Mitos Mengenai Asi

No comment 2421 views

Asi merupakan asupan terbaik pada bayi, karena ASI dapat menjadi Imunitas alami buat bayi dan menambahkan berat badan secara cepat dibandingkan dengan susu formula. Bunda jangan khawatir jika payudara bunda belum bisa mengeluarkan ASI. Semua bunda pasti bisa mengeluarkan ASI walaupun kondisi payudara bunda kecil ataupun puting bunda kecil. Ajarilah bayi bunda untuk mengenali puting susu bunda walaupun puting bunda belum dapat mengeluarkan ASI, tapi setidaknya bayi telah mengenali puting bundanya.Bunda yang mengalami persalinan secara normal langsung dapat memberikan ASI ataupun keesokan harinya berbeda dengan para bunda yang menjalini operasi Caesar yang harus sabar menunggu 2-3 hari untuk dapat memberikan ASI kepada bayi bunda karena faktor sakit yang masih dirasaka para bunda pasca operasi. Tapi, jangan khawatir bunda, itu hal yang lumrah terjadi.
Saya menjalani persalinan operasi Caesar, sempat merasa sedih dan khawatir karena tidak adanya ASI yang mengalir dari puting saya,tapi saya tetap mengenali anak saya dengan puting susu saya.

Alhamdulillah saat ini ASI saya banyak dan mencukupi buat bayi saya walaupun saya bekerja.

Ada beberapa mitos mengenai ASI yang sering dipertanyakan kebenarannya, berikut mitos seputar ASI : 

Asi belum cukup keluar saat 3 hari petama pasca melahirkan 

Ini tidak benar,karena begitu selesai proses persalinan baik itu normal maupun secara operasi Caesar ASI dapat langsung keluar. Hanya saja volume dari ASI belum terlalu banyak karena belum ada ransangan dari hormone oksitosin dari bayi yang membuka lubang lubang tempat keluarnya ASI. Maka dari itu usahakan agar bayi bunda mendapatkan ASI pertama berupa kolostrum yang sangat baik untuk daya tahan ( imunitas ) alami bayi. Kolostrum itu sendiri merupakan cairan pra-susu yang dalam 0-48 jam pertama setelah melahirkan (pasca-persalinan). Kolostrum mensuplai berbagai faktor kekebalan (faktor imun) dan faktor pertumbuhan pendukung kehidupan dengan kombinasi zat gizi (nutrien) yang sempurna untuk menjamin kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan kesehatan bagi bayi yang baru lahir.

Puting sakit saat menyusui 

Ini hanya mitos. Hari-hari pertama bunda meyusui akan ada rasa sedikit tidak nyaman pada puting,walaupun ini hal yang lumrah terjadi pada bunda baru tapi kondisi ini seharusnya hanya berlangsung selama beberapa hari saja, dan bukan menjadi sangat parah sehingga bunda memiliki trauma tersendiri saat menyusui. Rasa sakit yang dirasakan pada puting ketika bunda sedang menyusui menandakan bahwa bayi belum sempurna mengisapnya. Sakit atau lecet pada puting yang berlangsung selama lebih dari 3-4 hari ini bukan lagi hal yang normal terjadi dan harus dicari tahu penyebabnya . Mengistirahatkan puting bunda dalam beberapa hari dalam proses menyusui bayi bukanlah solusi yang baik untuk mengurangi rasa sakit pada puting bunda. Teruslah menyusui bayi bunda walau agak sedikit sakit pada puting,karena hal tersebut dapat mengajarkan bayi dalam mengisap ASI secara baik sehingga lambat laun rasa sakit pada puting bunda perlahan akan menghilang.

Bersihkan puting sebelum menyusui 

Ini hanyalah mitos, Pemberian susu formula kepada bayi memang harus sangat memperhatikan faktor-faktor kebersihan dengan mencuci botol dot dengan sabun khusus, karena susu formula merupakan tempat yang baik untuk berkembang biak-nya bakteri dan juga rentan terhadap kontaminasi. Tetapi tidak untuk bayi yang masih diberikan asupan ASI eksklusif. Membersihkan/mencuci puting malah akan menghilangkan minyak-minyak alami yang melindungi puting dari resiko lecet karena puting kering.

Bila bunda sakit stop memberikan ASI,karena akan tertular. 

Ini hanyalah mitos, justru dengan Menyusui akan membuat bayi lebih kuat terhadap infeksi. Jika bunda mengalami demam (atau batuk, muntah, diare, ruam, dsb), bunda telah menularkan infeksi tersebut ke bayi jauh sebelum bunda tersadar kalau bunda terserang suatu penyakit. Perlindungan terbaik bagi bayi yang mengalami infeksi adalah ASI. Apabila bayi ikut tertular, maka bayi akan lebih cepat pulih bila bayi tetap mendapatkan ASI. Selain itu, mungkin saja bayi lah yang menderita infeksi dan menularkannya kepada bunda tetapi tidak menunjukkan tanda-tanda sakit karena bayi terus mengkonsumsi ASI.

Bunda harus berhenti menyusui jika sedang mengonsumsi obat karena kandungan obat akan sampai ke bayi melalui ASI 

Ini hanyalah mitos. Apabila ibu sedang minum obat, maka ASI akan mengandung sedikit sekali obat-obatan yang sedang diminum ibu tersebut. Walau begitu, apabila Anda cenderung takut untuk minum obat selama menyusui, ada baiknya Anda mencari obat alternatif yang lebih aman.

Busui harus banyak makan agar ASI yang dihasilkan banyak 

Ini hanyalah mitos, karena bunda mampu memproduksi ASI secara cukup, terkecuali buat bunda yang kurang gizi. Bayi akan mendapatkan ASI sesuai dengan kebutuhannya. Terkadang ini menjadi satu kekhawatiran buat bunda jika kurangnya makanan dapat mempengaruhi volume dari ASI. Banyak atau tidaknya makanan yang dimakan oleh bunda sama sekali tidak ada pengaruh terhadap volume ASI yang dihasilkan. Hanya saja terkadang selera makan dari busui memang lebih banyak dari biasanya karena pemberian ASI yang secara continue kepada bayi. Itu yang membuat bunda makan lebih banyak

Busui harus banyak minum agar ASI nya banyak 

Ini hanyalah mitos, bunda seharusnya minum sesuai dengan kebutuhan dan rasa hausnya. Ada beberapa bunda akan haus ketika sedang menyusui, namun ada juga yang tidak. Jangan terpaku pada ketentuan bahwa harus minum sekian gelas air per hari. Tapi, memang dianjurkan setiap orang minum air sehari adalah 8 gelas sehari agar terhindar dari dehidrasi.

Payudara akan mengendur jika menyusui

Ini hanyalah mitos. Hal ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi bunda untuk takut menyusui, takut jika payudara nya akan mengendur sehingga menghilangkan rasa kepercayaan dirinya kepada teman sekitar ataupun pada pasangan. Payudara mengendur itu bukan disebabkan dari bunda menyusui, tetapi dauuri kehamilan bunda. Berat badan bunda saat hamil yang membuat payudara bunda membesar dan pasca melahirkan berat badan bunda akan menyusut dengan sendirinya ditambah lagi dengan kurangnya tidur karena mengurus bayi. Berat bunda yang berubah drastis itulah yang mengakibatkan kendurnya payudara. Bukan karena menyusui.

Inti dari tulisan saya ini adalah apapun mitos yang beredar di sekitar lingkungan para bunda jangan membuat para bunda khawatir akan menyusui. Berikanlah hak bayi bunda untuk mendapatkan ASI Eksklusif selama 6 bulan. Percaya lah semua bunda dapat melakukannya tidak ada yang dapat membatasinya walaupun bunda adalah seorang wanita karir.Berikan yang terbaik untuk bayi bunda.

Leave a reply "Mitos Mengenai Asi"