5 Tips Belanja Peralatan Rumah Tangga Via Online

No comment 137 views

Jika kamu kebagian tugas menjadi ‘penghuni’ rumah, dalam artian sebagai ibu rumah tangga, maka kamu perlu membaca 5 tips belanja peralatan rumah tangga via online berikut ini. Jika kamu masih belanja peralatan rumah tangga lewat toko fisik, percayalah kamu hanya buang-buang waktu dan biaya saja. Untuk menghemat budget dan biaya, kamu bisa mengalihkan aktivitas shopping ke dunia online. Lewat akses online, kamu bisa menemukan banyak sekali pilihan produk hanya dalam waktu beberapa menit saja. Sayangnya, belanja online ini cukup rentan akan tindakan penipuan. Namun jangan khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa tips berikut ini.

Tips Belanja Peralatan Rumah Tangga Via Online

 

  1. Buat Shopping List

Meskipun aktivitas belanja tidak dilakukan di dunia nyata, namun kamu wajib membuat shopping list.  Dengan adanya shopping list, kamu bisa memangkas waktu online shopping menjadi lebih singkat. Tentukan item rumah tangga apa saja yang kamu butuhkan dan jangan lupa catat dengan detail. Jika perlu, kamu inspeksi seluruh ruangan untuk menemukan item mana saja yang perlu diganti dan mana yang tidak perlu diganti. Jika ada alat yang masih bagus dan berfungsi dengan baik, sebaiknya jangan terlalu bernafsu untuk menggantinya. Buatlah shopping list maka kegiatan belanjamu pasti lebih efisien dan menyenangkan.

  1. Review Produk

Shopping list berguna sebagai panduan untuk langkah selanjutnya yaitu review produk. Misalnya, dalam shopping list kamu memasukan AC dan meja makan, maka kamu mesti mencari beberapa review produk AC dan meja makan di internet. Tak hanya soal kualitasnya, lewat review ini kamu juga bisa menemukan estimasi harga. Jangan lupa masukan estimasi harga ini kedalam shopping list. Ada baiknya kamu mencari review produk yang benar-benar objektif. Hindari review produk yang sifatnya promosional karena pasti kamu tak akan menemukan ulasan yang objektif. Jangan pernah kompromi dengan kualitas, karena produk yang berkualitas pasti tahan lama dan tentunya terlihat lebih trendi.

  1. Belanjalah di Situs yang Terpercaya

Setelah kamu memiliki shopping list, maka kamu ‘pun mesti menemukan situs e-commerce yang paling terpercaya. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, online shopping ini sangat rentan tindakan penipuan, jadi kamu mesti lebih hati-hati saat memilih situs e-commerce.  Alternatif tempat belanja online terbaik tentunya situs-situs e-commerce yang besar yang sudah memiliki nilai trust yang sangat tinggi. Situs-situs e-commerce besar biasanya sudah memiliki track record yang sangat jelas. Namun banyak juga toko online baru yang layak untuk kamu masuki karena memang sangat terpercaya. Namun untuk menghindari penipuan, sebaiknya hindari situs e-commerce yang tidak jelas asal-usulnya.

  1. Manfaatkan Promo

Keuntungan belanja online lainnya yaitu kamu bisa menemukan promo dengan sangat mudah. Mayoritas marketplace di internet pasti menawarkan promo bagi para konsumennya. Salah satu marketplace yang paling sering menawarkan promo yaitu Bukalapak. Banyak sekali promo yang diberikan Bukalapak setiap harinya seperti cashback, gratis ongkos kirim, diskon, voucher, hadiah langsung, dan lainnya. Jika kamu punya budget yang tidak terlalu banyak, sebaiknya manfaatkan promo Bukalapak ini. Bukalapak menyediakan fitur promo bernama ‘promo hari ini’, jadi kamu harus lebih update mengecek situs Bukalapak setiap harinya. Sebagai smart shopper, maka jangan pernah mengabaikan promo Bukalapak 2017 ini.

  1. Garansi

Agar lebih nyaman, sebaiknya kamu membeli peralatan tumah tangga di situs yang menawarkan garansi. Bukan apa-apa, karena jika barang yang kamu terima ternyata rusak atau berbeda dengan spesifikasi yang kamu pesan, maka kamu bisa menggunakan garansi ini untuk pengembalian barang dan dana. Belanja online memang sangat berisiko terjadinya pengembalian barang karena memang barang dikirim dari jarak jauh. Alhasil, barang bisa saja mengalami benturan saat di perjalanan. Tak hanya itu, garansi ini juga berlaku untuk kerusakan barang dalam jangka waktu tertentu.

Bagi kamu ibu rumah tangga yang peduli dengan kondisi rumah, sebaiknya pahami dan aplikasikan beberapa tips diatas ya. Online shopping ini sebenarnya bisa sangat menyenangkan dan sangat aman, jika kamu tahu cara belanja online yang benar. Oke semoga bermanfaat ya.

Leave a reply "5 Tips Belanja Peralatan Rumah Tangga Via Online"