Apa Saja Persiapan Untuk Melahirkan?

No comment 344 views

Persiapan Untuk Melahirkan

Memasuki trimester ketiga memang merupakan momen yang paling mendebarkan bagi setiap ibu hamil. Sebab di usia ini, menandakan bahwa si kecil siap untuk lahir ke dunia dan mengisi hari-hari bunda beserta orang-orang tercinta. Namun tak sedikit pula ibu-ibu yang justru sangat khawatir pada usia kehamilan ini. Selain cemas apakah bisa melahirkan secara normal atau tidak, hal-hal sederhana seperti persiapan untuk melahirkan pun turut menjadi kesibukan yang tak mungkin terelakkan, mengingat waktu melahirkan sudah semakin dekat.

Bagi mereka yang telah berpengalaman pada persalinan pertama, mungkin persiapan untuk melahirkan bukan lah hal yang membingungkan lagi. Namun berbeda pada yang baru saja akan memiliki anak pertama, tentu banyak sekali yang harus dipersiapkan. Terlebih jika tidak ada seseorang yang membantunya untuk mempersiapkan semua kebutuhan dalam menyambut kelahiran si buah hati. Nah, bagi Bunda yang bermasalah dengan hal ini, beberapa hal berikut ini mungkin akan sangat berguna sekali, agar Bunda mengetahui apa-apa saja yang dibutuhkan untuk menyambut persalinan.

1. Melahirkan Normal atau Caesar

Hampir setiap Ibu pasti menginginkan persalinan normal sebagai bukti kecintaannya pada si buah hati. Namun ada kalanya mereka yang memiliki permasalahan lain, misalnya gangguan kesehatan dan sebagainya, terpaksa harus melakukan persalinan secara caesar. Untuk itu, pada trimester ketiga, Ibu harus lebih rajin konsultasi pada dokter, apakah sangat mungkin dilakukan persalinan normal atau tidak.

2. Rumah Sakit dan Dokter

Hal selanjutnya yang harus dilakukan pada persiapan untuk melahirkan adalah mencari rumah sakit dan dokter yang tepat. Biasanya, jika Ibu sering berkonsultasi kehamilan (check up/USG) di rumah sakit, dokter yang akan menangani kelahiran buah hati Ibu adalah dokter yang sama saat Ibu melakukan konsultasi. Namun ada kalanya, seseorang justru menginginkan dokter/rumah sakit yang berbeda dari biasanya. Mungkin karena ada alasan lain seperti mengikut dari pengalaman keluarga/orang terdekat yang mengatakan bahwa ada rumah sakit/dokter lain yang lebih bagus, sehingga Ibu beralih ke dokter/rumah sakit lain. Dan itu benar-benar membutuhkan pertimbangan yang besar, sehingga tidak ada penyesalan yang terjadi saat kelahiran si kecil tiba.

Sejalan dengan ini, pastikan juga Ibu telah memilih kamar seperti apa yang Ibu butuhkan pasca persalinan nanti. Ingin kamar seperti apa, silahkan diskusikan bersama suami ataupun pihak keluarga. Hal ini sangat penting jika persalinan yang Ibu pilih adalah caesar, maka Ibu sudah pasti membutuhkan kamar untuk rawat inap sampai luka bekas operasi Ibu berangsur pulih dan dokter mengatakan bahwa Ibu sudah bisa pulang.

3. Barang yang Perlu Dibawa

Hal penting lainnya yang mesti Ibu persiapkan sebelum menyambut persalinan adalah mencatat segala kebutuhan untuk Anda sendiri dan untuk si buah hati. Sebagai gambaran, berikut beberapa hal yang umum dibawa saat menjelang persalinan.

  • Pakaian yang nyaman dan praktis untuk persiapan persalinan;
  • Jam tangan yang berfungsi untuk mengetahui seberapa sering kontraksi terjadi;
  • Ikat rambut (jepitan) agar tidak mengganggu saat proses persalinan berlangsung;
  • Mewangian/minyak yang bisa memberikan efek relaksasi;
  • Peralatan mandi, seperti handuk, sabun, pembersih muka, pasta gigi dan sebagainya;
  • Pakaian ganti untuk pasca persalinan beserta pakaian dalam untuk beberapa hari;
  • Pembalut nifas (pembalut khusus untuk Ibu yang baru melahirkan);
  • Bra khusus untuk menyusui.

Sedangkan untuk si buah hati, berikut beberapa kelengkapan yang perlu dibawa:

  • Semua kebutuhan bayi seperti kain bedong, popok, selimut, sarung tangan, dan kaus kaki perlu Anda persiapkan. Walaupun beberapa rumah sakit mungkin telah mempersiapkannya, namun tidak ada salahnya jika Ibu membawanya sendiri dari rumah.

Leave a reply "Apa Saja Persiapan Untuk Melahirkan?"