Mengatasi Demam Anak

4 comments 1289 views

Bila badan anak agak terasa lebih hangat dari biasanya, kadang orang tua khususnya ibu-ibu muda langsung panik. Demam bukanlah hal yang harus ditakuti tapi juga bukan hal yang harus disepelekan, intinya adalah saat anak bunda terserang demam yang harus bunda lakukan pertama sekali adalah ukur suhu badan nya dengan thermometer. Ada saat dimana orang tua harus menghubungi dokter:

  • Usia bayi 3 bulan dengan suhu 38 C
  • Usia bayi 3-6 bulan dengan suhu 38,3 C
  • Usia bayi > 6 bulan dengan suhu 40 C
Jika bayi masih suhu dibawah dari suhu yang sudah dijelaskan diatas, cukup dikasih banyak air putih saja. Karena demam bukanlah suatu penyakit (baca juga: Penyebab Demam), tetapi awal dari penyakit yang lain. Jika bayi dehidrasi atau kekurangan cairan juga dapat menyebabkan suhu badan meningkat dari suhu normal. Jika usia bayi masih dibawah 6 bulan, perbanyak pemberian ASI kepada bayi. Karena ASI adalah raja dari segala jenis obat. Hal yang penting untuk bunda ketahui dalam merawat bayi yang sedang terserang demam adalah:
  1. Memperhatikan tingkah lakunya. Jika tingkah laku anak tidak ada yang aneh atau seperti biasanya. maka demam ini bukanlah hal yang harus dikhawatirkan
  2. Cegah Dehidarasi. Karena demam dapat meningkatkan penguapan cairan tubuh yang mengakibatkan anak mengalami dehidrasi.
  3. Jaga suhu ruangan agar stabil sejuk.
  4. Kompres badan anak dengan air hangat
  5. Biarkan anak makan yang membuat ia selera, tetapi hindari makanan yang berlemak karena akan susah dicerna tubuh.
Jika suhu badan anak sudah tinggi seperti yang dilansir diatas, maka bunda harus konsultasikan ke dokter jika terdapat kondisi seperti:
  • Gelisah, muntah, diare
  • Menangis terus menerus
  • Karena fisik lemas mengakibatkan bayi tidur terus menerus
  • Kejang
  • Sesak napas
  • Tidak mau minum.
Jadi bunda, tetaplah tenang dengan semua kondisi yang ada. Setiap orang tua pasti khawatir dengan kondisi anaknya jika sakit. Tapi, tidak akan merubah apapun jika bunda panik. Tenang dapat membuat bunda berpikir cemerlang dan anakpun akan tetap merasa aman.
Salam Blogger Medan
  1. author

    Noorma Fitriana M. Zain4 years ago

    Aku to mak! Skrg kalo anak demam, aku suka nunggu dulu! Kmrn juga anakku demam! Tp gak aku minumin obat, tp pake air putih hangat! Rewel si, tp semalam aja, jadi besoknyanudah adem lagi.. Kalo sampe 2/3 hari.. Yaa aku bawa ke lab mak. Langsung cek darah

    Reply
  2. author

    Yulia Sari4 years ago

    iya…mngkin ajagh dehidrasi,mkanya badannya panas…
    intinya tetap tenang dlm merawat anak apalgi disaat demam…
    sehat trus yh anaknya mak noorma…
    makasih udah berkunjung

    Reply
  3. author

    aizeindra yoga4 years ago

    keren nih, informatif. cocok untuk guwe yang masih single jadi bisa belajar banyak kehidupan keluarga dari mbak ini, hehehe

    Reply
  4. author

    Yulia Sari3 years ago

    terima kasih mbak sudah berkunjung
    smoga bermanfaat

    Reply

Leave a reply "Mengatasi Demam Anak"