Penyakit Remaja Masa Kini

No comment 1816 views
Siapa yang tidak mengenal dengan penyakit terkenal ini, asam lambung. Asam lambung dapat dikatakan sebagai penyakit popular yang menggaet remaja-remaja masa kini terutama anak gadis yang sering menjalani diet gagal yang berujung dengan meningkatkan asam lambung. Sebenarnya apa sih itu penyakit asam lambung?

Penyakit Asam Lambung

Sejatinya semua perut manusia memiliki kadar asam di dalam lambung. Hanya saja ada beberapa faktor yang menyebabkan kadar asam yang ada pada lambung menjadi lebih tinggi atau meningkat dari kadar asam yang normal. Faktor-faktor yang menyebabkan kadar asam lambung meningkat adalah stress yang meninggi, terlambat makan, kelebihan berat badan, keadaan hamil, dan banyak mengonsumsi makanan yang berlemak.

Biasanya jika asam lambung meningkat maka, penderita akan merasakan sensasi seperti panas dibagian dada ataupun nyeri yang sangat menyesak pada bagian ulu hati yang mempengaruhi sesaknya atau terganggunya pernapasan kepada si penderita. Meningkatnya kadar asam lambung akan menuju Esofagus, dimana Esofagus merupakan bahagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan antara mulut dan lambung, oleh sebab itu rasa asam yang dirasakan oleh lidah sangat terasa jika kadar asam lambung meningkat.

Pengobatan yang dapat dilakukan pada penderita asam lambung adalah mengganti pola makan yang sehat & bergizi  juga terjadwal sehingga lambung tidak dibiarkan kosong. Berikut akan saya jabarkan beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar asam lambung:

  1. Makanan dan minuman yang mengandung gas  tinggi seperti soda, alcohol, kuini, durian, nangka dan cempedak.
  2. Makanan  dan minuman yang bersifat asam seperti jeruk, pir, Sunkist, lemon, anggur, brokoli, kembang kol, kubis, bawang putih, dan tomat.
  3. Makanan yang berlemak dan berminyak seperti rendang, gulai, kentang goreng, keripik kentang.
  4. Makanan yang manis seperti coklat, mint, donat, brownis, kopi dsb.

Sebenarnya semua jenis makanan alami seperti sayuran dan buahan adalah baik. Hanya saja jika dikonsumsi secara berlebihan dapat merubah sifat baik dari makanan tersebut. Bagi anda penderita asam lambung ringan makanan diatas dapat dikonsumsi dengan porsi yang tidak berlebihan dan banyak minum air putih untuk dapat menghindari dari pemicu makanan tersebut. Jagalah kesehatan anda sebisa mungkin. Karena hal yang paling mahal dan sangat berharga dihidup anda adalah KESEHATAN.

Salam KEB Medan

Images Credit: dailyhealthlist.com

Leave a reply "Penyakit Remaja Masa Kini"