Makanan Penambah ASI

5 comments 4013 views


Kebutuhan bayi akan ASI adalah hak bayi yang harus dipenuhi karena ASI adalah makanan yang terbaik di awal pertumbuhan 6 bulan pertama bayi. Banyak factor yang mempengaruhi produksi ASI berkurang yaitu Strees, kecapekan, sakit fisik ataupun kurangnya dukungan dari orang terdekat yang menyarankan untuk penambahan susu formula (terkhususkan bagi ibu pekerja yang tak jarang untuk kejar-kejaran dalam menyiapkan ASIP).

Sebaik apa pun kandungan dari susu formula tidak dapat menyamakan kandungan dari ASI. Maka dari itu wajib hukumnya bagi ibu menyusui untuk terus memperjuangkan ASI dan memberikannya kepada bayi sampai dengan usia 2 tahun. Ibu menyusui selalu mendapatkan masalah dalam produksi ASI. Banyak para bunda selalu mengonsumsi sayur – sayuran seperti daun katuk, daun bangun – bangun ( di Medan ) dan daun hijau lainnya. Tapi, tahukah bunda kalau masih banyak herbal yang lainnya yang dapat meningkatkan produksi ASI. Berikut saya jabarkan apa – apa saja makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI :

Daun katuk

Daun katuk ini adalah daun yang sangat popular dikalangan ibu hamil dan ibu menyusui karena sayur ini sangat baik untuk dapat memperlancar ASI dan membuat produksi ASI banyak.


Daun mangkuk 

Salah satu factor yang mempengaruhi tidak lancer nya ASI adalah penyumbatan pada saluran kelenjar ASI. Maka dari itu kompres lah payudara dengan menggunakan daun mangkuk yang dimemarkan kemudian ditambahkan dengan kunyit dan minyak kelapa. Kompres lah secara menyeluruh pada payudara, lakukan sehari dua kali.


Daun Bangun – Bangun
Daun ini sangat baik untuk dapat memperlancar produksi ASI, daun ini mengandung  zat besi dan karoten yang tinggi. Selain itu konsumsi tanaman ini dapat meningkatkan kadar zat besi, kalium, seng, dan magnesium dalam ASI serta meningkatkan berat badan bayi. Daun bangun-bangun sebagai laktagogum ditunjukkan oleh kandungansaponin, flavonoid, polifenol serta kemampuannya meningkatkan hormon-hormon menyusui, seperti prolaktin dan oksitosin.

Tanaman ini ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai nama yang berbeda, di Jawa Tengah disebut daun cumin, Orang Sunda menyebutnya daun ajeran, di Madura disebut daun kambing dan di Bali disebut daun Iwak. Di suku Batak, Sumatra Utara sendiri disebut sebagai daun bangun-bangun atau torbangun. Dan biasanya olahan daun bangun –bangun ini dijadikan sayuran yang menggunakan santan seperti sayur lodeh.


Kacang kedelai

Kacang ini memang sangat baik untuk kesehatan, tidak hanya bagi ibu menyusui. Para bunda dapat mengonsumsi nya sebagai cemilan ataupun jika rajin diblender dan ditambahkan air dijadikan sebagai susu kedelai tanpa bahan pengawet.

Pare

Jenis sayuran ini memanglah termasuk jenis sayuran yang berasa pahit. Tapi, memiliki khasiat yang sangat tokcer untuk dapat melancarkan ASI. Bunda dapat mengolah pare ini menjadi minuman jus, dapat ditambahkan dengan nenas ataupun jeruk untuk menghilangkan rasa pahit dari parenya atau jika masih tidak tahan dengan sensasi rasanya yang sangat pahit dapat juga dijadikan lauk seperti tauco pare.

Bawang putih 

Sebuah penelitian dari Journal of pediatric Research membuktikan bahwa bawang putih dapat meningkatkan produksi ASI dan menambah nafsu makan bayi. Jadi, anda para bunda dapat menambahkan pada setiap olahan masakan irisan bawang putih.


Kacang – kacangan

Jenis kacang – kacangan ini sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI, seperti almond dan kacang mete. Anda dapat menjadikannya sebuah cemilan dikala anda iseng ingin mencari kunyahan di kala senggang. Kandungan dari kacang ini merupakan kaya akan protein, vitamin dan mineral.

Makanan berserat

Buah – buahan dan sayuran bewarna merah sangat baik untuk membantu memperbanyak produksi ASI, seperti buah bit, bayam merah ataupun ubi jalar. Konsumsi lah makanan berserat ini minimal sekali dalam sehari agar anda dapat mewujudkan cita – cita untuk meWISUDAkan bayi anda ASIX 6 bulan dan meneruskan MPASI sampai dengan dua tahun.

Apapun makanan tambahan yang para bunda konsumsi adalah bantuan kecil untuk melancarkan produksi ASI anda. Kuncinya adalah pada diri bunda sendiri untuk pantang menyerah memberikan ASI kepada bayi lucu anda dan jangan mudah tergoyahkan dengan iklan susu formula yang mengaku-ngaku sebagai susu paling baik dari segala susu. Sesungguhnya ASI adalah susu yang paling baik diantara segala jenis susu di jagad raya ini. Karena susu adalah cairan ajaib yang dikaruniakan Allah kepada anda para bunda.

Salam para pejuang ASI yang ada di pelosok negeri.

Salam Blogger Medan.

  1. author

    Widya Herma4 years ago

    Terimakasih bunda buat pengetahuannya. meski widya masih berstatus sebagai calon emak tpi seneng bisa membaca informasinya dari skrg 😀

    Reply
  2. author

    Liswanti Pertiwi4 years ago

    Dulu lahiran anak pertama..saya juga gitu mak..semua jenis sayuran dan daun2 pelancar asi digunakan. Alhamdulillah asi 2 tahun lancar terus…sampe anak kedua.
    Salam kenal mak.
    Liswanti627.blogspot.com

    Reply
  3. author

    Ayunin Jafar4 years ago

    Alhamdulillah ketiga anak saya lulus sarjana ASI sampai 2 tahun. btw, baru tahu daun bangun bangun nih. makasih sharingnyaa ya Maak

    Reply
  4. author

    lianurmalasari4 years ago

    dulu waktu kasih ASI Navaro, saya egois.. gak mau makan berbagai makanan penambah ASI ini akhirnya ASI berhenti di usia navaro 4 bulan 🙁

    Reply
  5. author

    Mira Agneta4 years ago

    Tambah semangat kasih asi ke dedek..makasih sharingnya..

    Reply

Leave a reply "Makanan Penambah ASI"