Mengenal Ciri-ciri Cacingan Pada Anak

No comment 193 views
Cacingan Pada Anak

 

Ciri-ciri cacingan pada anak anak umumnya tidak dapat terdeteksi dengan begitu saja. Bahkan anak yang sejatinya terlihat sehat, bisa saja mengalami cacingan. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi pertumbuhannya, mengingat cacing-cacing yang ada di dalam tubuh si anak dapat saja merampok sari-sari makanan atau vitamin dan mineral, sehingga menyebabkan si anak kekurangan gizi.

Lalu apa saja sebenarnya yang menjadi ciri cacing pada anak-anak? Hal ini tentu harus menjadi perhatian orang tua, sebab jika cacingan tidak cepat diatasi maka anak kekurangan gizi, kekurangan zat besi, menurunnya berat badan hingga berbagai masalah kesehatan lainnya. Nah, agar orang tua lebih paham mengenai cacingan, berikut beberapa ciri-ciri cacingan yang biasanya terjadi pada anak-anak.

  1. Sakit Dibagian Perut

Tanda awal seorang anak mengalami cacingan adalah munculnya rasa sakit dibagian perut yang sering kambuh-kambuhan. Namun rasa sakitnya tidak terlalu, sehingga tidak menimbulkan kecurigaan jika anak tersebut sebenarnya mengalami cacingan

  1. Gatal di Sekitar Anus

Rasa gatal di sekitar anus memang sangat mengganggu sekali. Selain karena bakteri/jamur, rasa gatal ini sering disebabkan oleh cacing kremi. Rasa gatal yang luar biasa ini dikarenakan cacing telah mencapai anus untuk bertelur. Biasanya rasa gatal tersebut paling sering dirasakan pada malam hari dan di awal pagi. Akibatnya anak akan menjadi rewel bahkan mengalami gangguan tidur.

  1. Tidur Tidak Tenang

Rasa sakit perut dan gatal dibagian anus menyebabkan anak menjadi gelisah, sehingga berdampak pada tidurnya yang tidak tenang. Sekilas ini tidak terdeteksi bahwa anak sebenarnya mengalami cacingan, karena tanda-tanda seperti ini termasuk yang biasa terjadi pada usia kanak-kanak.

  1. Sering Meludah

Bagi anak-anak, kebiasan meludah sebaiknya perlu di waspadai. Berdasarkan penelitian dokter, meludah pada anak terutama dengan intensitas sering, menandakan bahwa anak tersebut mengalami cacingan. Cacing akan membuat mulut terasa aneh, sehingga memicu peningkatan air liur dan rasa ingin membuang ludah.

  1. Tinja Berbau Busuk

Meski pada dasarnya tinja memiliki aroma yang tak sedap, namun pada anak yang mengalami cacingan, tinja biasanya akan berbau busuk. Hal ini disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi di dalam perut yang disebabkan oleh cacing.

  1. Badan Kurus

Makanan bergizi dan mengandung vitamin yang baik, yang berasal dari makanan sekecil seharus digunakan oleh tubuhnya untuk menunjang pertumbuhannya menjadi padat dan berisi. Namun, saat cacing sudah menyerang tubuh si kecil, vitamin dan gizi yang dimakannya, akan dicuri oleh cacing. Sehingga anak hanya akan mendapatkan ampas makanan saja, sedangkan nutrisi dan vitamin sudah di serap oleh cacing. Akibatnya, anak akan mengalami penurunan nafsu makan dan jika tidak segera mendapatkan penanganan, akan berdampak pada penurunan berat badan secara perlahan.

Leave a reply "Mengenal Ciri-ciri Cacingan Pada Anak"