Cara Sederhana Menjaga Ikatan Batin Antara Ibu dan Balita

Ibu dan Balita

Kehadiran seorang bayi dalam kehidupan rumah tangga tentu merupakan sebuah anugrah yang tak ternilai harganya. Terlebih bagi seorang ibu, balita yang telah dinantikan kehadirannya selama 9 bulan lamanya, tentu memiliki kedekatan batin yang amat kuat dengan sang Ibu. Tak jarang, apa yang dirasakan oleh si buah hati langsung dapat dirasakan oleh Ibu, hal ini karena adanya jalanin batin yang kuat antara ibu dan balita yang dapat dirasakan hingga si kecil tumbuh dewasa.

Meskipun jalinan batin antara ibu dan balita akan tumbuh secara alami melalui proses yang namanya menyusui, namun ada hal-hal lain yang tak kalah penting untuk dilakukan oleh seorang Ibu. Misalnya dengan memberikan perhatian dan mencurahkan kasih sayang yang tulus, tentu hal ini akan memberikan energi positif pada si bayi. Sehingga dengan tercurahkannya kasih sayang itu, akan membuat ikatan yang kuat antara bayi dan ibu.

Dan satu hal yang perlu Ibu ketahui, ikatan batin yang kuat akan memberikan dampak yang positif bagi perkembang bayi. Rasa kasih dan sayang yang Ibu berikan akan membuat bayi merasa nyaman, sehingga akan melahirkan energi-energi positif yang dapat membantu tumbuh kembang yang lebih baik. Nah, bagi Ibu yang ingin menjaga jalinan batin dengan si buah hati, beberapa hal sederhana ini akan sangat berpengaruh besar pada hubungan Anda dan si kecil. Beberapa diantaranya adalah:

1. Menyusui

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa menyusui merupakan proses alami untuk terjalinannya ikatan batin antara Ibu dan balita. Anda pasti setuju dengan ungkapan seperti ini “semua Ibu dapat menyusui buah hatinya”, ini merupakan sebuah kodrat bagi seorang wanita yang sudah memiliki bayi. Meskipun pada kenyataannya masih banyak Ibu yang justru enggan menyusui bayinya. Padahal rahasia untuk menjalin ikatan batin dengan si kecil adalah bersumber dari proses menyusui ini. Dengan menyusui, si kecil dapat merasakan degupan jantung ibunya, sehingga akan memberikan efek tenang dan nyaman pada saat bayi menyusui. Selain itu tatapan mata penuh cinta yang Anda berikan saat ia menyusui, akan tersampaikan seutuhnya pada si kecil sehingga ia dapat merupakan betapa Anda sangat menyayanginya.

2. Pijatan Lembut yang Menenangkan

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga jalinan batin dengan si buah hati adalah dengan memberikan sentuhan atau pijatan lembut pada bagian-bagian tubuhnya. Dengan sentuhan itu, bayi akan merasakan kehadiran Anda dan merasakan kasih sayang yang tulus pada dirinya. Berikan pijatan lembut ini ketika balita Anda selesai mandi atau ingin tidur. Anda dapat menggunakan minyak bayi sebagai aroma terapi dan untuk menjaga kulit tetap lembut.

3. Pelukan

Tak sulit untuk berkomunikasi dengan bayi, selain dengan menyusui, komunikasi juga dapat dilakukan dengan memberikan pelukan yang mesra pada si bayi. Pelukan yang Anda berikan memiliki makna kasih sayang dan bentuk kepedulian Anda pada si buah hati. Terlebih saat bayi tengah menangis lalu dengan seketika Anda memeluknya, tindakan ini akan berpengaruh pada psikologis bayi. Ia akan merasakan kasih sayang yang Anda berikan padanya saat tulus, sehingga ia akan merasakan nyaman dan aman saat bersama Anda.

4. Senyuman

Hal terakhir yang mungkin dapat dilakukan untuk menjalin ikatan batin dengan Ibu dan balita adalah dengan senyuman. Meskipun terkesan sangat sederhana, namun efek yang ditimbulkan sangat luar biasa. Sekarang coba perhatikan, ketika Anda senyum pada bayi Anda, maka secara spontan ia juga akan tersenyum mengikuti Anda. Ini menandakan bahwa kebahagiaan dan kasih sayang yang Anda berikan tengah dirasakannya, sehingga dengan melihat senyumannya Anda pun akan turut berbahagia.

  1. author

    anisa2 years ago

    Masya’allah berguna banget kak, bisa untuk ilmu dalam berumah tangga nanti…

    Reply

Leave a reply "Cara Sederhana Menjaga Ikatan Batin Antara Ibu dan Balita"