik yaitu tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijjah.

Perjalanan Umroh menuju ke Tanah suci biasanya dilakukan secara rombongan melalui jasa Travel (biro perjalanan Umroh) yang telah mendapatkan ijin resmi dari Kementerian Agama. Biasanya sebelum pemberangkatan, jamaah Umroh akan dikumpulkan pada suatu tempat untuk mengikuti sebuah program yang disebut manasik Umroh. Pentingnya persiapan Umroh, bertujuan agar jamaah dapat lebih mengetahui tentang tata cara pelaksanaan umroh yang benar, mulai dari hukum-hukum Umroh, hingga hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan. Sehingga saat berada di Tanah Suci nanti, tidak ada lagi hal-hal kecil yang Anda lewatkan yang bisa mengganggu kekhusyukkan pelaksanaan ibadah Umroh.

Bagi Anda yang sudah pernah mengikuti Umroh sebelumnya, mungkin mempersiapkan keberangkatan untuk Umroh sudah bukan menjadi masalah lagi buat Anda. Namun, jika itu adalah keberangkatan pertama Anda, maka banyak hal yang sebaiknya Anda persiapkan sedari dini, diantaranya adalah:

1. Perlengkapan Doa dan Tasbih

Bila Anda mengikuti manasik Umroh, biasanya Anda akan menerima buku yang berisi kumpulan doa. Buku ini berukuran kecil dengan banyak doa-doa yang bisa Anda baca saat Anda menjalankan ibadah ke tanah suci. Buku ini bisa Anda kalungkan di leher sehingga sangat memudahkan sekali untuk dibawa pada pelaksanaan Umroh. Selain itu, bekali juga diri Anda dengan tasbih, agar Anda bisa terus berdzikir sepanjang perjalanan hingga sampai di tanah suci.

2. Obat-obatan Pribadi

Meskipun pihak biro perjalan Umroh telah mempersiapkan kebutuhan untuk obat-obatan. Namun tidak ada salahnya juga Anda membawa sendiri obat-obatan untuk mencegah hal-hal yang sifatnya darurat. Namun yang perlu Anda perhatikan disini adalah bawalah obat-obat dalam bentuk kapsul atau tablet. Hindari membawa obat-obatan cair, karena jenis obat-obatan tersebut dilarang masuk ke pesawat.

3. Pakaian dan Peralatan Mandi

Jangan lupa untuk membawa pakaian harian dan pakaian ibadah, termasuk pakaian dalam Anda. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan tersusun rapih dalam tas yang Anda bawa. Selain itu peralatan mandi seperti handuk, sabun, pasta gigi, sikat gigi dan sebagainya juga jangan sampai ketinggalan. Dan satu hal lagi, jangan lupa untuk membawa masker, untuk melindungi diri Anda dari panas dan juga penyebaran penyakit antar jamaah Umroh.

Leave a reply "Pentingnya Persiapan Sebelum Berangkat Umroh"