Jangan Panik! Begini Cara Merawat Bayi Baru Lahir

No comment 21 views
Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Seorang Ibu pemula atau yang baru melahirkan bayi pertama, biasanya akan mengalami sindrom Baby Blues. Ini merupakan salah satu sindrom kekhawatiran seorang Ibu yang masih terbilang wajar, mengingat itu merupakan saat pertamanya seorang Ibu (new mom) dalam merawat bayi yang baru lahir. Perasaan khawatir dan panik jika sampai salah cara merawat bayi memang kerap menghantui new mom. Maka tak jarang, penggunaan jasa baby sitter menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi sindrom ini.

Perlu Ibu ketahui, sebenarnya merawat bayi sendiri itu jauh lebih menyenangkan ketimbang menggunakan jasa baby sitter. Meskipun Ibu masih seorang new mom, bukan berarti Ibu tidak bisa belajar bagaimana cara merawat bayi yang benar. Yang perlu dipahami adalah, bayi yang baru lahir biasanya hanya akan melakukan 3 hal, yakni makan, tidur, dan buang air. Jadi tidak sulit untuk merawatnya, selama Ibu mengetahui cara benarnya.

Nah, untuk membantu Ibu. Berikut beberapa tips yang bisa Ibu coba untuk merawat bayi yang baru lahir.

  1. Makan/Minum

Makan dan minum bayi yang baru lahir pastinya melalui proses menyusui (ASI). Rentang pemberian ASI adalah setiap 1 jam sekali, dengan durasi 10-15 menit tergantung keinginan si bayi. Rentang iniĀ  akan berubah sesuai dengan umur si bayi. Jadi setelah melewati usia 6 bulan, rentang waktu pemberian ASI bisa menjadi lebih lama (2-3 jam) sekali.

Hal yang perlu dilakukan sebelum pemberian ASI, pastikan kondisi payudara sudah dalam keadaan bersih. Selanjutkan lakukan pemijatan secara pada sekitar area payudara agar memperlancar keluarnya ASI. Kondisi psikis Ibu juga berpengaruh besar terhadap banyaknya ASI yang dihasilkan. Maka dari itu sebisanya Ibu bersikap tenang, saat menyusui si buah hati.

  1. Tidur

Menidurkan bayi yang baru lahir sebenarnya tidak sulit. Karena pada dasarnya bayi yang baru lahir memang lebih banyak tidurnya. Sesekali ia akan terbangun jika merasa lapar/haus, bahkan jika ia buang air maka ia akan menangis. Untuk penanganannya, jika si kecil buang air, maka segera ganti pakaian dan alas tidurnya. Selanjutnya jika sudah bersih, tinggal susui si kecil dan ia pun akan kembali tidur dengan nyaman.

  1. Pipis dan Pup

Jangan pernah berfikir jika pipis dan pup bayi akan merepotkan Ibu. Karena memang beginilah proses alami yang pasti dari seorang bayi. Jika ia pipis, maka dalam selang waktu berikutnya ia juga akan pup (buang air besar). Ini biasanya akan dilakukannya usai ia menyusu. Bahkan tak jarang juga, pipis dan pup dilakukan saat ia terlelap. Untuk itu Ibu harus sering-sering mengecek bagian tubuh bawah si kecil, untuk memastikan apakah ia pipis dan pup. Jika ya! Segeralah untuk membersihkannya dan mengganti pakaian serta alas tidur si kecil agar ia dapat kembali tidur dengan lelap.

Leave a reply "Jangan Panik! Begini Cara Merawat Bayi Baru Lahir"