Tips Cara Aman Berbelanja Online di Internet

5 comments 623 views

Tips Cara Aman Berbelanja Online di Internet

Belanja merupakan rutinitas yang sangat menyenangkan bagi kebanyakan orang. Selain mendapatkan barang yang dibutuhkan ternyata belanja juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Namun cara-cara belanja konvensional dengan berkunjung dari satu mall ke mall lain atau dari pasar kepasar perlahan mulai di tinggal oleh orang, selain merepotkan dan melelahkan belanja dengan cara seperti ini ternyata tidak efisien bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaannya. Sehingga berbelanja online menjadi pilihan terbaik agar tetap dapat berbelanja meski dengan keterbatasan waktu.

Bicara soal belanja online pastinya tidak lepas dari masalah keamanan. Yah, memang tidak jarang kita mendengar banyaknya kasus penipuan yang terjadi saat seseorang berbelanja online. Penipuan yang dimaksud bisa dalam bentuk barang yang tidak dikirim, barang yang dikirim rusak atau barang tidak sesuai dengan kondisi seperti yang disebutkan di toko online itu. Hal demikian yang kadang membuat orang merasa was-was, padahal jika hal tersebut dapat dihindari pastilah belanja online akan menjadi lebih menyenangkan. Untuk itu, Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang bagaimana cara aman berbelanja online di internet, lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini:

1. Lakukan Riset Terhadap Toko Online

Memilih toko online dengan reputasi yang bagus seperti di situs ini, pastilah menjadi hal utama yang harus Anda ketahui. Sekarang ini banyak bermunculan toko-toko online yang menjual produk yang sama dengan harga yang berbeda. Nah, agar Anda yakin dengan situs tersebut, pastikan alamat ataupun nomor telepon toko online tersebut terpampang jelas dan aktif, agar jika suatu saat Anda ingin komplain, maka Anda bisa dengan mudah menghubungi pihak toko online.

Selain itu lakukan juga riset kecil-kecilan terkait testimoni dari pembeli. Anda bisa melihat langsung review-nya di situs toko online tersebut atau melakukan pencarian di halaman google search. Jika banyak testimoni positif yang masuk, maka situs tersebut layak Anda percayai.

2. Baca Kebijakan Situs Sebelum Membeli

Kebanyakan orang malas membaca tentang kebijakan situs toko online tersebut, dan lebih memilih langsung bertransaksi. Padahal ini sangat penting diketahui, hal tersebut bertujuan untuk memastikan apakah pihak toko boleh membagikan data pribadi Anda dengan pihak lain atau tidak.

Selain itu baca juga kebijakan tentang pengembalian barang. Misal saat Anda selesai melakukan transaksi dan barang sudah Anda terima, namun ternyata kondisi barang tidak sesuai dengan Anda pesan/cacat, maka pihak toko online bersedia menerima pengembalian barang dan tidak membebankan kepada Anda. Dan yang seperti ini, tidak sedikit toko online yang menolak karena memang tidak menerapkan aturan pengembalian barang dari kebijakannya. Jadi Anda harus berhati-hati dalam hal ini. Namun untuk toko-toko online besar dan sudah terpercaya seperti blanja.com, disitus tersebut sudah terpampang jelas tentang kebijakan pengembalian barang & refund. Jadi Anda bisa berbelanja dengan tenang disana.

3. Cari Tahu Situs Tersebut Aman atau Tidak

Keamanan bertransaksi di toko online sudah menjadi hal wajib. Anda bisa mencari tahu situs tersebut aman atau tidak, dari tanda berupa gembok yang ada di sebelah kiri status bar browser Anda. Ini merupakan tanda bahwa situs tersebut udah terenkripsi dengan baik, sehingga segala transaksi Anda akan aman dari tindak pencurian data maupun malware jahat yang akan merekam data pribadi Anda.

4. Pilih Metode Pembayaran Aman

Saat Anda telah yakin bahwa toko online yang Anda incar sudah aman, maka selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan tentang metode pembayaran yang Anda gunakan. Menggunakan metode pembayaran lewat Kartu Kredit memang sangat memudahkan, namun untuk keamanan hal tersebut tidak disarankan. Sebaiknya gunakan metode pembayaran berupa Bank Transfer/Net Banking karena memang lebih safety. Sedangkan untuk pembayaran luar negeri, baiknya Anda menggunakan alat pembayaran online seperti Paypal yang memang telah terbukti aman.

  1. author

    Lidha Maul2 years ago

    Akhir2 ini jarang belanja ol. Alhamdulillah pada masa2nya yang sering itu selalu aman

    Reply
  2. author

    Anisa AE2 years ago

    Boleh banget nih dicoba tipsnya biar gak tertipu saat belanja online

    Reply
  3. author

    lianny hendrawati2 years ago

    Harus hati-hati pilih toko onlinenya, pilih yang terpercaya dan sudah terbukti aman aja ya 🙂

    Reply

Leave a reply "Tips Cara Aman Berbelanja Online di Internet"