Penyebab Gumoh Pada Bayi

No comment 1992 views

Gumoh berbeda dengan muntah,gumoh merupakan cairan ludah yang mengalir ke bawah , bisa sedikit (seperti meludah) atau cukup banyak. Bersifat pasif dan spontan. Sedangkan muntah lebih cenderung dalam jumlah banyak dan dengan kekuatan dan atau tanpa kontraksi lambung. Gumoh sering terjadi pada bayi diusia 0 – 8 minggu. Ini merupakan hal lumrah yang terjadi pada bayi dan 70 % bayi mengalami gumoh minimal 1 kali tiap harinya. Tak jarang para ibu muda merasa panik ataupun cemas yang berlebihan saat bayinya mengeluarkan cairan ASI yang diminumnya. Ketakutan para ibu seperti takut bayinya kekurangan minum, cairannya masuk ke saluran pernapasan dan sebagainya . Nah, untuk mencegah gumoh siap menyusui pada bayi anda ada beberapa tips : 

ASI yang diberikan terlalu banyak

Gumoh ini dikarena lambung bayi yang terlalu penuh. Ini terjadi karena ASI yang sebelumnya diminumkan oleh bayi anda belum sampai ke usus, sudah diisi dengan ASI lagi. Akibatnya si bayi Gumoh. Kerja dari lambung bayi anda masih sangat lamban dan lambung bayi anda punya kapasitasnya sendiri. Maka itu seiring bertambahnya usia bayi anda kerja dari lambung pun semakin cepat dan terbiasa mencerna asupan makanan bayi sehingga frekuensi dari gumoh berkurang.

Bayi yang banyak bergerak siap menyusui

Misalnya pada saat bayi menggeliat atau pada saat bayi terus menerus menangis. Ini akan membuat tekanan di dalam perutnya tinggi, sehingga keluar dalam bentuk muntah atau gumoh. Usahakan agar bunda membuat bayi rileks siap menyusui agar lambung dapat mencerna sempurna tanpa adanya tekanan di perut.

Posisi menyusui.

Menyusui sambil tiduran memang terlihat praktis buat bunda, apalagi jika menyusui nya di malam hari. Tapi, tahukah bunda menyusui dengan posisi miring sementara si bayi tidur telentang. Akibatnya, cairan tersebut tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi ke saluran napas. Ini mengakibatkan bayi menggumoh.

Botol dodot yang digunakan

Jika bayi anda sudah menggunakan botol dodot yang besar tetapi bunda memberikan dodot kecil maka bayi akan malas mengisap karena lama. Akibatnya susu tetap keluar dari dot dan memenuhi mulut si bayi dan lebih banyak udara yang masuk. Udara masuk ke lambung, membuat bayi gumoh.

Leave a reply "Penyebab Gumoh Pada Bayi"