Tips Mengatasai Rasa Mual pada Masa Kehamilan

No comment 760 views

Setiap wanita yang hamil muda pasti akan mengalami yang namanya “Morning Sickness” itu lumrah terjadi walaupun tidak semua mom merasakan nya. Rasa mual atau mual di pagi hari itu pun ada berbagai macam mom,seperti :

  • perasaan mual yang biasa tetapi tidak sampai mengeluarkan cairan seperti muntah
  • perasaan mual sehingga mengeluarkan cairan yang bukan muntahan tapi hanya saliva atau ludah biasa
  • perasaan mual sampai mengeluarkan cairan kuning dan meninggalkan rasa pahit di lidah
  • atau perasaan mual disepanjang hari,tidak hanya dipagi hari saja, bahkan di malam hari terjadi peningkatan rasa mual sehingga mempengaruhi waktu tidurnya.

Walaupun itu hal yang lumrah dan normal tapi tidak dapat dibiarkan begitu saja karena dapat mempengaruhi janin jika mom sampai stress,tidak nafsu makan ataupun bahkan sampai memacu tingkat emosi mom.
Sebenarnya apa yang mempengaruhi para mom mengalami “morning sickness”

Morning sickness terjadi karena perubahan hormon kehamilan, selama kehamilan produksi hormon estrogen dan progesteron meningkat sehingga mempengaruhi fungsi neuron serta fungsi alat tubuh lainnya yang bisa kapan saja terjadi, dimana saja dan dalam keadaan apapun sehingga untuk mom akan merasa terganggu dengan aktivitas keseharian selama kehamilan di trimester pertama. untuk mom yang mengalami morning sickness dengan keadaan normal dan mampu mengatasinya dirasa tidak akan membahayakan akan tetapi jika mengalami morning sickness dengan beberapa gejala yang berat mungkin saja penyebabnya tidak saja dipengaruhi oleh hormon kehamilan akan tetapi adanya sindrom hiperemesis gravidarium. Bagi mom gejala morning sickness abnormal biasanya ditandai dengan tidak dapat menerima makanan dan mual ketika mom mengkonsumsi air sehingga lebih mudah dehidrasi ditambah dengan pikiran negatif tentang makanan ( read : trauma ) dan tidak mempunyai rasa keinginan makanan tertentu (ngidam).

Berikut ada beberapa tips yang dapat mom lakukan jika hal itu terjadi pada mom:

1.  Makan dengan porsi kecil.

Ketika mom sedang hamil pada trimester pertama gangguan dari rasa mual akan mempengaruhi pada selera makan  sehingga jika dibiarkan akan mengganggu perkembangan janin, yang harus mom lakukan adalah dengan membuat  jadwal makan. Pada saat kehamilan usahakan makan dengan jumlah yang sedikit tetapi teratur sehingga pencernaan mom dapat menerimanya. Pilih makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk memberikan manfaat lebih selama kandungan apalagi di trimester pertama untuk memperkuat janin mom.

2.  Hindari langsung beraktifitas saat bangun pagi

Ketika mom bangun pagi jangan langsung beranjak dari tempat tidur ada baiknya mom beberapa menit untuk duduk dan bangun secara perlahan. Beberapa wanita yang sedang hamil mengatasi rasa mual dengan menyediakan beberapa biskuit sebelum beranjak di tempat tidurnya untuk mengurangi rasa mual yang berlebih di pagi hari. Sehingga hal yang terbaik untuk mom yang tidak terbiasa dengan makanan langsung setelah bangun pagi adalah memberikan jeda istirahat terlebih dahulu.

3.  Menghindari makanan pedas dan berlemak

Meskipun dirasa sudah membaik ketika siang hari bukan berarti mom dapat memakan apa saja makanan tanpa terkontrol disiang hari, mengingat selama masa kehamilan sangat diperlukan pemilihan makanan yang justru akan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Makanan pedas dan berlemak selain menggangu pencernaan juga akan menggangu mom karena memicu rasa mual. Perbanyak minum air putih sehingga mom terhindar dari dehidrasi pada saat kehamilan.

4.  Sediakan makanan yang bisa mengurangi rasa mual

Wanita yang mengalami rasa mual bisa mencoba permen asam yang meningkatkan air liur. teh peppermint,air jahe juga bisa menjadi ramuan yang dapat meringankan mual dan menenangkan perut.

Leave a reply "Tips Mengatasai Rasa Mual pada Masa Kehamilan"