Terapkan Pola Hidup Sehat untuk Cegah Kolesterol Jahat

Sekarang ini banyak orang yang semakin gemar mengonsumsi makanan instan dan junk food. Restoran produk junk food pun akan lebih mudah Anda temukan. Ditambah lagi, bagi Anda yang pekerja kantoran dan tak sempat memasak menjatuhkan pilihannya pada makanan cepat saji, mie, bubur atau nasi instan dikarenakan waktu memasak yang tidak begitu lama dan rasanya pun sanggat lezat. Hingga, Anda tidak akan sadar dengan seringnye mengosumsi kedua jenis makanan tersebut akan meningkatkan kadar kolesterol jahat yang tentunya berbahaya untuk kesehatan Anda.

Pola Hidup Sehat

Tentunya Anda tahu, bahwa kadar kolesterol yang berlebih menjadi penyebab berbagai penyakit seperti stroke dan jantung. Sebelum bertambah parah, sebaiknya mulai sekarang perbaiki pola hidup yang tidak baik. Lalu, seperti apa pola hidup sehat yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh? Simak panduaan lengkapnya berikut ini!

  1. Berolahraga

Pola hidup sehat untuk mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh Anda pertama dengan olahraga. Olahraga dan membantu untuk turunkan berat badan Anda agar tidak terkena obesitas. Berolahragalah sekitar 30 menit dalam sehari denngan berjalan-jalan kecil atau jogging di sekitar perumahan, berenang dan melakukan olahraga kegemaran Anda lainnya.

  1. Jauhi makanan berlemak

Jauhilah makanan yang mengadung lemak jenuh, seperti produk susu dan daging merah. Mengapa? Sebagaimana Anda ketahui bahwa lemak adalah salah satu senyawa yang membuat berat badan Anda naik dan kadar kolestrol meningkat. Nah, karena makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang sangat berbahay, jadi segera hidari, ya. Namun, jika Anda ingin sekali mengonsumsinya, pastikan kalori yang didapatkan dari makanan tersebut tidak lebih dari 7 persen. Selain itu, hindari pula panganan seperti  cookies, crackers, dan makanan ringan karena lemak trans yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan kolestrol jahat dan menurunkan kadar kolestrol baik.

Sebaliknya, konsumsilah makanan yang mengandung Omega 3 guna menaikkan kadar kolestrol baik, mengurangi lemak trigliserida, dan mengurangi tekanan darah. Kandungan ini dapat Anda temukan dalam makanan seperti ikan salmon, hering, makerel, kenari, dan almond. Jadi, sebelum mengonsumsi makanan pastikan dulu kandungannya, ya.

  1. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan

Anda tidak gemar mengonsumsi sayuran dan buah-buahan? Sayang sekali, padahal kedua bahan pangan yang satu ini mengandung serat yang rendah kolestrol sehingga tidak berbahaya terhadap kesehatan tubuh, lho. Tak hanya itu, dengan rajin mengonsumsnya akan menjadikan jantung Anda lebih lebih sehat. Mengonsumsi bauh dan sayur menjadi salah satu pola hidup sehat untuk mengontrol kadar kolesterol jahat dalan tubuh Anda karena keduanya mampu mempertahankan kadar kolesterol dan berat badan ideal Anda. Jadi, mulai sekarang ganti camilan tidak sehat Anda dengan buah-buahan atau sayur, ya.

  1. Berhenti merokok

Semua orang tentunya tahu bahaya rokok bagi kesehatan tubuh. Salah satu, bahaya dari kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolestrol baik dalam tubuh Anda. Orang yang merokok dan memiliki kolestrol tinggi akan lebih berbahaya untuk terkena serangan jantung. Karenanya, kurangilah kebiasaan ini sebelum terlambat. Sebab, 20 menit saja Anda tidak merokok, tekanan darah dan risiko Anda terkena penyakit jantung akan langsung menurun.

  1. Hitunglah kadar kolestrol

Hitunglah selalu kolestrol yang masuk ke dalam tubuh Anda setiap harinya. Lho, memang kenapa? Sebab dengan begitu, Anda akan lebih berhati-hati dalam mengonsumsi berbagai jenis makanan. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengatur frekuensi Anda berolahraga dengan mengetahui kadar kolesterol tersebut.

  1. Mengonsumsi alkohol/wine sewajarnya

Anda gemar meminum wine atau minuman beralkohol lainnya? Sebaiknya, mulai sekarang batasilah kebiasaan tersebut. Sebab, jika tidak diikuti oleh aktivitas fisik dan makanan sehat, kebiasaan ini akan meningkatkan kadar kolesterol Anda hingga kelewat batas.

Jadi, mulai sekarang terapkan pola hidup sehat di atas untuk mencegah kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dan tambah informasi seputar tips hidup sehat dengan sering membeca beragam artikel kesehatan. Selamat mencoba!

Leave a reply "Terapkan Pola Hidup Sehat untuk Cegah Kolesterol Jahat"