Karena Sifatku yang Keras Kepala. Sampai Sekarang My Baby Masih ASIX

Baby A hari kedua

Saya memiliki seorang bayi lucu berusia 5 bulan dan Alhamdulillah sampai dengan saat ini masih menikmati ASIX. Walaupun saya seorang ibu sekaligus wanita karir yang melakukan aktifitas kerja di luar rumah, yang mengharuskan saya pisah dengan anak selama ± 10 jam.

Saat Pumping di kantor

Sedikit ingin menceritakan pengalaman saya memiliki seorang bayi.

11 September 2014 saya melahirkan baby lucu secara operasi Caesar karena satu dan lain hal yang menyebabkan saya tidak bisa melahirkan secara normal. Dihari pertama saya masih dalam keadaan yang sangat tidak berdaya, karena belum buang angin sehingga saya masih belum diizinkan makan apapun. Dapat dibayangkan, saya sudah puasa semalaman ditambah lagi sebelum buang angin saya tidak ada mengunyah sebutir pun nasi. Jadi,saya pun tidak bisa mencoba untuk memberikan ASI kepada bayi saya karena kondisi yang tidak memungkinkan. Sehingga bayi saya sudah dicekokin susu formula di hari pertama. Miris hati melihat anak tidak dapat menikmati kolostrum yang memang diciptakan untuk kekebalan tubuhnya.

Baby A di hari pertama dengan BB 2,5 Kg

 Di hari keduasaya memaksakan diri untuk dapat menyusui bayi saya kembali, walaupun luka jahitan bekas operasi masih terasa sakitnya jika dipaksakan untuk duduk, tapi demi memberikan yang terbaik buat anak saya tidak memerdulikan sakit yang dirasa. Ternyata karena kondisi puting payudara yang tenggelam, lagi-lagi baby saya belum bisa mendapatkan ASI karena kecil mulutnya. Dan ia pun kembali lagi dicekokin dengan susu formula. Stress mulai menghantui, kondisi badan belum pulih semua ditambah lagi cita – cita ku untuk dapat memberikan ASIX kepada anak pun lenyap sudah.

Baby A di hari kedua
Di hari ketigasaya harus sudah bisa jalan, karena saya sudah diperbolehkan pulang oleh dokter. Sudah saya tekadkan untuk kali ini memberikan ASI kepada my baby. Setelah dicoba baby A pun tidak mau menyusui ke saya karena sudah terbiasa menggunakan dodot. Tingkat stress saya pun meningkat tapi, saya tetap tenang dan mencari solusi bagaimana caranya saya dapat memberikan ASIX walau baby A tidak mau menyusui langsung dengan saya. Saya pumping ASI nya. Setelah di pumping selama 1 jam hasilnya hanya 10ml. Volume yang mengecewakan tapi saya gak menyerah semua makanan yang dapat melancarkan ASI saya makan sampai saya merasa enek dengan semua rebusan –  rebusan tersebut.

Baby A seminggu naik menjadi 3 Kg

2 minggu sudah berjalan dan lambat laun ASI saya sudah mencapai 50ml sekali pumping. Saya terus memompa ASI saya (walaupun kondisi nya saya masih dekat dengan bayi saya), karena baby A belum mau menyusui langsung.

Baby A 2 minggu dengan BB 3,9 Kg

Setelah 2 bulanberlalu dan dengan kerja keras dan penuh kesabaran mengajarkan baby A untuk menyusui kepada saya secara langsung, Alhamdulillah atas izin ALLAH saya diizinkan untuk menyusui langsung dengan baby A. ia pun saat ini lebih memilih menyusui dengan saya dari pada dodot. Saat itulah saya mulai mengumpulkan sebotol demi sebotol ASIP untuk persiapan saya masuk kerja.

Pertama kali babyA menyusui pada kedua payudara saya, rasa haru bercampur bahagia menjadi satu. Disatu sisi saya bahagia karena baby A akhirnya menyerah dengan kekerasan kepala bundanya agar dia menyusu langsung ke saya dan disisi lain saya terharu karena akhirnya saya dapat memberikan ASIX kepada bayi saya dan semoga berlangsung sampai dengan 2 tahun.

Baby A 4 Bulan dengan BB 6 Kg
Semua pengorbanan saya agar baby A mau menyusu langsung kepada saya bukanlah hal yang gampang. saya harus bertengkar dengan ibu kandung saya ( neneknya babyA ) karena keras nya hati saya untuk dapat memberikan ASIX sedangkan bayi saya menangis karena sudah kehausan. Tidak adanya dukungan dari manapun bahkan suami saya sendiri pun pernah menyuruh saya untuk menyerah saja. Tapi, saya memang telah bertekad baja agar dapat memberikan ASIX. ( Terkadang keras kepala itu ada manfaatnya ).

Baby A 5 bulan dengan BB 7,2 Kg
Saat babyA minum ASIP, saya harus kejar kejaran ASI dengan nya. Sempat satu malam, stock ASIP telah habis, saya harus bangun setiap 1 jam sebelum waktunya babyA minum susu untuk memompa ASI. Sampai saya demam dan masuk angin karena kurangnya waktu tidur. Dan dalam keadaan demam pun saya tetap memompa  ASI, pastinya dibantu dengan obat yang aman untuk ibu menyusui. Dan sampai saat ini alhamdulillah berat anak saya mengimbangi berat bayi yang melahirkan dengat berat normal. Sungguh perjuangan yang harus diteruskan sampai dengan usia BabyA 2 tahun.

So, para bunda yang baru saja menjalankan persalinan dan belum mendapatkan ASI jangan menyerah bunda. ini adalah cerita nyata saya, saya saja bisa apalagi bunda. setiap bunda yang melahirkan diciptakan untuk dapat memproduksi ASI. Karena ASI adalah hadiah dan makanan ajaib yang disediakan yang maha kuasa untuk makhluk lemah, mungil dan kecil yang biasa kita sebut baby. ASI adalah HAK mereka para bayi mungil. Tak ada asupan yang paling hebat terkecuali ASI. Ayo bunda, terus semangat untuk dapat memberikan ASI sampai dengan usia 2 tahun. Dimana ada kemauan disitu ada jalan.

Semangat untuk pejuang ASI di seluruh pelosok Negeri dan mari terus kampanyekan ASIX kepada semua bunda dimanapun berada.

Salam Blogger Medan
  1. author

    suria riza4 years ago

    Alhamdulillah aku juga keukeuh kasi ASI…yang pasti asi atau tidak semua tergantung kemantapan ortunya…semua pasti kasih yang terbaik buat anaknya hehehe…aku tinggal 6 bulan ke s3… Bismillah…

    Semangat ya sampai 2 tahun ^^

    Reply
  2. author

    Yulia Sari4 years ago

    alhamdulillah wasukurillah….
    semoga saya juga bisa sampe 2 tahun…
    perjalanan ku msih panjang…
    semangat asi yagh bunda riza…

    Reply
  3. author

    Maya Siswadi4 years ago

    Selagi kita yakin bisa memberikan ASI, pasti bisa!! Keyakinan itu yg menghasilkan ASI 🙂

    Reply
  4. author

    Inda Chakim4 years ago

    Dukungan orang terdekat memang penting bgd ya mak. Emak hebat dah, dan kemauan kerasmu pun akhirnya membuahkan hasil yg sangat indah ya mak. Alhamdulillah. 🙂

    Reply

Leave a reply "Karena Sifatku yang Keras Kepala. Sampai Sekarang My Baby Masih ASIX"