Yang Perlu Diketahui Oleh Ibu Hamil

No comment 1508 views

Kehamilan merupakan suatu peristiwa yang diimpikan setiap wanita yang telah bekeluarga. Karena kehadiran dari seorang bayi kecil merupakan pelengkap setiap rumah tangga. Kehamilan terutama pada ibu muda yang merupakan pengalaman pertama membuat rasa cemas dan ketakutan tersendiri dalam menjaga janin dalam kandungan. Buat anda yang sedang hamil,berikut ada beberapa hal yang harus anda ketauhui :

Kosmetik 
Make up merupakan pelengkap hidup disetiap wanita,walaupun hanya dengan bedak tabur saja. Sebagiabn besar perlengkapan kecantikan ataupun cream pemutih wajah mengandung bahan kimia yang berbahaya . Bahan kimia tersebut sangatlah berbahaya untuk janin anda,karena make up merupakan obat topical yang langsung menyentuh kulit anda. Bila anda ingin mengetahui perlengkapan kosmetik apa yang berbahaya bagi janin silakan baca artikel kosmetik yang bahaya buat ibu hamil. 

Pestisida
Jangan menggunakan penyemprot nyamuk atau pun serangga jika anda dalam kondisi hamil, karena bahan di dalam pestisida tersebut dapat menghambat kerja sel otak pada bayi. Jadi,jika anda ingin mengusir serangga gunakan lah raket nyamuk ataupun perangkap.

Binatang Peliharaan
Siapa yang tak terhibur dengan peliharaan anjing ataupun kucing. Ada saja tingkah laku mereka yang dapat mengubah hati yang sedang gundah menjadi gembira. Tapi,disaat anda dalam kondisi hamil kurangi frekuensi terhadap binatang peliharaan anda karena bulu binatang banyak mengnandung virus berbahaya bagi janin. Apalagi kotoran kucing mengandung parasit Toxoplasma gondii, yang dapat menyebabkan infeksi darah yang serius, toksoplasmosis. Mintalah bantuan suami atau orang lain untuk membersihkan kandang kucing Anda.

Laundry pakaian
Bahan yang sering digunakan pada banyak usaha laundry adalah perkloroetilena pelarut (PERC), yang menurut penelitian dapat meningkatkan resiko keguguran. Maka dari itu cucilah pakaian anda sendiri atau minta bantuan orang lain untuk mencuci pakaian anda di rumah.

Makanan kaleng
Makanan cepat saji seperti ini memang sering kita jumpai di supermarket mana saja karena penyajiannya yang praktis dan gampang. Apalagi buat pasangan muda yang hidup mandiri tanpa ada bantuan assiten rumah tangga produk makanan kaleng mungkin menjadi konsumsi harian karena kesibukan masing masing. Tapi, tahukan anda bahwa pada kaleng kemasan tersebut mengandung unsur kimia yang bisa saja terkontaminasi dengan makanan. Memang sampai dengan saat ini belum ada penelitian yang membuktikan makanan kaleng dapat menyebabkan keguguran,tapi untuk menjaga jaga makanlah makanan yang masih fresh dan segar seperti salad atau buah. Tapi,tidak semua buah baik untuk wanita hamil (baca: buah yang harus dihindari wanita hamil ) dan hindari dari makanan berpengawet.

Leave a reply "Yang Perlu Diketahui Oleh Ibu Hamil"