Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Bibir Pecah Pecah

Bibir Pecah Pecah

 

Hampir setiap orang beresiko mengalami masalah bibir pecah pecah. Baik pria ataupun wanita, masalah ini umum terjadi karena berbagai sebab. Terlebih bila Anda memiliki tipe kulit kering, bibir dapat lebih mudah pecah-pecah karena kulit bibir yang kering dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Pada beberapa kasus, bibir yang pecah pecah juga bisa terjadi akibat infeksi cheilitis. Biasanya cheilitis ditandai dengan bibir yang pecah-pecah pada bagian sudut bibir, atau tampak seperti luka.

Alasan lain mengapa bibir bisa pecah pecah adalah karena pada dasarnya kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti layaknya kulit wajah. Sehingga bibir lebih mudah kering dan menjadi pecah-pecah. Maka dari itu, sangat disarankan bagi Anda yang tidak ingin kulit bibirnya mengalami pecah pecah untuk menggunakan pelembab khusus bibir. Tujuan adalah agar kelembapan bibir tetap terjaga, sehingga kulit bibir tidak mengalami masalah tersebut.

Berikut beberapa sebab lainnya yang dapat menyebabkan bibir menjadi pecah pecah:

  1. Dehidrasi

Tak hanya dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh, kekurangan cairan (Dehidrasi) juga dapat berdampak negatif pada kulit. Air sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur berbagai hal. Apabila kekurangan cairan, tubuh akan mengalami berbagai masalah termasuk, kulit bibir yang menjadi kering. Bila hal itu berlangsung secara terus-menurus, dapat menyebabkan kulit bibir menjadi pecah-pecah. Maka dari itu, minum air sebanyak 8-12 gelas setiap hari, dapat membantu menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

  1. Menggigit Bibir

Bagi Anda yang terbiasa menggigiti kulit bibir Anda, baik sengaja ataupun tidak. Hal ini tentunya dapat berbaha bagi kecantikan kulit bibir Anda. Kegiatan ini dapat mengiritasi bagian kulit bibir, dan membuat lapisan kulit menjadi koyak (retak). Bahkan dalam jangka waktu yang lama, bisa membuat bibir Anda berdarah dan menimbulkan masalah yang lebih serius.

  1. Menjilat Bibir

Kebanyakan orang pernah melakukan hal ini, ini merupakan cara yang praktis untuk menjaga bibir agar terlihat lembab. Eits.. tapi tunggu dulu, ternyata menjilat bibir bukanlah suatu hal yang boleh dilakukan. Kebiasaan ini justru dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya masalah bibir pecah. Air liur mengandung enzim metobolisme yang dapat membantu mencerna makanan, bukan sebagai pelembab kulit. Air liur lebih cepat menguap saat bersinggungan dengan udara luar, dan menimbulkan bekas (kerak). Sehingga lama-kelamaan kulit bibir akan terkelupas atau menjadi pecah pecah.

  1. Makanan Pedas dan Asin

Siapa yang tidak sudah dengan makanan pedas, hampir semua orang pasti sangat menyukai masakan dengan rasa yang pedas. Namun ternyata kebiasaan makan makanan pedas, juga tidak baik untuk kulit bibir. Rasa pedas dapat menimbulkan resiko kulit teriritasi, sehingga dalam jangka waktu tertentu dapat menimbulkan masalah bibir pecah. Begitu pula halnya dengan asin (garam). Untuk itu perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air, sehingga kulit bibir Anda tetap terjaga kesehatannya.

  1. author

    lia djabir1 month ago

    aku banget nih yang sering bibirnya pecah-pecah karena kurang minum dan suka makan yg asin n pedes

    Reply
  2. author

    Liswanti3 weeks ago

    Banyak makan pedas bisa bikin bibir pecah pecah ya. Siip catet

    Reply

Leave a reply "Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Bibir Pecah Pecah"