Inilah Penyebab dan Cara Mencegah Gigi Berlubang

No comment 331 views

Cara Mencegah Gigi Berlubang

Mulut merupakan salah satu tempat dari bagian tubuh yang sangat potensial untuk berkembangnya berbagai macam bakteri. Jika hal tersebut tidak teratasi dengan baik, berbagai permasalahan mulut pun dipastikan dapat terjadi misalnya bau mulut tak sedap, sariawan, ataupun masalah lain seperti gigi berlubang. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab berkembangnya bakteri di mulut, salah satunya adalah karena kurang maksimalnya proses menggosok gigi, sehingga sisa makanan tidak terangkat sempurna dan lambat laun akan menimbulkan berbagai permasalahan pada gigi termasuk gigi berlubang. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada gigi Anda, berikut beberapa hal yang menjadi penyebab gigi berlubang serta cara mencegah gigi berlubang.

1. Penyebab Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang bukan sebuah kondisi yang umum terjadi. Melainkan adalah tanda tidak becusnya seseorang dalam merawat kebersihan mulutnya. Padahal, gigi adalah salah satu aset penting yang dapat menunjang penampilan, jika kurang perawatannya maka gigi bisa rusak atau berlubang. Nah, sebelum mencari cara mencegah gigi berlubang, ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebab gigi berlubang, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kebiasaan makan dan minum yang manis-manis;
  • Merokok;
  • Minum minuman beralkohol;
  • Kurang bersihnya proses menyikat gigi;
  • Cara menyikat gigi yang salah;
  • Bakteri yang ada di mulut;
  • Mulut kering.

2. Cara Mencegah Gigi Berlubang

Cara mencegah gigi berlubang sebenarnya tidak lah susah, namun harus dilakukan dengan cara yang benar dan continue. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah gigi berlubang.

  • Hindari Makan dan Minuman yang terlalu manis.
    Makan dan minuman yang terlalu manis dapat menjadi sumber makanan bagi bakteri penyebab gigi berlubang. Jika Anda tidak segera menggosok gigi, maka bakteri akan tumbuh subur pada mulut Anda sehingga akan merusak gigi. Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis akan mempercepat terbentuknya plak (karang gigi). Plak akan mengendap dan menutipi bagian-bagian gigi, sehingga lama kelamaan akan membuat gigi karas (keropos) dan membuat celah lubang pada gigi.
  • Menyikat Gigi dengan Benar
    Menyikat gigi merupakan hal sepele yang bisa dilakukan untuk mencegah gigi berlubang. Namun sayangnya tidak banyak orang yang melakukan sikat gigi dengan cara yang benar. Menyikat gigi harusnya menjangkau semua bagian gigi termasuk pada sela-sela gigi. Hal ini berguna untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi, sehingga tidak terjadi endapan sisa makanan yang dapat menimbulkan kerusakan gigi. Selain itu sebaiknya gunakan juga sikat gigi yang memiliki tekstur halus dan bergerigi, untuk menjaga mulut cedera sewaktu proses menyikat.
  • Gunakan Obat Kumur (Mouth Wash)
    Saat menyikat gigi saja tidak cukup untuk menjangkau sela-sela gigi dan mengangkat sisa makanan, maka tuntaskanlah proses membersihkan gigi dengan menggunakan obat kumur (mouth wash). Gunakan obat kumur yang telah teruji klinis mampu membunuh bakteri, agar bakteri tidak dapat berkembang dalam mulut dan sisa makanan dapat terangkat dengan sempurna.
  • Kontrol Secara Berkala
    Jika hal tersebut diatas telah Anda lakukan dengan benar dan teratur, maka langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengontrol kesehatan gigi secara berkala ke dokter gigi. Hal ini sangat penting mengingat teknologi kedokteran sudah lebih canggih untuk memeriksa kondisi gigi Anda. Jika ada hal-hal yang kurang atau menjadi masalah, maka dokter bisa lebih cepat untuk memberikan penanganan atau solusi sehingga gigi Anda tidak mengalami resiko berlubang.

Leave a reply "Inilah Penyebab dan Cara Mencegah Gigi Berlubang"